Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun RPP pada Guru SD

Authors

  • Gede Kamardana SD Negeri 1 Les, Tejakula, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.49526

Keywords:

Supervisi Akademik, Kemampuan Guru, RPP

Abstract

Supervisi tentang RPP ternyata belum semua guru menguasai secara optimal. Pembiasaan guru yang sudah membudaya, kompetensi guru dalam proses pembelajaran di kelas masih rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menganalisis penerapan supervisi akademik untuk meningkatkan kemampuan menyusun RPP pada guru SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru SD yang jumlahnya 14 orang. Data dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar observasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP pada prasiklus sebesar 66,59 yang tergolong cukup, meningkat pada siklus I menjadi 70,16 yang tergolong cukup, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,75 yang tergolong baik. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru SD dalam menyusun RPP. Implikasi penelitian ini diharapkan peserta didik, diharapkan mengadakan refleksi diri mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk selanjutnya diadakan perbaikan-perbaikan dan peningkatan-peningkatan dalam rangka mencapai prestasi belajar yang memuaskan. Guru hendaknya mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam persiapan melakukan layanan belajar.

References

Agung, A. A. G. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Agustamam, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pendagogik Guru Melalui Supervisi Akademik Pada MAN 2 Kota Padang Panjang. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), 248–253. https://doi.org/10.31933/rrj.v5i1.595.

Ajasan, N. U. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Smk Negeri 1 Meulaboh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(3), 73448.

Arafat, Y., & Fitria, H. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Tanjung Raja. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 103–114. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5582. DOI: https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5582

Arief, M. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus Dan Rpp Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan Di Sd Negeri 0102 Barumun. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.594. DOI: https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.594

Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043

Cahyono, E., Susetyarini, E., & Nurrohman, E. (2021). Hubungan Kesiapan Orang Tua dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 19–26. https://doi.org/10.33366/ilg.v4i1.2453. DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v4i1.2453

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. CV ANDI OFFSET.

Dewa, P. R. B. (2020). Kesulitan Siswa dan Guru Kelas V SD Dalam Pembelajaran Dimasa Pandemi. Indonesian Journal of Instruction, 1(3), 116–120. https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.40062. DOI: https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.40062

Dewi, P. A. C., Kristiantari, M. G. R., & Ganing, N. N. (2021). Kontribusi Tindak Pembelajaran Guru Kelas 1 SD pada Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa. Indonesian Journal of Instruction, 2(2), 61–72. https://doi.org/10.23887/iji.v2i2.44511. DOI: https://doi.org/10.23887/iji.v2i2.44511

Djuhartono, T., Ulfiah, U., Hanafiah, H., & Rostini, D. (2021). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kejuruan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 101–115. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9147. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9147

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Educational Management, 6(1), 26–33.

Isbianti, P., & Andriani, D. E. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 75–85. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.39020. DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.39020

Ismini, K. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan Di SDN 4 Sumberrejo Kab. Malang. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 177 – 194. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940

Krismawati, N. K. A., & Manuaba, I. S. (2022). Kontribusi Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru. Indonesian Journal of Instruction, 3(2), 92–104. https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.44517. DOI: https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.44517

Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12

Metriza, T. I. I. (2017). Supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam rangka meningkatkan profesional mengajar guru (studi kasus pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota). Menara Ilmu, 11(77).

Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564. DOI: https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564

Najmiah, S. (2021). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui supervisi akademik yang berkelanjutan di MA Darul Inabah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 482–490. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681443. DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i7.1313

Novianti, H. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan, 9(2), 350–358. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/download/1130/938.

Nurmalasari, L. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 93–106. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4436. DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4436

Nurohiman, N. N. (2016). Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan, 10(6).

Nursidah, N., Yunus, M., & Elpisah, E. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Mutu Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(1), 38–44. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n1.p38-44. DOI: https://doi.org/10.26740/jupe.v10n1.p38-44

Nurtaniati, L. N. (2018). Studi Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Pengawas Sekolah. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/1924.

Prasetyono, H., Abdillah, A., Widiarto, T., & Sriyono, H. (2018). Improving Student’s Affective Competencies (Minimizing Hoax) Through The Implementation Of Character-Based Economic Learning And Teacher’s Reinforcement. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(3), 426–435. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.21583. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.21583

Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8

Saidah, S. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Dalam Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(2), 373–382. https://doi.org/10.17509/jap.v25i2.15652. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v25i2.15652

Santiari. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3149. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3149

Santika, M. (2019). Efektivitas Berkomunikasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Open Ended. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.12819. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.12819

Setiawan, M. R., Sudrajat, A., & Tedjawiani, I. (2022). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Deskriptif tentang Peran Kepala Sekolah dalam MBS Pada SMPN 3 dan SMPN 4 Malangbong). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1335–1346. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.553. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.553

Simanjuntak, R. (2020). Memaknai Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Masa Kini. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 9(1), 27–44. https://doi.org/10.46495/sdjt.v9i1.56. DOI: https://doi.org/10.46495/sdjt.v9i1.56

Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Guru Sekolah Dasar, 4(2), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461

Sodiah, S., & Nurhikmah, E. (2017). Etika Kerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 163. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.294. DOI: https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.294

Sudargini, Y. (2021). Peran Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan kompetensi Guru SMA Negeri di Pati. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 13–21. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.216.

Susilawati, E. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Melalui Supervisi Akademik Pengawas Pada Sekolah Binaan SD di Kabupaten Pacitan Tahun 2019. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.1503/jpp.v2i1.36. DOI: https://doi.org/10.58258/jupe.v2i2.203

Tanama, Y. J., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2231–2235. https://doi.org/10.17977/jp.v1i11.8127.

Tantrayana, I. P. A., & Putra, D. K. N. S. (2020). Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru. Indonesian Journal of Instruction, 1(3), 133–145. https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.32805. DOI: https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.32805

Utami, N. P. S. M., & Putra, M. (2020). Kontribusi Disiplin Kerja dan Resiliensi Terhadap Kinerja Guru. Indonesian Journal of Instruction, 1(3), 121–132. https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.32776. DOI: https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.32776

Wandi, A. (2018). Analisis Peran Supervisi Kepala Sekolah terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok Guru; Studi Tindakan Sekolah di SMPN 2 Situjuah Limo Nagari. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 71–77. https://doi.org/10.29210/02018195. DOI: https://doi.org/10.29210/02018195

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Kamardana, G. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun RPP pada Guru SD. Journal of Education Action Research, 6(4), 482–491. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.49526