Model Pembelajaran SQ3R Berbantuan Media Visual terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Ni Kadek Tarisma Dwi Antari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77999

Keywords:

Model Pembelajaran SQ3R, Media Visual, Kemampuan Membaca, Pemahaman Bahasa Indonesia

Abstract

Masih banyak siswa yang belum optimal dalam memahami suatu bacaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dilaksanaknnya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model SQ3R berbantuan media visual terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV. Adapun desain dalam penelitian ini yakni Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas IV yang terdiri dari 143 siswa. Sampel ditentukan dengan Teknik cluster random sampling, dengan sampel yang terpilih terdiri dari kelompok eksperimen yaitu siswa kelas IV yang dibelajarkan dengan Model SQ3R berbantuan media visual dan kelompok kontrol siswa kelas IV yang dibelajarkan tidak menggunakan model pembelajaran SQ3R. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes pilihan ganda biasa. Hasil penelitian ini berhasil menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran SQ3R berbantuan media visual terhadap kemampuan membaca pemahaman dalam pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD. Simpulan penelitian menunjukkan dampak yang signifikan pada kemampuann membaca pemahaman bahasa Indonesia setelah menggunakan model pembelajaran SQ3R. Implikasi penelitian ini ini membuat siswa diberi kesempatan untuk merasakan secara langsung dan dengan dibantu media konkret.

References

Afriyeni, S., & Haji, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3r) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemahaman Prosedural Matematika Siswa Man 2 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1). https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i1.3089.

Amaliyah, A., & Attadib, A. R. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Journal Of Elementary Education, 5(1). https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 995–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492.

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka Dalam Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749.

Asmara, Y., & Nindianti, D. S. (2019). Urgensi Manajemen Kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sindang: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192.

Azizah, A. N. (2021). Keefektifan Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Karanglo. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(1), 47–60. https://doi.org/10.36379/autentik.v5i1.102.

Azizah, L. N., & Rosdian, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gender Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Pensal E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(1), 161–166. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/43045.

Delina, R., Mahendra, H. H., & Nurani, R. Z. (2021). Improve Student Skills in Read Understanding Text Explanation with Using the SQ3R Method. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 4(1), 20–26. https://doi.org/10.15294/eej.v12i4.66593.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122.

Harahap, Y. M., & Lubis, S. I. (2021). Pengaruh Blended Learning Berbasis aplikasi Renderforest dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa MAS Yaspi Labuhan Deli. Jurnal Education and Development, 9(4), 123–127. https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.3044.

Hayati, B. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Konkrit Pada Siswa Kelas IV SDN 5 Anjani Kecamatan Suralaga. Pendawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 1(1), 174–186.

Huang, L., Zhang, T., & Huang, Y. (2020). Effects of school organizational conditions on teacher professional learning in China: The mediating role of teacher self-efficacy. Studies in Educational Evaluation, 66(May 2020.), 1-9. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100893.

Irman, R. F., Amir, Z., & Risnawati. (2022). Hubungan Rasa Percaya Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 483–489. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.49818.

Jasmin, N., Fitri, R., & Darussyamsu, R. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran SQ3R untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal on Teacher Education, 4(1), 677–684. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.7245.

Johan, G. M., Auliya, D., & Ghasya, V. (2018). Pengembangan Media Literasi Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 184–198. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/945.

Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627.

Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29–42. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634.

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303.

Misnawan, I. W., Parmiti, D. P., & Renda, N. T. (2020). Model Pembelajaran SQ3R Berbantuan Buku Cerita Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 282–292. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28266.

Mulyani, N. (2023). Application Of Inquiry-Based Learning Model In Science Learning About Magnetism To Increase Learning Motivation And Learning Outcomes. JENTRE, 4(1), 9–26. https://doi.org/10.38075/jen.v4i1.321.

Ningtyas, N. P. D. R., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 120–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28967.

Nousheen, A., Yousuf Zai, S. A., Waseem, M., & Khan, S. A. (2020). Education for sustainable development (ESD): Effects of sustainability education on pre-service teachers’ attitude towards sustainable development (SD). Journal of Cleaner Production, 250(20 March 2020), 119537.1-46. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.119537.

Nurfaidah, S. S. (2017). Analisis Aspek Literasi Sains pada Buku Teks Pelajaran IPA Kelas V SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.5585.

Nurma Pertiwi, I., Sumarno, & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 261–270. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412.

Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). Pemanfaatan Media Visual Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(2), 40–47. https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2021). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.

Ryantini, K. T. D., Putra Semadi, Y., & Damayanthi, L. P. E. (2022). Penguatan Literasi Perpajakan Melalui MPK Bahasa Indonesia sebagai Implementasi Karakter Nasionalis. Mimbar Ilmu, 27(3), 493–500. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.51410.

Salsabila, B., Akhyar, A., Setiawan, A., & Chandra, D. A. (2023). Pemanfaatan Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Kelas VII SMPN 1 Rambah. Journal on Education, 6(1), 856–863. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3002.

Sari, F. I., Sunedar, D., & Anshori, D. (2023). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 146–151. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10843.

Soares, D., Lopes, B., Abrantes, I., & Watts, M. (2021). The initial training of science teachers in African countries: A systematic literature review. Sustainability (Switzerland), 13(10), 1–17. https://doi.org/10.3390/su13105459.

Soraya, S., Rosmaiyadi, R., & Wahyuni, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Pola Bilangan. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 6(1), 28–34. https://doi.org/10.26737/jpmi.v6i1.880.

Sulfasyah, S., & Azis, S. A. (2023). Perbandingan Metode Pembelajaran Dediscerta dan Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3282–3289. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.4293.

Sumaryamti, S. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(1), 47–55. https://doi.org/10.59141/jist.v4i01.564.

Wayan Suwarni Negeri, N. S. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKN. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3), 330–337. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21467.

Widnyana, I. W., & Japa, G. N. (2020). Model Pembelajaran SQ3R Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 555–563. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29280.

Yusmidarnis, Y. (2024). Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Di Sekolah Dasar. Journal of Exploratory Dynamic Problems, 1(1), 78–84. https://edp.web.id/index.php/edp/article/view/18.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Ni Kadek Tarisma Dwi Antari, Ni Nyoman Ganing, & Maria Goreti Rini Kristiantari. (2024). Model Pembelajaran SQ3R Berbantuan Media Visual terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Education Action Research, 8(2), 292–299. https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77999

Issue

Section

Artikel