Media Augmented Reality Belajar Membaca Untuk Menumbuhkan Kemampuan Kognitif Dan Literasi Membaca Awal Anak Usia Dini

Authors

  • Anak Agung Vira Widya Putri Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Anak Usia Dini, Augmented Reality, Kemampuan Kognitif, Literasi Membaca

Abstract

Kurangnya minat anak dalam mengenal huruf, belum adanya media pembelajaran yang inovatif, dalam pembelajaran terkadang anak merasa tidak fokus dalam menerima pembelajaran dan guru belum memiliki pengalaman mengenai media pembelajaran berupa teknologi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis media augmented reality belajar membaca untuk menumbuhkan kemampuan kognitif dan literasi membaca awal anak usia dini. Penelitian ini tergolong penelitian pengembangan atau yang disebut juga dengan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development dan implementation. Metode dari penelitian ini adalah observasi dan kuesioner. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu one group pretest dan postest. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi dengan hasil 97%, ahli media mendapatkan hasil 95%, kepraktisan guru mendapatkan hasil 100%, kepraktisan anak mendapatkan hasil 82%. Uji t-test sig memperoleh hasil terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media. Dari pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa media ARBECA efektif serta efektif digunakan untuk menumbuhkan kemampuan kognitif dan literasi membaca awal anak usia dini. Implikasi dari penelitian tersebut dapat menumbuhkan kemampuan kognitif dan literasi membaca awal menggunakan media aplikai augmented reality belajar membaca.

Published

2024-09-20

How to Cite

Putri, A. A. V. W., I Wayan Widiana, & Maria Goreti Rini Kristiantari. (2024). Media Augmented Reality Belajar Membaca Untuk Menumbuhkan Kemampuan Kognitif Dan Literasi Membaca Awal Anak Usia Dini. Journal of Education Action Research, 8(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/83973