Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.40575Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Hasil Belajar PknAbstract
Siswa mengalami kesulitan memahami konsep akademik yang mereka biasa pelajari, yaitu menggunakan sesuatu yang abstrak. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang, terdiri dari 20 orang perempuan dan 20 orang laki-laki. Data hasil belajar PKn dikumpulkan melalui tes dan di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Setelah melakukan analisis diperoleh hasil belajar siswa yaitu dari rerata skor prasiklus sebesar 70,75, rerata skor pada siklus I sebesar 75,00, dan terjadi peningkatan rerata sebesar 4,25, rerata skor hasil belajar PKn siswa dari siklus I sebesar 75,00 dan pada siklus II sebesar 81,7. Rerata skor hasil belajar dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 6,75 poin sedangakan dari prasiklus ke siklus II meningkat sebesar 11,00 poin. Ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VI. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu referensi bagi guru maupun peneliti lainnya agar menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada pembelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh guru.
References
Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.30659/pendas.1.1.1-19
Andini, S. R., Putr, V. M., Devi, M. Y., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran PKn dan IPS yang Inovatif dan Kreatif dengan Menggunakan Model Pembelajaran pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5671–5681. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1760.
Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 8–12. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311 .
Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 169–177. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802.
BA, J. A., & MD, M. M. (2020). Jigsaw Group-Based Learning in Difficult Airway Management: An Alternative Way to Teach Surgical Didactics. Journal of Surgical Education, 77(4), 723–725. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2020.02.003.
Diana Sari, N. L. S., Sudana, D. N., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh VCT Berbantuan Media Sederhana terhadap Hasil Belajar PKN. Journal of Education Technology, 3(2), 49. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21701.
Febiyanti, D., Wibawa, I. M. C., & Arini, N. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara. Mimbar Ilmu, 25(2), 282–294. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26620.
Febriyanti, N. P. D., & Jayanta, I. N. L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Penilaian Portofolio terhadap Hasil Belajar PKn. Mimbar PGSD Undiksha, 6(2), 137–144. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19468.
Galuh, A. D., Maharani, D., Meynawati, L., Anggraeni, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi Nilai dan Moral dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5169–5178. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1598.
Gusnawan, I. M. V., & Renda, N. T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Berbantuan Media Video Clip terhadap Hasil Belajar PKn. MIMBAR PGSD, 5(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12433.
Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254.
I Ketut Nirta. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 14 Cakranegara melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Paedagogy, 6(1), 8–13. https://doi.org/10.33394/jp.v6i1.2524.
Ikhwati, H., Sudarmin, S., & Parmin, P. (2014). Pengembangan Media Flashcard IPA Terpadu dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) Tema Polusi Udara. Unnes Science Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/USEJ.V3I2.3344.
Imamah, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1). https://doi.org/https://doi.org.10.15294/jpii.v1i1.2010.
Kurniawati, K. R. A., Budiyono, & Saputro, D. R. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Numbered Heads Together Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 15–28. https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3948.15-28.
Leniati, B., & Indarini, E. (2021a). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan TSTS ( Two Stay Two Stray ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359.
Leniati, B., & Indarini, E. (2021b). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tsts (Two Stay Two Stray) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359.
Mufaziah, E., & Fauziah, P. (2020). Kendala Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1045–1051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.746.
Pantiwati, Y. (2016). Hakikat Asesmen Autentik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 18. https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4328–4333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1565.
Poerwati, C. E., Suryaningsih, N. M. A., & Cahaya, I. M. E. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dalam Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 281–292. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.496.
Rahayu, N., W., B., Suma, K., & Arnyana, I., B., P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Kooperatif JIGSAW Berbantuan Mind Map terhadap Hasil Belajar IPA dan Self Efficacy Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 8(1), 36–45. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15607.
Rosiyanah, R., Yufiarti, Y., & Meilani, S. M. (2020). Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indera. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 941–956. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.758.
Sari, M. K. (2014). Pengaruh Metode Kooperatif Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(2), 113–144. https://doi.org/10.25273/pe.v4i02.313.
Sulastri, Y., & Rochintaniawati, D. (2009). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Biologi di SMPN 2 Cimalaka. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 13(1), 15. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v13i1.302.
T.Buhr, G., T.Heflin, M., K.White, H., & O.Pinheiro, S. (2014). Using the Jigsaw Cooperative Learning Method to Teach Medical Students about Long-Term and Postacute Care. Journal of the American Medical Directors Association, 15(6), 429–434. https://doi.org/10.1016/j.jamda.2014.01.015.
Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make aMatch terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurna Basicedu, 5(6), 5542–5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363.
Ulwiyah, N., & Mumayizah, N. (2020). Implementasi Metode Jigsaw dan Media Diorama Kelapa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI pada Mata Pelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 63–78. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpdi/article/view/2112.
Wibawa, I. M. A. J., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 115–124. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17665.
Wilson, J. A., Pegram, A. H., Battise, D. M., & Robinson, A. M. (2017). Traditional Lecture Versus Jigsaw Learning Method for Teaching Medication Therapy Management (MTM) Core Elements. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 9(6), 1151–1159. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2017.07.028.
Wulandari, A. D., Suargana, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Upaya Guru untuk Mengembangkan Kecerdasan Moral pada Anak Sekolah Dasar melalui Pembelajaran PKn. Jurnal Basicedu, 5(6), 5462–5471. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1638.