Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Siswa Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45816Keywords:
Model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), Hasil BelajarAbstract
Pelaksanaan pembelajaran yang menyajikan mata pelajaran secara terpisah akan menyebabkan kurang berkembangnya kemampuan anak untuk berpikir holistik dan membuat kesulitan bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar tematik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada siswa kelas III SD. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas III yang berjumlah 29 orang siswa. Pengumpulan data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Problem based instruction (PBI) pada siswa kelas III semester II tahun pelajaran 2018/2019 dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1875, rata-rata 65, daya serap 65%, ketuntasan belajar 62%) dan siklus II (jumlah 2195, rata-rata 76, daya serap 76%, ketuntasan belajar 93%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 11% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 31%. Maka, penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada siswa kelas III SD dapat meningkatkan hasil belajar tematik.
References
Adawiyah, R., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet. Jurnal Basicedu, 5(5), 3393–3398. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339
Amin, D. I., Sutrisno, & Sigit, D. (2018). Instrumen Asesmen Pemahaman Konseptual Berorientasi Higher Order Thinking Skills Keterampilan Proses dan Sikap terhadap Sains pada Bahan Kajian Hidrokarbon dan Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 3(9), 1142—1146. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.13342.
Amris, F. K., & Desyandri. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170
Ariswati, N. P. E. A., Murda, I. N., & Arini, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Question Card terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 6(1), 31–41. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.13105.
Astika, I., Suma, M., & Suastra, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Sikap Ilmiah dan Ketrampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/851.
Avianty, D., & Cipta, D. A. S. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Masalah untuk Mendayagunakan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Siswa Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 237. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1503. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1503
Balan, L., Yuen, T., & Mehrtash, M. (2019). Problem-Based Learning Strategy for CAD Software Using Free-Choice and Open-Ended Group Projects. Procedia Manufacturing, 32(339–347.), 339–347. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.02.223. DOI: https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.02.223
Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.914. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.914
Fadli, A., & Irwanto. (2020). The Effect of Local Wisdom-Based ELSII Learning Model on the Problem Solving and Communication Skills of Pre-Service Islamic Teachers. International Journal of Instruction, 13(1), 731–746. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13147a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13147a
Febriani, D., & Suryanti. (2018). Pengaruh Penggunaan Model PBI (Problem Based Instruction) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN WAGE II Taman SIDOARJO. JPGSD, 6(11), 1990–1999. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11672. DOI: https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11672
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919
Handayani, S. L., Budiarti, I. G., Kusmajid, K., & Khairil, K. (2021). Problem Based Instruction Berbantuan E-Learning: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 697–705. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.795. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.795
Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2019). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD Di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430–2439. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1243. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1243
Hubing, NancyPhilpot, T. A., Oglesby, D. B., Flori, R. E., Yellamraju, V., & Hall, R. H. (2002). Interactive Learning Tools: Animating Statics. American Society for Engineering Education Annual Conference & Exposition. https://doi.org/10.18260/1-2--10367. DOI: https://doi.org/10.18260/1-2--10367
Islamiati, N., Rahmawati, R., & Haris, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X MS SMAN 1 Kediri pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi. Chemistry Education Practice, 3(2), 112. https://doi.org/10.29303/cep.v3i2.2044. DOI: https://doi.org/10.29303/cep.v3i2.2044
Khotimah, K., & Yuliastuti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tuntas dengan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 77. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.301. DOI: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.301
Lidyawati, Gani, A., & Khaldun, I. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 140–146. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i1.16552.
Lisbiyaningrum, I., & Wulandari, W. (2019). Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Integratif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 6(2), 161–168. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v6i2.276. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1835
Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an E-Learning Module to Facilitate Student Learning and Outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007. DOI: https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24. DOI: https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24
Mulyani, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid 19. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.489. DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.489
Nafi, I., Muakibatul, H., & Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(5), 901–904. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6300.
Novitasari, L., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Sikap Toleransi dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.41-52. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.122
Nugroho, A. S., & Mawardi. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 808–817. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825
Nurlizawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Di SMAN 1 Pasaman. Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 951–952. https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127. DOI: https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127
Pantiwati, Y. (2016). Hakekat Asesmen Autentik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1(1), 18. https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773. DOI: https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773
Perusso, A., & Baaken, T. (2020). Assessing the Authenticity of Cases, Internships and Problem-Based Learning as Managerial Learning Experiences: Concepts, Methods and Lessons for Practice. International Journal of Management Education, 18(3), 100425. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100425. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100425
Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.
Prasojo, T. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas X IPA 7 Materi Trigonometri SMA Negeri 1 Kudus. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 7(1), 31–40. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5049. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5049
Pratiwi, S. I., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Website untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 333–340. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.307. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.307
Priyanto, E. (2021). Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Tematik melalui Supervisi Akademik. Elementary School, 8(1). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1077. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1077
Purnaningsih, W., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Tematik melalui Model Problem Based Learning (PBL) Kelas V SD. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 367–375. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.406. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.406
Purwati, M., & Ristiono. (2021). Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 334–339. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34850. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34850
Rahmat, M. R., Arip, A. G., & Nur, S. H. (2020). Implementation of Problem-Based Learning Model Assisted by E-Modules on Students’ Critical Thinking Ability. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 339. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.22410. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.22410
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional untuk Kelas IV Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 11. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332
Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.35
Sipayung, Y. W. S., & Hutahaean, J. H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto (Studi pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Oksidasi). INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 4(2), 94–102. https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i2.5521. DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i2.5521
Sumardi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III A SDN 219 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Tematik, 1, 2. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/68.
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Watipah, Y. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501. DOI: https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501
Wenger, K. (2014). Problem-Based Learning and Information Literacy: A Natural Partnership. Pennsylvania Libraries: Research & Practice, 2(2), 42 – 154. https://doi.org/10.5195/palrap.2014.61. DOI: https://doi.org/10.5195/palrap.2014.61
Winarsih, S., Sangka, K. B., & Octoria, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Akuntansi Ditinjau dari Motivasi Belajar di SMK. Jurnal Tata Arta, 5(2), 52–62. https://jurnal.uns.ac.id/tata/article/view/39880.
Yazar Soyadı, B. B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71–71. https://doi.org/10.18200/jgedc.2015214253. DOI: https://doi.org/10.18200/JGEDC.2015214253