Media Augmented Reality Belajar Membaca untuk Menumbuhkan Kemampuan Kognitif dan Literasi Membaca Awal Anak Usia Dini

Authors

  • Anak Agung Vira Widya Putri Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.83973

Keywords:

Anak Usia Dini, Augmented Reality, Kemampuan Kognitif, Literasi Membaca

Abstract

Kurangnya minat anak dalam mengenal huruf, belum adanya media pembelajaran yang inovatif, dalam pembelajaran terkadang anak merasa tidak fokus dalam menerima pembelajaran dan guru belum memiliki pengalaman mengenai media pembelajaran berupa teknologi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis media augmented reality belajar membaca untuk menumbuhkan kemampuan kognitif dan literasi membaca awal anak usia dini. Penelitian ini tergolong penelitian pengembangan atau yang disebut juga dengan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development dan implementation. Metode dari penelitian ini adalah observasi dan kuesioner. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu one group pretest dan postest. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi dengan hasil 97%, ahli media mendapatkan hasil 95%, kepraktisan guru mendapatkan hasil 100%, kepraktisan anak mendapatkan hasil 82%. Uji t-test sig memperoleh hasil terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media. Dari pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa media ARBECA efektif serta efektif digunakan untuk menumbuhkan kemampuan kognitif dan literasi membaca awal anak usia dini. Implikasi dari penelitian tersebut dapat menumbuhkan kemampuan kognitif dan literasi membaca awal menggunakan media aplikai augmented reality belajar membaca.

References

Alalwan, N., Cheng, L., Al-Samarraie, H., Yousef, R., Ibrahim Alzahrani, A., & Sarsam, S. M. (2020). Challenges and Prospects of Virtual Reality and Augmented Reality Utilization among Primary School Teachers: A Developing Country Perspective. Studies in Educational Evaluation, 66(September 2019), 100876.1-12. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100876.

Ardiana, R. (2022). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.116.

Armia, A., & Ardian, Z. (2021). Perancangan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Gedung Kampus Universitas Ubudiyah Indonesia. Journal of Informatics and Computer Science, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.33143/jics.Vol7.Iss1.1331.

Bursali, H., & Yilmaz, R. M. (2019). Effect of Augmented Reality Applications on Secondary School Students’ Reading Comprehension and Learning Permanency. Computers in Human Behavior, 95. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.01.035.

Elisa, E., & Wiratmaja, I. (2019). Augmented reality: Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Mahasiswa. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 11(2), 73–81. https://doi.org/10.22437/jisic.v11i2.8124.

Firman, W., & Anhusadar, L. (2022). Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 28–37. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i2.6721.

Fitria, T. N. (2023). Augmented Reality (AR) and Virtual Reality (VR) Technology in Education: Media of Teaching and Learning: A Review. International Journal of Computer and Information System (IJCIS) Peer Reviewed-International Journal, 04(01), 2745–9659. https://doi.org/10.29040/ijcis.v4i1.102.

Garzón, J., Baldiris, S., Gutiérrez, J., & Pavón, J. (2020). How do pedagogical approaches affect the impact of augmented reality on education? A meta-analysis and research synthesis. Educational Research Review, 31, 100334. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100334.

Hartati, S., Zulkifli, & Hukmi. (2020). Analisis Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 931–938. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.552.

Imaroh, R. D., Sudarti, S., & Handayani, R. D. (2022). Analisis Korelasi Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran Ipa Dengan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 198–204. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.580.

Imawati, I., Supardi, Z. I., & Azizah, U. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Sistem Organ Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8923–8935. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3974.

Johan, G. M., Auliya, D., & Ghasya, V. (2018). Pengembangan Media Literasi Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 184–198. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/945.

Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234.

Maharani, Agung, A. A. G., & Tirtayani, L. A. (2023). Media Kartu Bergambar Berbantuan Augmented Reality (AR) untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa bagi Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 360–369. https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.56452.

Maharani, N. P. L., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. R. (2023). Media Big Book: Solusi Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 56–63. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58055.

Masfufah, F. H., & Ellianawati, E. (2020). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Bermuatan Etnosains. Unnes Physics Education Journal Terakreditasi SINTA, 9(2), 129–138.

Monalisa, W., Imran, R. F., & Haryono, M. (2023). The Improving Children’s Cognitive Development Through Use Media Bilangan Socks in Group B. Early Childhood Research and Practice, 3(2), 17–20. https://doi.org/10.33258/ecrp.v3i02.3642.

Musthofa, M. N. A., Ramadhan, M. A. N., & Harchristanto, B. A. (2024). Aplikasi Mobile Augmented Reality Untuk Pembelajaran Bangun Ruang. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 284–292. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i1.243.

Mustika, Y., & Nurwidaningsih, L. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 91. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.12.

Ningsih, E. P., & Rasyid, H. (2023). Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 5123–5132. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3834.

Nugraha, G. N. S., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berorientasi Kearifan Lokal Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 1 Paket Agung. Jurnal Edutech Undiksha, 7(1), 12–22.

Pangarti, W. M., & Yaswinda, Y. (2023). Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2589–2599. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4407.

Putri, A. A. P. P., Rahardjo, B., & Olby, N. A. (2023). The Project-Based Learning Model Improves Ability to Understand Environmental Cleanliness in Early Childhood. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 43–51. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.54589.

Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Bergambar bagi Anak Usia Dini dalam Bingkai Islam dan Perspektif Pakar Pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173–187.

Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34. https://doi.org/10.52802/twd.v5i1.120.

Rofiq, A., Mahadewi, L. P. P., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu. Journal of Education Technology, 3(3), 126. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21732.

Sahin, D., & Yilmaz, R. M. (2020). The Effect of Augmented Reality Technology on Middle School Students’ Achievements and Attitudes towards Science Education. Computers & Education, 144. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103710.

Salsabila, B., Akhyar, A., Setiawan, A., & Chandra, D. A. (2023). Pemanfaatan Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Kelas VII SMPN 1 Rambah. Journal on Education, 6(1), 856–863. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3002.

Setiawan, I., & Martin, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Augmented Reality Pada Guru Sdn 2 Pancor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 898. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14909.

Sukardjo, M., Khasanah, U., Rahmat, S. T., & Khaerudin. (2023). Augmented Reality Media Design for Electro-Pneumatic Practical Learning for Vocational High School Students (VHS). Journal of Education Technology, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23887/jet.v7i1.57615.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.

Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439–448. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606.

Swari, I. G. A. A. M., & Ambarawa, D. P. (2022). Video Animasi Mengenal Huruf dan Angka untuk Menstimulus Kemampuan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 163–172. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47346.

Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Jazuli, M. I. (2022). Pengembangan Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(5), 190. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i5.15238.

Usmaedi, U., Fatmawati, P. Y., & Karisman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Aplikasi Augmented Reality Dalam Meningkatkan Proses Pengajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 489–499. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.595.

Utomo, S., Budiarto, S., Iswanto, I., Abdillah, S. I., & Ilhamdi, W. (2023). Implementasi Augmented Reality Pada Pembelajaran IPA Siswa SMP. Bulletin of Information Technology (BIT), 4(4), 419–424. https://doi.org/10.47065/bit.v4i4.957.

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Putri, A. A. V. W., I Wayan Widiana, & Maria Goreti Rini Kristiantari. (2024). Media Augmented Reality Belajar Membaca untuk Menumbuhkan Kemampuan Kognitif dan Literasi Membaca Awal Anak Usia Dini. Journal of Education Action Research, 8(3), 504–512. https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.83973