Penerapan Model Pembelajaran Direct Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Food and Beverage pada Kompetensi Menerapkan Teknik Platting dan Garnish
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33340Keywords:
Model Pembelajaran Learning Cycle “5Eâ€, Motivasi Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Berdasarkan hasil observasi kompetensi siswa menerapkan Teknik Platting dan Garnish masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan dengan penggunaan model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar mata pelajaran Food and Beverage pada kompetensi menerapkan Teknik Platting dan Garnish siswa kelas XI Perhotelan 4 setelah diterapkannya model pembelajaran Direct Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 40 siswa. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar Food and Beverage kompetensi Menerapkan Teknik Platting dan Garnish. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data statistik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu 78,08 pada siklus 1 dan 83,38 pada siklus 2 atau dari 37,50% menjadi 92,50%, hal ini menunjukkan peningkatan yang signifikan sebesar 55%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Direct Learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Food and Beverage pada kompetensi menerapkan teknik Platting dan Garnish. Implikasi dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Direct Learning melatih siswa untuk mandiri dan bertanggungjawab serta dapat mengembangkan pengetahuan prosedural (pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu) secara terstruktur dengan baik.
References
Astuti, Y., Sonhadji, A., & Nyoto, A. (2016). Pengembangan Buku Ajar Mata Pelajaran Tata Hidang Paket Keahlian Jasa Boga Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1). https://doi.org/10.17977/jp.v1i1.6603
Damanik, D. P., & Bukit, N. (2013). Analyze Critical Thinking Skills And Scientific Attitude In Physics Learning Used Inquiry Training And Direct Instruction Learning Model. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 16–24. https://doi.org/10.22611/jpf.v2i1.4333
Falentina, U. (2017). Memanfaatkan Metode Kerja Kelompok dalam Model Direct Instruction Untuk Mengoptimalkan Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 8 Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016 DI SMPN 8 Bintan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 131–137. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i2.1176
Febriana, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dengan Pendekatan Dunia Kerja Pada Program D3 Tata Boga. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 36(1), 148–155. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8891
Haryanti, Y. D., Febriyanto, B., & Nuraisyah, I. F. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Direct Instruction Berbantuan Media Bagan Garis Waktu. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 23–41. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1074
Hastari, R. C., Zuhroh, Y. E., Purwanto, P., & Susiana, A. (2020). Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). JURNAL Tadris Matematika, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.1.21-30
Immanuel, F. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Langsung Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII-4 SMPN 1 Namorambe. Jurnal Handayani: Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah Dan Pendidikan Dasar, 6(2), 118–123.
Jamilah, J., Hartono, H., & Susiaty, U. D. (2017). Komparasi Model Penemuan Terbimbing Dan Pembelajaran Langsung Terhadap Kemampuan Pembuktian Matematis. Jurnal Aksioma, 6(2), 218–224. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.962
Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 457–467. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409
Kusumawati, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Dengan Animasi Macromedia Flash Berbasis Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Di Sekolah Dasar. Premiere Educandum, 5(2). https://doi.org/10.25273/pe.v5i02.289
Maarif, M., Fauziah, M., & Fauzi, R. (2020). Effectiveness Of Direct Instruction For Learning Models Improving Batik Skills In Basic School Students In Sanggar Batik Cikadu. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1), 151–158. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7894
Rais, A. A., & Suswanto, H. (2017). Perbandingan Implementasi Model Problem Based Learning Dan Direct Instruction Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8). https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9787
Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan Ipa Ikip Mataram, 6(2), 46–55. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.966
Safarilis, S. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VI SD Negeri 008 Pulau Rumput. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(2), 282–287. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i2.5077
Safputri, E. I., Zainuddin, Z., & Mastuang, M. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Pada Materi Ajar Usaha dan Energi Dengan Metode Problem Posing Dalam Setting Model Pengajaran Langsung Pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 91–98. https://doi.org/10.20527/bipf.v4i2.1032
Saputro, B. (2016). Manajemen Pembelajaran Direct Instruction Dalam Praktikum IPA Sebagai Kunci Keberhasilan Guru IPA Di Laboratorium. Satya Widya, 32(1), 1–10. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i1.p1-10
Sari, K., Setiyowati, E., & Indrawati, S. A. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Cooperative Learning Model Jigsaw Pada Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Pemahamanself Regulated Learning (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI Tata Boga 3 SMK Negeri 30 Jakarta). Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 63–69. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.032.11
Sugiyanto, S., Kartowagiran, B., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Di SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 82–95. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4558
Usman, U. (2014). Penerapan Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyusun Laporan Keuangan di SMK Negeri 1 Tarakan. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(3), 320–326. https://doi.org/10.17977/jph.v1i3.4141
Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932
Wahyuningsih, T., Rezeki, S., & Zetriuslita. (2013). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Matematika, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.24843/JMAT.2013.v03.i02.p35
Wintarti, W. (2017). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran DI (Direct Instruction) Dengan Media Visual Berbantuan Komputer. Premiere Educandum, 7(1), 28–38. https://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1161
Yanti, W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 15 Kota Takengon Tahun Pelajaran 2018-2019. Biotik: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 7(2), 115–120. https://doi.org/10.22373/biotik.v7i2.5652