Peningkatan Penguasaan Kalimat Efektif terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.75287Keywords:
Effective Sentences, Procedure Texts, Writing SkillsAbstract
Penguasaan kalimat efektif siswa SD belum optimal diterapkan pada diri siswa. Hal tersebut membuat siswa masih mengalami kesulitan untuk menulis teks prosedur dan menentukan kalimat efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikasi antara penguasaan kalimat efektif dengan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV dari 4 SD yang berjumlah 117. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. data pada penelitian ini dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kalimat efektif dengan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas IV SD. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penguasaan materi kalimat efektif yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula keterampilan menulis teks prosedur. Sebagai implikasi dari penelitian ini adalah keterampilan menulis teks prosedur ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kalimat yang efektif.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Ain, Z., & Pramesti, U. D. (2019). Korelasi Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 16 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 252. https://doi.org/10.24036/103943-019883.
Andriyani, A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Penguasaan Kalimat Efektif Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi. Jurnal Membaca (Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(2), 101. https://doi.org/10.30870/jmbsi.v3i2.5223.
Anggraini, D. D., Arafik, M., & Rini, T. A. (2023). Pengembangan Modul Menulis Kalimat Efektif untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(2), 137–149. https://doi.org/10.17977/um065v3i22023p137-149.
Asriati, M. D. P., & Gani, E. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Dan Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 226. https://doi.org/10.24036/108204-019883.
Citra, D., & Afnita, A. (2019). Kontribusi Penguasaan Kalimat Efektif Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 78. https://doi.org/10.24036/107463-019883.
Firdaus, F. (2019). Pengaruh Penguasaan Ragam Bahasa Kritik dan Kalimat Efektif terhadap Pembelajaran Menulis Teks Resensi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(01), 39. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i01.3512.
Frecelya, A. F., & Gani, E. (2019). Korelasi Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(4), 1. https://doi.org/10.24036/106904-019883.
Guci, K. U., & Hafrison, M. (2020). Kontribusi Pemahaman Teks Prosedur Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII Smp Negeri 10 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 201. https://doi.org/10.24036/107517-019883.
Hapsari, E. D., & Rizaldy, D. R. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Team (STAD) melalui Google Meet. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(3), 432–436. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.525.
Haris, N. K., Mannahali, M., & Anwar, M. (2018). Hubungan Antara Penguasaan Possessivpronomen Dengan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(2). https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i2.6759.
Harningrum, A. A., Yarmi, G., & Juhana, J. (2022). Hubungan Penguasaan Struktur Kalimat Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas V SD. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 141. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.9192.
Haryanto, H. (2016). Hubungan Antara Kemampuan Menyusun Paragraf Dan Motivasi Berprestasi Dengan Keterampilan Menulis Laporan. Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 120. https://doi.org/10.24235/ileal.v1i2.602.
Hasibuan, A. (2018). Korelasi Penguasaan Struktur Kalimat Dengan Keterampilan Menyusun Kalimat Efektif Siswa Kelas Viii Sltp Karya Bhakti Medan Tahun Pembelajaran 2017 - 2018. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1), 297–304. https://doi.org/10.32696/ojs.v3i1.100.
I. Zulianti, & S.A. Bowo. (2023). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Motivasi Belajar Dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v12i1.2231.
Ishak, M. S. (2018). Hubungan Antara Penguasaan Sintaksis Dan Penguasaan Nahwu Terhadap Kemampuan Menulis Teks Bahasa Arab Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Pontianak. Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(1), 51–74. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v3i1.267.
Ismiyanti, R., & Muddin, M. (2017). Korelasi Antara Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Dengan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(1). https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i1.2988.
Iswandari, N., Setiawan, B., & Ulya, C. (2019). Hubungan Antara Penguasaan Kalimat Efektif Dan Kebiasaan Membaca Media Massa Cetak Dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri Se-Kecamatan Serengan Kota Surakarta. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 120. https://doi.org/10.20961/basastra.v6i2.37692.
Juitania, J. (2019). Pengaruh Teknik Mengajar Dan Penguasaan Struktur Kalimat Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Pada Sekolah Smp Swasta Di Bogor. https://doi.org/10.33753/madani.v2i1.45.
Musdolifah, A., Istianingrum, R., Deden, D., Indriawati, P., Maulida, N., & Prasetya, K. H. (2023). Edukasi Kalimat Efektif sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas X BR 3 SMK Negeri 3 Balikpapan . Abdimas Universal, 5(2), 297–304. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v5i2.347.
Nita, O. (2021). Penggunaan Kalimat Efektif dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 4(2), 271–280. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.2174.
Plandra, B., & Thahar, H. E. (2020). Korelasi Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII Smp Negeri 17 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 32. https://doi.org/10.24036/108261-019883.
Puspitasati, N. (2021). Pengaruh Penguasaan Kosakata Dan Struktur Kalimat Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Bahasa Inggris. Inference: Journal of English Language Teaching, 4(2), 163. https://doi.org/10.30998/inference.v4i2.6027.
Rahmi, R., & Basri, I. (2019). Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup Dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII MTS.N 2 Pesisir Selatan. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 74. https://doi.org/10.24036/104514-019883.
Rizaldy, D. R. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Team (STAD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3). https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss3.782.
Rusyana, A. (2021). Hubungan Antara Penguasaan Struktur Makro &Amp; Mikro Dengan Penguasaan Judul Teks. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 22. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i1.5990.
Santosa, P. P. P. (2017). Hubungan antara Penguasaan Tata Bahasa dengan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Inggris Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Depok. DEIKSIS, 9(02), 182. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1172.
Selvimar, E., & Gani, E. (2019). Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup Dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII Smp Negeri 18 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 77. https://doi.org/10.24036/103917-019883.
Sugiarti, D., & Muddin, M. (2017). Hubungan Antara Penguasaan Tata Bahasa Jerman Dengan Keterampilan Menulis Paragraf Deskriptif Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Palopo. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4406.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulistiani, S. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur dengan Model Demonstrasi Siswa Kelas VII -C SMP Negeri 10 Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 146. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.285.
Sunariati, R., Ismawati, E., & Riyadi, I. (2019). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Struktur Kalimat Dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2), 309. https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i2.1564.
Susilawati, T. M., & Suhardi, S. (2016). Hubungan antara penguasaan kosakata dan ketepatan menemukan gagasan dengan keterampilan membaca pemahaman. LingTera, 3(1), 112. https://doi.org/10.21831/lt.v3i1.8796.
Wahyuni, N., & Linda, W. (2021). Penguasaan Puebi dan Keterkaitannya dengan Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa SMA. LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.31539/literatur.v1i2.2406.
Yanti, R., & Harti, S. (2022). Hubungan antara Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi dan Keterampilan Membaca Teks Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(5), 661–668. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.149.
Yusni, Y. (2019). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Struktur Kalimat Bahasa Indonesia dengan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(2), 440–455. https://doi.org/10.30605/onoma.v5i2.94.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Made Juniari, Maria Goreti Rini Kristiantari, I Wayan Sujana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.