Penerapan Teknik Mind Maps dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12345Keywords:
Teknik Mind Maps, Keterampilan MenulisAbstract
Menulis menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik selain keterampilan menyimak dan berbicara. Hanya saja kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa masih tergolong rendah dan berada di bawah nilai rata-rata. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan dari untuk meningkatkan keterampilan menulis pada peserta didik kelas VIII SMP melalui teknik mind maps. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni siswa kelas VIII SMP. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa tes kemampuan dasar menulis serta tes kemampuan menulis dengan teknik mind maps. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai keterampilan menulis siklus I yaitu sebesar 65 dan rata-rata nilai keterampilan menulis siklus II yaitu sebesar 80. Dari data hasil belajar tersebut dapat dikatakan bahwa hasil belajar keterampilan menulis pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 15. Dapat disimpulkan bahwa hasil keterampilan menulis meningkat melalui penggunaan teknik mind maps pada siswa kelas VIII-5 SMP.
References
Adeninawaty, D., Soe’oed, R., & Ridhani, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Strategi Think Talk Write dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Menulis Teks Ulasan Kelas VIII SMP. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 75–88. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.11.
Anggraeni, P. R. (2019). Implementasi Kebijakan Literasi Sekolah Guna Peningkatan Karakter Gemar Membaca. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 1(2), 132–142. https://doi.org/10.52483/ijsed.v1i2.12.
Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.35.
Ati, A. P., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2018). Penerapan Metode Picture and Picture untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan Dan SMP Tashfia Kota Bekasi. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30. https://doi.org/10.24269/adi.v2i1.887.
Barus, I. W. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Film Pendek pada Siswa Kelas IX.13 SMP Negeri 2 Singaraja. Journal of Education Action Research, 2(2), 142. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12322.
Cemara, G. A. G., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 359. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895.
Dewi, L. L., & Simbolon, M. E. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Cooperative Script terhadap Keterampilan Menulis Narasi pada Muatan Bahasa Indonesia. Kamboti of Journal Education Research and Development, 2(1), 1–23. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/kamboti/article/view/4464/3359.
Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364.
Erina, E., Triani, S. N., & Oktavia, W. (2018). Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Parafrasa Puisi pada Siswa SMK Negeri 3 Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(1), 6. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i1.448.
Fanita, I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa dengan Menggunakan Mind Mapping pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas XI . IPS . 1 SMAN Sungai Lala. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5911–5916. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1889/1669.
Fitrianita, D., & Ramadhan, S. (2018). Korelasi Keterampilan Memahami Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii SMP Negeri 15 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 55–61. https://doi.org/10.31227/osf.io/e2gda.
Gustina, G. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Model Experiential Learning pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 11–24. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.337.
Harfika, H., Thahir, R., & Hambali, H. (2020). Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Minat Belajar Biologi Konsep Monera Siswa Kelas X SMA. Binomial, 3(1), 61–72. https://doi.org/10.46918/binomial.v3i1.481.
Hasan, H. (2021). Peran Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(4), 169–175. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i4.99.
Henny, A., & Fatmasari, E. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Melalui Permainan Chain Word Flag. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.312.
Huliatunisa, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Teknik Akrostik pada Pembelajaran Tematik. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 121. https://doi.org/10.30997/dt.v7i2.2847.
Latifah, A. Z., Hidayat, H., Mulyani, H., Siti Fatimah, A., & Sholihat, A. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020.
Mukhlifida, N. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Keterampilan Speaking Materi Monolog Descriptive Lisan Sederhana yang Berterima Melalui Model Project Based Learning. Educational : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(1), 153–163. https://doi.org/10.51878/educational.v1i1.103.
Musyafa, N. F. (2020). Penggunaan Model Picture and Picture dalam Pembelajaran Menulis Cerpen. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(1), 37. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.626.
Nugraha, J., MS, Z., & Fuad, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Saintifik dengan Metode Problem Based Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 118–124. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.37.
Paramita, S., & Hartati. (2018). Pengembangan Model Mind Mapping Berbantuan Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Paragraf. Joyful Learning Journal, 7(2). https://doi.org/10.15294/jlj.v7i2.24726.
Purwantiningsih, S. (2019). Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Mengarang Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 3(1), 19–27. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpds/article/view/79/53
Puspitasari, P. I., & Niopani, M. I. (2021). Penggunaan Strategi Please dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis. Indonesian Gender and Society Journal, 1(1), 19. https://doi.org/10.23887/igsj.v1i1.38985.
Ramaniyar, E., & Rosanti, K. (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran the Power of Two terhadap Kemampuan Menulis Resensi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 308. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1009.
Saharah, S., & Indihadi, D. (2019). Penggunaan Teknik Mind Mapping pada Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 9–15. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index.
Sari, K. W. M., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 2(3), 246. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15964.
Sarumaha, F. (2019). Penerapan Model Mind Mapping (Peta Pikiran) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X IPS SMA Kristen Hosana Medan 2018/2019. Asas: Jurnal Sastra, 8(2). https://doi.org/10.24114/ajs.v8i2.15441.
Sholeh, A., Veryliana, V., & Darsimah, D. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Model Picture and Picture di SDN 3 Bangkleyan Kabupaten Blora. Jurnal Paedagogy, 8(3), 454. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3910.
Sholichah, D. N. dkk. (2020). Pengembangan Media Popscrap Book untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi di Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, Volume 08(Nomor 04), 714–726. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35862.
Sing, Kartini, & Saputra. (2021). Penerapan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanation. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 33. https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39584.
Warahmah, M., Mawardi, & Nurasiah. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri dengan Model Mind Mapping (Peta Pikiran) terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 5(1), 67–76. https://doi.org/10.24815/jimps.v5i1.15083.
Widiyanto, S., & Ati, A. P. (2019). Pengaruh Metode Snow Ball Throwing dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Kalimat Argumen Siswa SMK Insan Mulia Kota Bekasi. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 7(November), 36–46. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/1803.