Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44468Keywords:
Supervisi Akademik, RPPAbstract
Kompetensi guru dalam menyusun rencana pembelajaran khususnya silabus dan RPP masih tergolong rendah. Jumlah guru yang menyusun silabus dan RPP sebelum mengajar masih belum maksimal. Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Abad 21 melalui penerapan supervisi akademik yang berkelanjutan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru di SD yang jumlahnya 10 orang. Data dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar observasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP sesuai dengan abad 21 pada prasiklus sebesar 67,17 yang tergolong cukup, meningkat pada siklus I menjadi 71,22 yang tergolong cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,00 yang berada pada kategori baik. Maka supervisi akademik berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP sesuai dengan abad 21. Implikasi kegiatan supervisi untuk membantu guru dalam mengelolah proses pembelajaran dan juga membantu meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan kualitas kinerja atau profesionalisme guru, dan meningkaatkan situasi pembelajaran dalam kelas.
References
Anggraeni, D. M., & Sole, F. B. (2018). E-Learning Moodle, Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.101.
Anwar, Y., Selamet, A., Huzaifah, S., & Madang, K. (2020). Training in Developing Higher-Order Thinking Based Online Test Instrument for Biology Teachers in Sekayu City. Journal of Community Service and Empowerment, 1(3), 150–155. https://doi.org/10.22219/jcse.v1i3.12241.
Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16.
Arafat, Y., & Fitria, H. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Tanjung Raja. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 9(1), 103–114. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5582.
Daming, K. (2017). Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kompetensi Profesional Guru Matematika Sekolah Menengah Atas Negeri. Journal Of EST ( Educational Science and Technology), 3(1), 75 – 81. https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3563.
Diah Rusmala Dewi. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.123.
Friantary, H., & Martina, F. (2018). Evaluasi Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 76–95. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.202.
Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik : Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Educaton Management and Administration Review, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2949.
Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159.
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. TERAMPIL Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1280.
Ismini, K. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan di SDN 4 Sumberrejo Kabupaten Malang. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 177 – 194. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940.
Karsiyem, K., & Wangid, M. N. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus III Sentolo Kulon Progo. Jurnal Akuntanbilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 201 – 212. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6337.
Najmiah, S. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan di MA Darul Inabah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 482–490. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681443.
Nurani, R. T., & Sarino, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah , Supervisi Akademik , dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 298. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14613.
PEP, S. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru. Journal Of EST (Educational Science and Technology), 1(2). https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1515.
Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8.
Puluhulawa, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Produktif melalui Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Popayato. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1), 31–38. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.31-38.2019.
Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(2), 11–20.
Rismawan, E. (2015). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(1), 114–132. https://doi.org/10.31227/osf.io/7azuy.
Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca pada Anak melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.2118.
Salim Nahdi, D., & Cahyaningsih, U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SD Kelas V dengan Berbasis Pendekatan Saintifik yang Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119.
Sarifudin, A. (2019). Peningkatan Kinerja Guru dalam Implementasi Penilaian Sistem SKS melalui Supervisi Akademik Pengawas Sekolah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 417 – 434. https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.539.
Setiawan, A. R. (2020). Peningkatan Literasi Saintifik melalui Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Saintifik. Journal of Biology Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5278.
Sudargini, Y. (2021). Peran Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja terhadap Peningkatan Kompetensi Guru SMA Negeri di Pati. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 13–21. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.216.
Sukayana, I. W., Yudana, M., & Hendra Divayana, D. G. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 157–162. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804.
Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30.
Sutarto, S. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Mengembangan Sikap Spiritual dan Sosial Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792.
Syaputra, M. D., Makhdalen, & Sumarno. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Guru terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 146–155.
Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berorientasi Programme for International Student Asessment (PISA) pada Peserta Didik. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(1). https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069.