Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39475Keywords:
Numbered Heads Together, Prestasi BelajarAbstract
Rendahnya prestasi belajar siswa disebabkan oleh proses pembelajaran yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Analisis data yang diperoleh menggunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I ,dan data siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai 47,5 dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 27%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat KKM mata pelajaran Matematika di sekolah ini adalah 67. Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 67,8 dan persentase ketuntasan belajar baru mencapai 59%. Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 72,2 dan persentase ketuntasan belajar sudah 86%. Data pada siklus II ini sudah sesuai dengan harapan sebagai akibat diterapkannya model pembelajaran yang bersifat konstruktivis. Jadi, model pembelajaran Numbered Heads Together (NTH) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).
References
Andesta, D. (2021). Analisis Kebutuhan Anak Usia Sekolah Dasar dan Implikasinya dalam Penyelenggaraan Pendidikan. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 82–97. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2269.
Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116.
Anjarsari, A. D. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Jenjang SD, SMP, dan SMA Di Kabupaten Sidoarjo. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 1(2), 91. https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p91-104.
Arjuniwati. (2019). Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Peluang Mata Pelajaran Matematika Kelas XII. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i1.197.
Astuti, W. (2019). Pengaruh Model Numbered Heads Together (NHT) terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 605–610. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.45.
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education, 1(2), 382–389. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.78.
Diah Purwati, N. L. P., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Numbered Head Together Berbantuan Gambar terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 282. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275.
Hamdu, G. & L. A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).
Handayani, D., & Septhiani, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1352–1358. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.585.
Husain, R., & Kaharu, A. (2021). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85–92. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527.
Iskandar, A. P., & Leonard, L. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.801.
Juliartini, N. M., & Arini, N. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III. Journal of Education Action Research, 1(3), 240. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12688.
Kurnia, V. T., & Damayani, A. T. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together ( NHT ) Berbantu Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192–201. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772.
Laksono, Y. S., Ariyanti, G., & Santoso, F. G. I. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Komik. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 60–64. https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143.
Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331.
Mahfudi, H. N. (2020). Hubungan Peran Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Legokulon 2. Education and Learning of Elementary School, 1(1), 1–9. http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/177.
Maman, M., & Rajab, A. A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model ‘Number Heads Together (NHT)’ in Improving the Students’ Ability in Reading Comprehension. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(2), 174–180. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i2.4536.
Persada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 114–120. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151.
Prayito. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivisme Berbantuan E-Learning Materi Segitiga Kelas VII. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.26877/aks.v2i2/Septembe.37.
Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997.
Rufaidah, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) dengan Media LKPD pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII-B MTs Al-Ma’Arif Bocek Karangploso Tahun Pelajaran 2017/2018. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 95. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2621.
Simanungkalit, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Aktif Kooperatif Melalui Metode Numbered Head Together (NHT) sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA - Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 7(1), 89. https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22635.
Sinaga, Amran Jahot & Harun Sitompul, S. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Locus of Control terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Siswa Kelas XI SMA Swasta St. Thomas 2 Medan. JURNAL TABULARASA PPS UNIMED, 14(2), 119–128. https://doi.org/10.24114/jt.v14i2.9648.
Suarni, D. A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206–214. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997.
Susilo, Y., & Khabibah, S. (2010). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Materi Ajar Perbandingan dan Fungsi Trigonometri pada Siswa Kelas X. MATHEdunesa, 2, 1.
SY, N., Corebima, A., & Susilo, H. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1993—1998-1998. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.7310.
Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872.
Yenni, R. F. (2016). Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 263–267. https://doi.org/10.30870/jppm.v9i2.1006.