Bimbingan Individual untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Penilaian Autentik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.46610Keywords:
Bimbingan individual, penilaian autentikAbstract
Guru belum mampu menerapkan penilaian autentik sesuai dengan kurikulum 2013. Hal ini dibuktikan dengan menunjukkan hasil penilaian yang dimiliki guru, hasilnya masih banyak catatan penilaian yang kosong. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyusun penilaian autentik pada guru SD melalui penerapan bimbingan individual. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru berjumlah 6 orang yang terdiri dari 2 orang guru laki-laki dan 4 orang guru perempuan. Data kemampuan guru menyusun penilaian autentik diperoleh melalui penilaian dokumen penilaian yang telah disusun dengan menggunakan instrumen observasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif disajikan dalam bentuk rata-rata nilai kemampuan guru menyusun penilaian autentik. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan guru dalam menyusun penilaian autentik yaitu sebelum dilaksanakan bimbingan individual nilai rata-rata kemampuan guru sebesar 61,31 meningkat pada siklus I menjadi 68,21 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,14. Maka, kemampuan guru SD menyusun penilaian autentik dapat meningkat melalui penerapan bimbingan individual. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun penilaian autentik.
References
AD, Y. (2018). Konsep Perkembangan Kognitif Perspektif Al-Ghazali dan Jean Piaget. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(2), 97. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501. DOI: https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501
Al Hakim, M. F. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 1(1), 23–32. http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/.
Ambiyar, Efendi, R., Waskito, Yondri, S., & Irawati, Y. (2019). Pengembangan E-Authentic Asessment Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa dalam Pembelajaran Jaringan Komputer. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 3(3), 470 – 478. https://doi.org/10.29207/resti.v3i3.1390. DOI: https://doi.org/10.29207/resti.v3i3.1390
Astiwi, K. P. T., Antara, P. A., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 459–467. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29457. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29457
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. CV ANDI OFFSET.
Diani, A. A., & Sukartono, S. (2022). Peran Guru dalam Penilaian Autentik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4351–4359. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2831. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2831
Dwi agus setiawan, & Nur Kumala, F. (2020). Multimedia Interaktif Tipe Adobe Flash CS6 Berbasis Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Literasi Verbal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 32–49. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14358. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14358
Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144–159. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/fokus/article/download/218/155.
Gusviani, E. (2017). Analisis Kemunculan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Kegiatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD yang Menggunakan KTSP dan Kurikulum 2013. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 96. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5127. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5127
Hadi, S. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di SDLB Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 8(1). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i1.877. DOI: https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i1.877
Hakim, M. F. Al, & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1). https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677. DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677
Haryuni, S. (2013). Penerapan Bimbingan Konseling Pendidikan dalam Membentuk Kedisiplinan Layanan Bimbingan Pengembangan Diri. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(3), 389–416. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.760. DOI: https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.760
Helendra, & Sar, D. R. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains tentang Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34270. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.29860
Hortensi, G. (2020). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Konseling Individual untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa SMK Negeri 5 Mataram. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 159–169. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003791. DOI: https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1307
Jumriani, Syaharuddin, Hadi, N. T. F. W., Mutiani, & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur ; Komponen Kurikulum IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), 2027–2035. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1111.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640. DOI: https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640
Marfuah, A., & Febriza, F. (2019). Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 35–58. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.301. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.301
Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564. DOI: https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564
Nasihin, S. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 di MTs Yaqin 1 Kwang Rundun Kecamatan Jerowaru (Masalah dan Solusinya). Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 56–86. https://doi.org/10.36088/palapa.v4i1.8. DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v4i1.8
Nirwana, ratih rizqi. (2016). Peer and Self Assessment sebagai Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013. Phenomenon, 3(2), 139 – 151. https://doi.org/10.21580/phen.2013.3.2.143. DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2013.3.2.143
Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.
Nugraha, R. (2017). Evaluasi Penerapan Standar Penilaian Kurikulum 2013 Pada Kelas 4 Sekolah Dasar di Kecamatan Jambu. Jurnal Sekolah (JS), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9925. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9925
Pantiwati, Y. (2016). Hakekat Asesmen Autentik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 18. https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773. DOI: https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773
Persada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(1), 114–120. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151
Pranata, I. W. (2014). Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus V Tampaksiring. Mimbar Ilmu Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3135.
Reniasih, G. N. (2020). Penerapan Bimbingan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24278. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24278
S, K. F., Harsiati, T., & Hasanah, M. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Keterampilan Menulis Teks Cerpen dan Teks Fabel untuk Siswa SMP/MTS yang Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 421 – 427. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6168.
Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39–54. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293
Utami, D. A. P., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 20(2), 1–18. https://doi.org/10.12345/lentera.v12i2.463.
Wulandari, A. I., & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979