Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33312Keywords:
Kooperatif Tipe Pair Check, Hasil Belajar.Abstract
Rendahnya minat dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika terlihat jelas dari hasil belajar tes awal yang terlihat bahwa rata-rata hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah menganalasis hasil belajar Matematika siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pemberian tes. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Teknik analisi data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan dengan presentase ketuntasan pada prasiklus sebesar 39%, pada siklus I sebesar 70%, dan pada siklus II sebesar 91%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V sekolah dasar. Implikasi penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dapat melatih kemandirian, kemampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan, meningkatkan rasa sosial siswa, kerja sama dan kemampuan memberi penilaian.
References
Ariestika, I. M., Sedanayasa, G., & Pudjawan, K. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5791
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.707
Elinawati, W., Duda, H. J., & Julung, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (Air) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Sainsmat, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.701
Ermavianti, D., & Sulistyorini, W. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Membangun Keterampilan Bertanya Produktif Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9350
Febriyanti, C., & Seruni, S. (2015). Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 4(3), 245–254. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161
Indriani, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 oleh Guru SD/MI di Desa Klepek Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro Semester Gasal Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal VARIDIKA, 27(1), 43–49. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i1.738
Irawan, E. (2016). Implementasi Penanaman Karakter Melalui Matematika Pada Kurikulum 2013. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.4
Irdianto, W., Poerwanto, E. E., & Ihwanudin, M. (2019). The Improvement Of Basic Measurement Skills Through Pair Check Type Cooperative Learning Models. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(2), 86–89. https://doi.org/10.17977/um048v24i2p86-89
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468
Kurniasari, F. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Penugasan Aktivitas Di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(1), 9–26. https://doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44
Kurniawan, A., Rusdi, M., & Marzal, J. (2018). Pengembangan Modul Pedoman Guru Dalam Mendesain Instrumen Penilaian Matematika Berbasis Pemecahan Masalah Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1558
Ladimiyanto, A. (2014). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Model TAI dan TPS terhadap Hasil Belajar Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 110–125. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9073
Laily, A., Jalal, F., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Awal Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Semat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 396–403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.214
Makaborang, Y. (2019). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 130–145. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p130-145
Mariani, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pembagian Pada Siswa Kelas Ii Sd Muhammadiyah 4 Batu. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 599. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.5306
Oktaviani, T., Dewi, E. R. S., & Kiswoyo. (2019). Penerapan Pembelajaran Aktif Dengan Metode Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mimbar Ilmu, 24(1), 47–52. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17409
Permatasari, B. I. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTsN Se-Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(23), 1–8. https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n1a1
Prakoso, G. A. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Pair Check Dan Numbered-Heads Together (NHT) Ditinjau Dari Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPS Kelas 4 SDN Gugus Mahesa Jenar Ambarawa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 100–119. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p100-119
Raditya, A., & Iskandar, R. S. F. (2020). Analisis Soal PLSV pada Buku Ajar Matematika dari Kurikulum 1994 hingga Kurikulum 2013. Phenomenon: Jurnal Pendidikan Mipa, 9(2), 232–145. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.4066
Retnowati, E., & Aqiila, A. (2017). Efektivitas Strategi Pengelompokan Berpasangan Dalam Pembelajaran Matematika Model Core. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 13–23. https://doi.org/10.21831/cp.v35i1.12628
Rustinah. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Team Game Turnament Pada Siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2012/2013. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 5(1), 40–51. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4671
Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p87-92
Triwulandari, D., Wati, M., & Miriam, S. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Tipe Pair Checks. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 99–108. https://doi.org/10.20527/bipf.v5i1.2816
Wahyuningsih, T., Rezeki, S., & Zetriuslita. (2013). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Matematika, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.24843/JMAT.2013.v03.i02.p35
Wicaksana, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbantuan Media Audio Visual Dan Motivasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11074
Winursiti, N. M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Reinforcement Simbolik untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 di SD LAB Undiksha. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 270–275. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120