Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Gerakan Literasi Sekolah dengan Pocari dan Puding

Authors

  • Nyoman Sudiana SMPN 6 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.23075

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk meningkatkan minat baca siswa yang sangat rendah. Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 2 Sukasada Kecamatan Sukasada dengan subjek penelitian siswa kelas VII sebanyak 151 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan  angket minat baca siswa yang kemudian dilakukan analisis secara kuantitatif. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah, yang  dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan berdasar tahapan: (1) menyusun rencana kegiatan, (2) melaksanakan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan minat siswa dalam membaca masih rendah. Setelah dilakukan tindakan siklus I minat siswa dalam membaca menjadi meningkat dengan rata-rata skor minat baca siswa 84,85 dengan jumlah siswa yang memiliki minat baca tinggi sebanyak 124 (82,12%) siswa. Hasil tindakan pada siklus II rata-rata skor minat baca siswa meningkat lagi menjadi 93,43 dengan 144 (93,36%) siswa sudah memiliki minat baca yang tinggi. Presentase ketuntasan minat baca pada siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan sehingga disimpulkan bahwa melalui Gerakan Literasi Sekolah dengan pojok baca asri dan perpustakaan dinding di sekolah dapat meningkatkan minat baca siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: literasi, minat baca, pojok baca asri, perpustakaan dinding

References

Akhadiah, Sabarti. 1991. Membaca Sebagai Ketrampilan Dasar, Jakarta : Depdikbud.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penulisan. Yogyakarta: Andi Offset

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah, http://dikdas.kemdikbud.go.id/index.php/desain-induk-gls-kemendikbud/, diunduh pada 2 Januari 2018.

KBBI. 2008. Pusat Bahasa DEPDIKNAS. Jakarta.

Nurhaidah. 2016. Dampak Rendahnya Minat Baca Dikalangan Mahasiswa Pgsd Lampeuneurut Banda Aceh Serta Cara Meningkatkannya . Jurnal Pesona Dasar Vol. 3 No.4, Oktober 2016.

Nasution, Anwar Efendi. 2019. E-Kompen (Elektronik-Komik Pendek) Sebagai Solusi Cerdas Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Indonesia Di Era Digital . Jurnal Iqra’ Volume 13 No.01 Mei 2019

PISA 2012 Result in Focus: What 15 Year Old Know and What They Can do With What They Know. 2014, https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf, diunduh pada 10 Januari 2018.

PISA 2015 Result in Focus. 2016, https://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf, diunduh pada 13 Januari 2018.

Rachman, Abdulah. 1985. Minat Baca Murid Sekolah Dasar di Jawa Timur. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Malang : Depdikbud.

Satgas Gerakan Literasi Sekolah. 2015. Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Tim Penyusun Juknis. 2016. Petunjuk Teknis Kampung Literasi. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan.

Triatma, Ilham Nur. 2016. Minat Baca Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta . E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Vol. V Nomor 6 Tahun 2016

Downloads

Published

2020-02-24

How to Cite

Sudiana, N. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Gerakan Literasi Sekolah dengan Pocari dan Puding. Journal of Education Action Research, 4(1), 10–16. https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.23075