Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Siswa Kelas III SD

Authors

  • Ni Made Sutini SD Negeri 1 Temukus, Banjar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45816

Keywords:

Model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), Hasil Belajar

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran yang menyajikan mata pelajaran secara terpisah akan menyebabkan kurang berkembangnya kemampuan anak untuk berpikir holistik dan membuat kesulitan bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar tematik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada siswa kelas III SD. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas III yang berjumlah 29 orang siswa. Pengumpulan data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Problem based instruction (PBI) pada siswa kelas III semester II tahun pelajaran 2018/2019 dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1875, rata-rata 65, daya serap 65%, ketuntasan belajar 62%) dan siklus II (jumlah 2195, rata-rata 76, daya serap 76%, ketuntasan belajar 93%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 11% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 31%. Maka, penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada siswa kelas III SD dapat meningkatkan hasil belajar tematik.

References

Adawiyah, R., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet. Jurnal Basicedu, 5(5), 3393–3398. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339

Amin, D. I., Sutrisno, & Sigit, D. (2018). Instrumen Asesmen Pemahaman Konseptual Berorientasi Higher Order Thinking Skills Keterampilan Proses dan Sikap terhadap Sains pada Bahan Kajian Hidrokarbon dan Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 3(9), 1142—1146. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.13342.

Amris, F. K., & Desyandri. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170

Ariswati, N. P. E. A., Murda, I. N., & Arini, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Question Card terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 6(1), 31–41. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.13105.

Astika, I., Suma, M., & Suastra, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Sikap Ilmiah dan Ketrampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/851.

Avianty, D., & Cipta, D. A. S. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Masalah untuk Mendayagunakan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Siswa Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 237. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1503. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1503

Balan, L., Yuen, T., & Mehrtash, M. (2019). Problem-Based Learning Strategy for CAD Software Using Free-Choice and Open-Ended Group Projects. Procedia Manufacturing, 32(339–347.), 339–347. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.02.223. DOI: https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.02.223

Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.914. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.914

Fadli, A., & Irwanto. (2020). The Effect of Local Wisdom-Based ELSII Learning Model on the Problem Solving and Communication Skills of Pre-Service Islamic Teachers. International Journal of Instruction, 13(1), 731–746. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13147a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13147a

Febriani, D., & Suryanti. (2018). Pengaruh Penggunaan Model PBI (Problem Based Instruction) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN WAGE II Taman SIDOARJO. JPGSD, 6(11), 1990–1999. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11672. DOI: https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11672

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919

Handayani, S. L., Budiarti, I. G., Kusmajid, K., & Khairil, K. (2021). Problem Based Instruction Berbantuan E-Learning: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 697–705. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.795. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.795

Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2019). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD Di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430–2439. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1243. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1243

Hubing, NancyPhilpot, T. A., Oglesby, D. B., Flori, R. E., Yellamraju, V., & Hall, R. H. (2002). Interactive Learning Tools: Animating Statics. American Society for Engineering Education Annual Conference & Exposition. https://doi.org/10.18260/1-2--10367. DOI: https://doi.org/10.18260/1-2--10367

Islamiati, N., Rahmawati, R., & Haris, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X MS SMAN 1 Kediri pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi. Chemistry Education Practice, 3(2), 112. https://doi.org/10.29303/cep.v3i2.2044. DOI: https://doi.org/10.29303/cep.v3i2.2044

Khotimah, K., & Yuliastuti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tuntas dengan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 77. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.301. DOI: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.301

Lidyawati, Gani, A., & Khaldun, I. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 140–146. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i1.16552.

Lisbiyaningrum, I., & Wulandari, W. (2019). Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Integratif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 6(2), 161–168. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v6i2.276. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1835

Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an E-Learning Module to Facilitate Student Learning and Outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007. DOI: https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24. DOI: https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24

Mulyani, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid 19. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.489. DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.489

Nafi, I., Muakibatul, H., & Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(5), 901–904. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6300.

Novitasari, L., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Sikap Toleransi dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.41-52. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.122

Nugroho, A. S., & Mawardi. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 808–817. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825

Nurlizawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Di SMAN 1 Pasaman. Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 951–952. https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127. DOI: https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127

Pantiwati, Y. (2016). Hakekat Asesmen Autentik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1(1), 18. https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773. DOI: https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773

Perusso, A., & Baaken, T. (2020). Assessing the Authenticity of Cases, Internships and Problem-Based Learning as Managerial Learning Experiences: Concepts, Methods and Lessons for Practice. International Journal of Management Education, 18(3), 100425. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100425. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100425

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.

Prasojo, T. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas X IPA 7 Materi Trigonometri SMA Negeri 1 Kudus. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 7(1), 31–40. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5049. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5049

Pratiwi, S. I., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Website untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 333–340. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.307. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.307

Priyanto, E. (2021). Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Tematik melalui Supervisi Akademik. Elementary School, 8(1). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1077. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1077

Purnaningsih, W., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Tematik melalui Model Problem Based Learning (PBL) Kelas V SD. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 367–375. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.406. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.406

Purwati, M., & Ristiono. (2021). Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 334–339. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34850. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34850

Rahmat, M. R., Arip, A. G., & Nur, S. H. (2020). Implementation of Problem-Based Learning Model Assisted by E-Modules on Students’ Critical Thinking Ability. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 339. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.22410. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.22410

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional untuk Kelas IV Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 11. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332

Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.35

Sipayung, Y. W. S., & Hutahaean, J. H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto (Studi pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Oksidasi). INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 4(2), 94–102. https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i2.5521. DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i2.5521

Sumardi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III A SDN 219 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Tematik, 1, 2. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/68.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413

Watipah, Y. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501. DOI: https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501

Wenger, K. (2014). Problem-Based Learning and Information Literacy: A Natural Partnership. Pennsylvania Libraries: Research & Practice, 2(2), 42 – 154. https://doi.org/10.5195/palrap.2014.61. DOI: https://doi.org/10.5195/palrap.2014.61

Winarsih, S., Sangka, K. B., & Octoria, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Akuntansi Ditinjau dari Motivasi Belajar di SMK. Jurnal Tata Arta, 5(2), 52–62. https://jurnal.uns.ac.id/tata/article/view/39880.

Yazar Soyadı, B. B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71–71. https://doi.org/10.18200/jgedc.2015214253. DOI: https://doi.org/10.18200/JGEDC.2015214253

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Sutini, N. M. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Siswa Kelas III SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 168–174. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45816

Issue

Section

Artikel