Peningkatan Kemampuan Kognitif Dan Tanggung Jawab Belajar Pada Anak Usia Dini Dengan Menerapkan Metode Belajar Bermain Berbantuan Media Weather wheel

Authors

  • Made Diana Sintia Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.82439

Keywords:

Anak Usia Dini, Kemampuan Kognitif, Tanggung Jawab Belajar

Abstract

Masih rendahnya sikap tanggung jawab yang dimiliki oleh beberapa anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media weather wheel terhadap kemampuan kognitif dan tanggung jawab belajar anak usia dini. Penelitian ini termasuk eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu eksperimen semu (quasy experiment). Populasi penelitian yaitu seluruh anak TK B berjumlah 140 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas berjumlah 30 anak. Metode pengumpulan data menggunkan tes. Instrumen pengumpulan data dengan lembar tes. Teknik analisis yang digunakan adalah MANOVA. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama, terdapat pengaruh siginifikan pada kemampuan kognitif antara anak yang dibelajarkan dengan media weather wheel dan anak yang tidak dibelajarkan media weather wheel. Kedua, terdapat pengaruh siginifikan pada tanggung jawab belajar antara anak yang dibelajarkan dengan media weather wheel dan anak yang tidak dibejarkan media weather wheel. Ketiga, terdapat pengaruh siginifikan pada kemampuan kognitif dan tanggung jawab belajar secara simultan antara anak yang dibelajarkan dengan media weather wheel dan anak yang tidak dibejarkan media weather wheel. Disimpulkan bahwa metode belajar bermain berbantuan media weather wheel dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan tanggung jawab anak usia dini.

References

Adam, A. (2021). Kebijakan Otonomi Perguruan Tinggi sebagai Dampak Reformasi Keuangan dalam Bidang Pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 52–71. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.106.

Alaska, A., Wahyudi, A. D., Dinata, V. C., & Sandiko. (2024). eningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Melalui Penerapan Pendekatan Bermain. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5938–5945. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28442.

Andriani, N. L. M. D., & Wiarta, I. W. (2021). Dampak Pemberian Tugas Berbantuan Video Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 334–341. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37601.

Ardiana, R. (2022). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.116.

Arifin, S. (2016). Perkembangan Kognitif Manusia Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam. Tadarus :Jurnal UM Surabaya, 5(1), 50–67. https://doi.org/10.30651/td.v5i1.350.

Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043.

Asrial, A., Syahrial, S., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Putri, E. (2021). Fostering students’ environmental care characters through local wisdom-based teaching materials. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 152–162. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.27744.

Atmaja, I. W. W., & Widodo, J. P. (2022). Pengaruh Game Edukasi Berbasis Android terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6805–6813. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3914.

Ayu, N. K., & Manuaba, I. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194–201. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498.

Cahyati, N. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), 75. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1033.

Dilli Dwi Kuswoyo, H. J. H. (2023). Kreasi Pendidikan Jasmani Adaptif- Media pembelajaran Anak Berkebutuhan khusus (ABK) Sebagai Upaya peningkatan Perkembangan Sensorik dan Motorik, Di Sekolah Luar Biasa Negeri Anim Ha Merauke. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(1), 01–06. https://doi.org/10.55542/jppmi.v2i1.488.

Erwanda, D. R., & Sutapa, P. (2023). Pengembangan Media Permainan Tradisional Gobak Sodor untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3323–3334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4562 .

Firman, W., & Anhusadar, L. (2022). Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 28–37. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i2.6721.

Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.87.

Guna, Agung, & Pudjawan. (2019). Game Education Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Paket. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 2019. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.21669.

Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756.

Kent, G., Pitsia, V., & Colton, G. (2020). Cognitive development during early childhood: Insights from families living in areas of socio-economic disadvantage. Early Child Development and Care, 190(12). https://doi.org/https://doi.o10.1080/03004430.2018.1543665.

Khomsin, K., & Rahimmatussalisa, R. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25–33. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37872.

Khumairoh, A., & Pandin, M. G. R. (2022). Pentingnya Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Globalisasi Bagi Generasi Abad Ke-21. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 27–37.

Kurniawan, Y. I., Paramesvari, D. P., & Purnomo, W. H. (2021). Game Edukasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Habitatnya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Inovatif, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.54082/jupin.6.

Kusmiati, M., Kurniati, E., & Aryaprasetya, I. G. K. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Anjang-Anjangan Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia Dini. Edukid, 13(2). https://doi.org/10.17509/edukid.v13i2.16921.

Laswadi, Handican, R., & Nasution, E. Y. P. (2023). Instructional Edutainment Media “Number Game” Based on Mobile Technology to Improve Mathematical Conceptual Understanding. Jurnal Edutech Undiksha, 11(1), 119–127. https://doi.org/10.23887/jeu.v11i1.53913.

Lubis, R., Syafitri, N., Maylinda, R. N., Nurin Alyani, N., Anda, R., Zulfiyanti, N., & Surbakti, O. Z. (2023). Pendekatan Behavioristik untuk Anak Disabilitas Intelektual Sedang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1626–1638. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4161.

Manurung, A. K. R., Wulan, S., & Purwanto, A. (2021). Permainan Outdoor dalam Membentuk Kemampuan Ketahanmalangan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1807–1814. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1030.

Mustika, Y., & Nurwidaningsih, L. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 91. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.12.

Novitasari, Y., & Prastyo, D. (2020). Egosentrisme Anak Pada Perkembangan Kognitif Tahap Praoperasional. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 2407–4454.

Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain Dalam Lingkaran dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Penitipan Anak Tambusai Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812.

Peng, P., & Kievit, R. A. (2020). The development of academic achievement and cognitive abilities: A bidirectional perspective. Child Development Perspectives, 14(1), 15–20. https://doi.org/10.1111/cdep.12352.

Perdana, R. P., Supriatna, E., Yanti, N., & Suryadi, D. (2023). Team Game Tournament (TGT)-type cooperative learning model: How does it affect the learning outcomes of football shooting? Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 4(1), 86–96. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i6.4620.

Pramiswari, E. D., & Mukhlishina, I. (2023). Implementation of the Bomb Snakes and Ladders Game Based on the ECOLA Learning Model to Improve Reading Skills in Elementary Schools. Journal of Education Action Research, 7(4), 463–471. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.64847.

Pratiwi, E., Barikah, A., & Sari, H. P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Lari Cepat Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kota Banjarbaru. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.31602/rjpo.v1i1.1694.

Purnama, A. M. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Edukatif Peningkatan Kreativitas Pembelajaran Anak Pada Pkk Dukuh Setro 8a.

Putri Pramestia Ningrum, & Dahlan, Z. (2023). Pengembangan Medıa Swıvel Wheel Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa Pada Mata Pelajaran IPS Dı Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 250–262. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5363.

Rai, I. B., Sila, I. M., Brata, I. B., & Sutika, I. M. (2022). Membangun Karakter Profil Pelajar Pancasila Berlandaskan Tri Hita Karana dalam Perspektif Kehidupan Global. Mimbar Ilmu, 27(3), 417–425. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.54307.

Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.

Rosala, D. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Ritme, 2(1), 1–26.

Rudisa, R., Elpisah, E., Fahreza, M., & Yahya, M. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter dan Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(6), 6227–6235. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1804.

Siti Nur Hayati, K. Z. P. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985.

Taub, M., Sawyer, R., Smith, A., Rowe, J., Azevedo, R., & Lester, J. (2020). Computers & Education The agency effect : The impact of student agency on learning , emotions , and problem-solving behaviors in a game-based learning environment. Computers & Education, 147, 1037881. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103781.

Wahyuni, N. L. A. I. (2022). Media Papan Pintar Angka Berbasis Animasi Untuk Stimulus Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 120–128. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47134.

Wicaksana, Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan E-Komik Dengan Model Addie Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159.

Yuriansa, A. (2019). Kemampuan Problem Solving Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Pola (Pattern) Di Paud Arrasyid Kajhu Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar. Teungku: Jurnal Islam Pesantren, Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 69–102.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Sintia, M. D., I Wayan Widiana, & I Gede Astawan. (2024). Peningkatan Kemampuan Kognitif Dan Tanggung Jawab Belajar Pada Anak Usia Dini Dengan Menerapkan Metode Belajar Bermain Berbantuan Media Weather wheel. Journal of Education Action Research, 8(3), 387–397. https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.82439