Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu pada Siswa Kelas VI SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.52129Keywords:
Kooperatif Tipe TSTS, Hasil BelajarAbstract
Keaktifan siswa sangat rendah dan siswa hanya menunggu guru memberikan tugas yang kemudian didiskusikan dengan pola monoton. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar agama hindu pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas VI yang berjumlah 15 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan, observasi, dan metode tes. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran agama Hindu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada siswa kelas VI dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1075, rata-rata 72, daya serap 72%, ketuntasan belajar 73%) dan siklus II (jumlah 1215, rata-rata 81, daya serap 81%, ketuntasan belajar 93%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 9% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 20%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada siswa kelas VI SD dapat meningkatkan hasil belajar agama Hindu. Implikasi penelitian ini diharapkan siswa dapat dengan mudah memahami materi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS).
References
Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898.
Apriakanti, D., Kusuma, M., & Nurhayati, M. (2020). The effectiveness of two stay two stray (TSTS) cooperative learning model in improving students’ critical thinking skills. Journal of Science Education Research, 4(1), 40–43. https://doi.org/10.21831/jser.v4i1.34240.
Arimbawa, I. G. A., Atmadja, N. B., & Natajaya, I. N. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Hindu dalam Membangun Nilai Karakter Siswa melalui Implementasi Tri Hita Karana. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(1), 31. https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20306.
Ayu, G., Mega, M., Sudhita, I. W. R., & Suwatra, I. I. W. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Agama Hindu Dengan Model ADDIE untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Eductech Undiksha, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5869.
Bouwma-Gearhart, J. L., Ivanovitch, J. D., Aster, E. M., & Bouwma, A. M. (2018). Exploring postsecondary biology educators’ planning for teaching to advance meaningful education improvement initiatives. CBE Life Sciences Education, 17(3), 1–12. https://doi.org/10.1187/cbe.17-06-0101.
Dharsana, G. S., & Sidabutar. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19463.
Dunbar, K., & Yadav, A. (2022). Shifting to student-centered learning: Influences of teaching a summer service learning program. Teaching and Teacher Education, 110, 103578. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103578.
Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.914.
Ekaputra, P. W., Sindu, I. G. P., & Suyasa, P. W. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi 2 Dimensi Mata Pelajaran Agama Hindu Mengenai Sad Ripu Studi Kasus Kelas VI (Enam) SD Negeri 1 Kalibukbuk. KARMAPATI, 10(3), 259–270. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i3.37720.
Farid, A., & Sudarma, I. K. (2022). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kelompok Melalui LKPD Berbasis Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.42138.
Habibullah, H. (2020). Mathematical Self-Efficacy Of Students In Cooperative Learning With Two Stay Two Stray Techniques. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(1), 38–43. https://doi.org/10.23887/jjpm.v11i1.23609.
Handayani, N. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Pada Mata Pelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 2(1). https://doi.org/10.23887/ijee.v2i1.13904.
I Made Sudarta. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Dengan Poskoguwak Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3). http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/670.
Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tsts ( Two Stay Two Stray ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359.
Mulyantini, N. L. D., Suranata, K., & Margunayasa. (2019a). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.17023.
Mulyantini, N. L. D., Suranata, K., & Margunayasa, I. G. (2019b). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Minat Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.17023.
Murti, W., & Anas, M. (2019). Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dalam Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Mikrobiologi Terapan. Biology Teaching and Learning, 2(2), 101–113. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/btl.v2i2.12012.
Nopridayanti. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 003 Beringin Taluk Kecamatan Kuatan Tengah Kabupaten Kuatan Singingi. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(5), 761. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i5.6125.
Phungsuk, R., Viriyavejakul, C., & Ratanaolarn, T. (2017). Development of a problem-based learning model via a virtual learning environment. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 297–306. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2017.01.001.
Rahmawati, E., Irdamurni, I., & Amini, R. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual dengan Adobe Flash untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.29.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Sujana, D. M. A., Dharsana, I. K., & Jayanta, I. N. L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19462.
Sulistyanti, L., Siahaan, J., & Junaidi, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dipadukan dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1137.
Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.
Widyantari, N. K. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. . (2019). Pengaruh Strategi Belajar Kognitif, Metakognitif dan Sosial Afektif Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19384.
Zairmi, U., Fitria, Y., & Amini, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran IPA dI Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1031–1037. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.221.
Zhang, X. (2020). Assessment for learning in constrained contexts: How does the teacher’s self-directed development play out? Studies in Educational Evaluation, 66(November 2019), 100909. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100909.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 I Made Astikajaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.