Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Ni Luh Widiani

Abstract


Penelitian yang dilakukan di SD Negeri 1 Suwug di kelas V pada semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Matematika menggunakan model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes prestasi belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh menggunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai 47,5 dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 27%. Data ini jauh dibawah harapan mengingat KKM mata pelajaran Matematika di sekolah ini adalah 67.  Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 67,8 dan prosentase ketuntasan belajar baru mencapai 59%. Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 72,2 dan prosentase ketuntasan belajarnya sudah 86%. Data pada siklus II ini sudah sesuai harapan akibat model pembelajaran yang bersifat konstruktivis. Simpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran  Numbered Heads Together (NTH) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

 


Keywords


Numbered Heads Together, Prestasi Belajar

References


Arikunto Suharsimi, 1997, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto Suharsimi, 2008, Dasar-Dasar Evaluasi, Edisi Revisi, Jakarta,: Bumi Aksara

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006, Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika SMP, Jakarta

Dimyati dan Mudjiona, 2002 Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta

Hamalik Omar, 2004, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara

Ibrahim,M. 2000, Pembelajaran Kkooperatif, Surabaya: UNESA Press

Kusumah Wijaya dan Dwitagama Dedi, 2009, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Indek.

Lie, A. 2005, Cooperative Learning, Jakarta: PT Gramedia Widyasarana Indonesia

Muslihuddin, 2008, Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, LPMP Jawa Barat.

Nasution, 2004, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Nunik Avianti Agus,2007,Mudah Belajar Matematika Untuk Kelas IX SMP/MTs, BSE Pusat Perbukuan Depniknas.

Nurhadi, dkk, 2004, Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: UM

Purwanto,N. 2002, Psikologi Pendidikan, Bandung: Trusilo

Sudjana N, 2005, penelitian Hasil Belajar, Transito Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sukadi, 2006, Guru Powerful Guru Masa Depan, Bandung: Penerbit Kolbu

Tim Penyusun Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1995, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua, Jakarta:Balai Pustaka,

Desra Putri Devi, dalam judul PTK “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMAN 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2014 – 2015”

Heriyanti, dengan judul PTK “ Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas V SDN Glagahombo 1, Tempel Sleman Tahun Pelajaran 2014 – 2015”




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i4.39475

Article Metrics

Abstract view : 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.