Kegiatan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013

Authors

  • I Made Jimat SMP Negeri 3 Busungbiu, Busungbiu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45874

Keywords:

Supervisi akademik, Pembelajaran kurikulum 2013, Kompetensi Guru

Abstract

Hasil supervisi terhadap guru mata pelajaran muatan lokal adalah rata-rata keterampilan melaksanakan proses pembelajaran baru mencapai rata-rata skor 20 dengan kategori kurang terampil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan supervisi akademik dapat meningkatkan keterampilan guru dalam penerapan pembelajaran kurikulum 2013 di SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran muatan lokal yang berjumlah 5 orang guru. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan memberikan kategori. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa supervisi akademik, memacu adanya perkembangan keterampilan guru muatan local dalam menerapkan pembelajaran kurikulum 2013. Hasil yang diperoleh pada awalnya hanya mencapai rata-rata skor 18,00 dengan kategori sangat kurang terampil selanjutnya siklus I meningkat menjadi; 33,33 dengan kategori cukup terampil dan di Siklus II meningkat lagi menjadi; 40,03 dengan kategori terampil dalam menerapkan kurikulum 2013. simpulan kegiatan supervisi akademik dapat meningkatkan keterampilan guru muatan lokal dalam menerapkan pembelajaran kurikulum 2013 pada SMP. Implikasi penelitian ini diharapkan kegiatan supervisi akademik teknik bimbingan berkelanjutan, seorang guru diberikan kesempatan untuk berbuat dalam hal ini menerapkan konsep-konsep pembelajaran kurikulum 2013.  

References

Aeni, N., Sakkir, G., & Nasta, M. (2020). Wondershare filmore in teaching vocabulary for maritime students. Asian EFL Journal, 27(32), 344–358.

Ahmad, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(4), 258–264. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803

Amelia, D. J. (2018). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 di SD Wajak. ELSE (Elementary School Education Journal), 2(2). http://journal.um-surabaya.ac.id/. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1717

Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116. DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16

Arief, M. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus Dan Rpp Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan Di Sd Negeri 0102 Barumun. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.594. DOI: https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.594

Astuti, S. (2017). Supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 49–59. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p49-59. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p49-59

Azhar Juliantri, L., Sumaryanto Florentinus, T., Wibawanto, H., & Artikel, S. (2017). Pengembangan E-Rapor Kurikulum 2013 Berbasis Web di SMK Negeri 1 Slawi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(1), 11–16. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/15571.

Ballu, S. S., Manu, L., & Meha, A. M. (2021). Analisis Peran Supervisi Akademik Kepala Sekolah Kepada Guru IPA DI SMP Negeri 20 Kupang. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 20–26. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.161. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.161

Dahlim. (2021). Upaya Meningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Dan Bimbingan Berkelanjutan. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.277. DOI: https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.277

Dius, E. (2016). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rpp Melalui Supervisi Akademik Pada Sd Binaan Di Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2), 131–139. https://doi.org/10.31932/jpk.v1i2.187.

Diyantari, I. A. K. D., Wiyasa, N., & Manuaba, S. (2020). Model Snowball Throwing Berbantuan Media Pop Up Book Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 9–21. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973

Gokbulut, B. (2020). The Effect of Mentimeter and Kahoot Applications on University Students’ E-learning. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 12(2), 107–116. https://doi.org/10.18844/wjet.v12i2.4814. DOI: https://doi.org/10.18844/wjet.v12i2.4814

Hadi, S. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sdlb Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8(1). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i1.877. DOI: https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i1.877

Harun, C. Z., & Usman, N. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar pada Gugus I UPTD Dewantara Aceh Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(2). DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6337

Hs, S. (2019). Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 230–237. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.21164. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3833

I Ketut Nirta. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 14 Cakranegara Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Paedagogy, 6(1), 8–13. https://doi.org/10.33394/jp.v6i1.2524. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v1i2.181

Isbianti, P., & Andriani, D. E. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 75–85. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.39020. DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.39020

Ismini, K. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan Di SDN 4 Sumberrejo Kab. Malang. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 177 – 194. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940

Krismawati, N. K. A., & Manuaba, I. S. (2022). Kontribusi Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru. Indonesian Journal of Instruction, 3(2), 92–104. https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.44517. DOI: https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.44517

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276. DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276

Leniwati, L., & Arafat, Y. (2017). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 106–114. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1158. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1158

Marhawati, B. (2020). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar: Studi Kualitatif. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 71–76. https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p071. DOI: https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p071

Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564. DOI: https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653

Novianti, H. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan, 9(2), 350–358. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/download/1130/938.

Pahlawanti, W. D., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of School Principal Supervision and School Committee Participation on the Quality of Junior High School Education. International Journals of Sciences and High Technologies, 23(1), 324–333.

Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123 – 142. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/330/230. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330

Raksa, M. (2020). Upaya Peningkatan Komitmen Kerja Guru SD Melalui Implementasi Supervisi Klinis. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 143–149. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24599.

Rosyati, T., Saprudin, S., & Alaydrus, A. S. (2020). Kinerja OCB pada guru PAUD ditinjau dari Educational leadership dan Integritas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 201. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.513. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.513

Saidah, S. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Dalam Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(2), 373–382. https://doi.org/10.17509/jap.v25i2.15652. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v25i2.15652

Sanoto, H. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Supervisi Akademik selama Pandemi COVID-19 di Kalimantan Barat. Jurnal Basicedu, 5(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.858. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.858

Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Guru Sekolah Dasar, 4(2), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434. DOI: https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434

Sukayana, I. W., Yudana, M., & Hendra Divayana, D. G. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 157–162. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804

Susanto, R., Sofyan, H., Rozali, Y. A., Nisa, M. A., Umri, C. A., Nurlinda, B. D., Oktafiani, O., & Lestari, T. H. (2020). Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran di SDN Duri Kepa 03. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 125–138. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25657. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25657

Susilawati, E. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Melalui Supervisi Akademik Pengawas Pada Sekolah Binaan SD di Kabupaten Pacitan Tahun 2019. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.1503/jpp.v2i1.36. DOI: https://doi.org/10.58258/jupe.v2i2.203

Wiradana, K. A., Parmiti, D. P., & Astawan, I. G. (2022). Komunikasi Guru dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.31114. DOI: https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.31114

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Jimat, I. M. (2022). Kegiatan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Journal of Education Action Research, 6(4), 466–474. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45874