Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Laundry Melalui Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PJBL)

Authors

  • Nyoman Aris Suparni SMKN 3 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33531

Keywords:

Project Based Learning (PjBL), Aktivitas, Hasil Belajar

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan aktivitas dan hasil belajar laundry melalui pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) pada siswa kelas XII Perhotelan D SMKN 3 Denpasar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Perhotelan D SMKN 3 Denpasar dengan melibatkan 35 orang siswa , terdiri dari siswa laki-laki sebanyak 20 orang dan siswa perempuan sebanyak 15 orang. Prosedur penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan 3 siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian adalah data aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) pada siswa kelas XII Perhotelan D SMKN 3 Denpasar. Data aktivitas dan hasil belajar siswa dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran laundry melalui pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) terjadi peningkatan secara signifikan pada siklus1, siklus 2 dan siklus 3. Untuk aktivitas siswa pada siklus 1 menunjukkan bawa siswa ada pada kategori cukup aktif. Pada siklus 2 menunjukkan kategori aktif dan siklus 3 menunjukan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa pada pelajaran laundry melalui pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) pada siklus 1 menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa sebesar 42,85%, daya serap 73,86% . Pada siklus 2 menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa sebesar 71,43%, daya serap 79,29% dan pada siklus 3 menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa sebesar 100%, daya serap 89,14%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran laundry.

References

Andita Putri Surya. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas 3 SDN Sidorejo Lor 01 Salatiga.Jurnal Pesona Dasar, Vol. 6. (1)41-54

Arum Ema Juwanti Dkk. 2020. Project-Based Learning (Pjbl) Untuk Pai Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmin, Vol 3, No 2

Azizah, F. R., Sujadi, I., & Chrisnawati, H. E. (2018). Penerapan Problem Based Learning Pada Materi Luas Permukaan Serta Volume Prisma dan Limas Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono. II (4), 298–306.

Darsana, I. G. B., Wiarta, I. W., & Putra, M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. 3(3), 200–207.

Edi Cahyadi,2019.Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Melalui Model Project Based learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Volume 2,(1)205-218

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451

Fahrurrozi, & Zoatul Wardi. (2020). Kepercayaan Diri dan Komunikasi Matematis Melalui Project- SSN: 2614-6754 (print) ISSN: 2614-3097(online) Halaman 1526-1539 Volume 4 Nomor 2 Tahun 2020

Fajrina, R. N. A. A., Handayanto, S. K., & Hidayat, A. (2018). Peran Model Project Based Learning dalam Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas XI IPA melalui Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 291–295.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. 7(1), 40–47.

Fathurrohman.2016. Model-Model Pembelajaran Inovatif.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media

Ferdi Efrimal, dkk . 2017. Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kecermatan Dan Kreasi Seni Rupa (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Seluma). DIADIK : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), wasidirma@unib.ac.id

Furi, L.M.I., Handayani, S., Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu.Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 35 Nomor 1

Hardini, A. T. A., & Akmal, A. (2017). Penerapan Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(1), 233-245.

Gallant Karunia Assidik. 2018. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Surakarta

Jurnal Transformatika, Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran. Vol 2, No 2.

Hafitriani Rahayu, Joko Purwanto, Daimul Hasanah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan fisika V.4, no 1.

Harli Trisdiono, dkk. 2019. Development of Multidisiplin Integrated Project-Based Learning Model To Improve Critical Thinking and Cooperation Skills. Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Ganesha.Vol. 8 No. 1

Harianja, J. K. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa. 3(2), 201–214.

Ines Dwi Astuti, Toto Toto, Lia Yulisma.2019. Model Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Biologi. Quagga. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan. No.2, Vol11.

Kizkapan, O & Bektas, O. 2017. The Effect of Project Based Learning on Seventh Grade Students Academic Achievement. International Journal of Instruction. 10(1): 37-54. http://doi.org/10.12973/iji.2017. 101

Lani Meita Indah Furi, Sri Handayani, Shinta Maharani. 2018. Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning dan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP). Vol.35 no 1.

Linda Nur Khanifah. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Dan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Tema Cita-Citaku. Jurnal Review Pendidikan Dasar: jurnal kajian pendidikan dan hasil penelitian program studi magister pendidikan dasar pascasarjana universitas negeri surabaya. Vol.5 no 1.

Misla, & Mawardi. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. 4(1), 64–69.

Nugroho, A. tri, Jalmo, T., & Surbakti, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Sains dan Berpikir Kreatif. Journal Bioterdidik, 7(3), 50–58. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nurlaily, V. A., Soegiyanto, H., & Usodo, B. (2019). Elementary School Teacher’s Obstacles in the Implementation of Problem-Based Learning Model in Mathematics Learning. 10(2), 229–238.

Purwoko Haryadi Santoso. 2019. Kerangka Pembelajaran Ngss Dalam Model Project Based Learning Vol 5, No 2. doi: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v5i2

Permata, M. D., Koto, I., & Sakti, I. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Minat Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.30-39.

Richard Adony Natty, Firosalia Kristin, Indri Anugraheni.2019. Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Of Elementary Education.Vol 3, No 4

Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Biology Science & Education, 32-33.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41-54.

Wati, L. F. (2018). Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Potensi Lokal pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (SMA/SMK di Malang). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um022v3i12018p039.

Yunus Abidin.2018. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung. PT.Refika Aditama

Downloads

Published

2021-04-05

How to Cite

Suparni, N. A. (2021). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Laundry Melalui Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PJBL). Journal of Education Action Research, 5(2), 294–300. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33531

Issue

Section

Artikel