Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn

Ni Made Sunilawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI Semester II di SD No. 4 Sibangkaja Tahun Pelajaran 2018/2019. Data hasil belajar PKn dikumpulkan melalui tes dan di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Setelah melakukan analisis diperoleh hasil belajar siswa yaitu dari rerata skor prasiklus sebesar 70,75 ke siklus I sebesar 75,00, terjadi peningkatan rerata sebesar 4,25, rerata skor hasil belajar PKn siswa dari siklus I sebesar 75,00 ke siklus II sebesar 81,75, terjadi peningkatan rerata sebesar 6,75 poin. Dari prasiklus ke siklus II meningkat sebesar 11,00 poin. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI Semester II di SD No. 4 Sibangkaja Tahun Pelajaran 2018/2019.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Hasil Belajar Pkn

References


Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi penelitian pendidikan. Singaraja: Undiksha Singaraja.

Arnyana, Ida Bagus Putu. 2009. Konsep Dasar dan Kerangka Operasional Penyusunan Usulan dan Laporan penelitian. Makalah (disajikan dalam Kegiatan pelatihan PTK Tingkat Provinsi Bali). Undikhsa

Desvita,Evanis. 2012. “Pembelajaran Kooperatif|Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw| Kelebihan dan Kelemahan Tipe Jigsaw|”. Tersedia pada http://evanis-irva.blogspot.com/2012/06/pembelajaran-kooperatifmodel.html (diakses tanggal 20 Januari 2015)

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.

Hamzah. 2010. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta :Bumi Aksara.

Ibrahim, M. dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif –Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta didik. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Kemmis, S. and R. McTaggart. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Mastra, I Wayan. 2014. “Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas IX-A di SMPN 3 Tembuku Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015”. Hasil Penelitian. Tembuku.

Rosdakarya. FX Sudarsono. 1988. Beberapa Prinsip dalam Penelitian. Yogyakarta: Bimbingan Penelitian Karya Ilmiah SEMA FIP IKIP Yogyakarta

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA

Samiasih, Ni Made. 2014. “Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Agama Hindu Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Yehembang Kauh Tahun Pelajaran 2014/2015”. Hasil Penelitian. Negara.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning (cara efektif dan menyenangkan pacu prestasi seluruh peserta didik). Bandung: Nusa Media.

Sudjana. 2005. Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Sinar Baru.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Cooperative Learning-teknik Jigsaw. http://akhmadsudrajat.wordpress.com.

Sugianto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Suryabrata, Sumadi. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wiraatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i4.40575

Article Metrics

Abstract view : 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.