Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV

Authors

  • Ni Ketut Yuni Sri Sudewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Dewa Ayu Puteri Handayani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77917

Keywords:

Model Collaborative Creativity, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPAS disebakan karena pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurangnya kolaborasi siswa. Kurangnya kolaborasi siswa sehingga pembelajaran menjadi pasif dan monoton. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV. Model CC terdiri dari lima tahapan yaitu: identifikasi masalah, eksplorasi ide kreatif, collaborative creativity, elaborasi ide kreatif dan evaluasi proses beserta hasil pembelajaran. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). pada kelas eksperimen 32 siswa dan kelas kontrol 27 siswa. Penerapan model CC pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. hasil pengujian hipotesis diperoleh model CC dapat meningkatkan hasil belajar IPAS Siswa Kelas IV. Disimpulkan bahwa model CC efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dikarena pembelajaran melibatkan siswa secara langsung sehingga siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran menjadi lebih bermakna.

References

Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3023.

Agustiawan, H., & Irawati, H. (2021). Studi Literatur Pengaruh Group Investigation terhadap Berpikir Kritis dan Aktivitas Lisan Siswa. Bioeduca: Journal of Biology Education, 3(1), 20–36. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i1.6625.

Alfira, D., Delyana, H., Melisa, M., & Rahmi, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Creativity ( CC ) Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IX SMPN 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Konstanta (JUrnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan ALam), 1(3), 21–24. https://doi.org/10.59581/konstanta.v1i3.980.

Asari, S., Pratiwi, S. D., Ariza, T. F., Indapratiwi, H., Putriningtyas, C. A., Vebriyanti, F., … Rahim, A. R. (2021). PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan). DedikasiMU : Journal of Community Service, 3(4), 1139. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3249.

Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688.

Astutik, S., & Maknuniyah, L. (2022). The Effect of Cosheet Strategy-Based on Collaborative Creativity Learning on Energy Literation Ability and Physics Learning Outcome. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 11(2), 180–192. https://doi.org/10.26740/jpps.v11n2.p180-192.

Astutik, S., Wicaksono, I., & others. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity (Cc) Terhadap Kemampuan Literasi Energi Pada Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2), 87–93. https://doi.org/10.19184/jpf.v8i2.11669.

Aswin, A., Ariesmansyah, A., & Indrianie, M. (2022). Collaborative Governance Model in the Development Center of Economic Empowerment and Community Creativity in Bandung City. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(5), 1189–1208. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i5.1071.

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.

Azizah, M., Hasan, M. S., Budiyono, A., & Sirojuddin, A. (2024). Pelatihan Metode Pembelajaran Aktif, Inovatif dan Menyenangkan untuk Guru MI Bahrul Ulum Nataan Gedong Boyountung Lamongan. An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 39–48. https://doi.org/10.54437/annafah.v2i1.1500.

Azmi, D. T. U., Astutik, S., & Subiki. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (Cc) Berbasis Scaffolding Terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Fisika Siswa Sma. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1833–1843. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1833-1843.

Berlian. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan., 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46.

Fitriyanti, F., Laras, I. S., Khasanah, K., Anita, I. D., & Rahmawati, F. (2021). Implementasi Metode Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Statistika Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C (Critical And Problem Solving Skills, Collaboration Skills, Communication Skills, And Creativity And Innovation Skills) Pada Siswa Kelas XI. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 249–259. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.115.

Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619.

I. Zulianti, & S.A. Bowo. (2023). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Motivasi Belajar Dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v12i1.2231.

Ika Nur Laela, Nurlatifah, M., Atika, N. Z., W, R. S. E., & Septiana, U. (2024). Penerapan Model Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(1), 94–105. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i1.2710.

Irvan, Basit, L., Maulana, H., Nasution, M. R., & Wahyudi, R. (2021). Google Workspace for Education untuk Pebelajaran Berbasis ICT di Sekolah Muhammadiyah Kota Binjai. JURNAL PRODIKMAS, 6(2), 157–162. https://doi.org/10.30596/jp.v6i2.8549.

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963.

Kembara, M. D., Rozak, R. W. A., & Hadian, V. A. (2019). Research-based Lectures to Improve Students’ 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, and Creativity) Skills, 306(Isseh 2018), 22–26. https://doi.org/10.2991/isseh-18.2019.6.

Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Krulik dan Rudnick: Analisis Validitas Konten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 326–339. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1761.

Maivi, C., & Erita, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1188–1198. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.418.

Malik, A., Prihatini, S., & Agustina, R. D. (2023). Study on Collaborative Creativity Learning Models and Gender on Students’ Creative Thinking Skills. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 9(1), 91–102. https://doi.org/10.21009/1.09109.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126.

Murtiyasa, B., & Hayuningtyas, W. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Kooperatif Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 358–368. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2765.

Muzakki, N. A., Sudargo, F., & Nurjhani, M. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Collaborative Creativity Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(3), 19. https://doi.org/10.24114/jpb.v9i3.20034.

Nurmi, N., Yunita, A., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi ICT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1018. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3190.

Putra, W. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 174. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Salsabila, R. T., & Delyana, H. (2023). Model Pembelajaran Collaborative Creativity dalam Mengoptimalkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 251–264. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.2974.

Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., & Imawati, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 84–90. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.127.

Septarianto, M. F., Astutik, S., Kurnianto, F. A., Kantun, S., & Pangastuti, E. I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborrative Creativity (CC) Berbasis Daring & Luring Terhadap Kemampuan Kolaboratif Ilmiah dan Hasil Belajar Geografi Siswa. Majalah Pembelajaran Geografi, 5(2), 69. https://doi.org/10.19184/pgeo.v5i2.33138.

Sihotang, H. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. Pusat Penerbitan dan Pencetakan Buku Perguruan Tinggi Universitas Kristen Indonesia Jakarta.

Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2). https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952.

Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The influence of 4C (constructive, critical, creativity, collaborative) learning model on students’ learning outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873–892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a.

Suryandewi, N. W. R., & Suniasih, N. W. (2022). Buku Cerita Bergambar Dwibahasa Bali-Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Pembelajaran Bahasa Bali Materi Satua Bali Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 84–93. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.44585.

Suryani, F., Melisa, & Delyana, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Untuk Mengoptimalkan Keterampilan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Pada Pembelajaran Matematika Di SMPN 2 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Konstanta (JUrnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan ALam), 1(3), 102–108. https://doi.org/10.59581/konstanta.v1i3.986.

Tristanti, D. D. T., Supriadi, B., & Prastowo, S. H. B. (2022). Pengaruh Model Collaborative Creativity Berbantuan Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 293. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.9516.

Wahyudi, S. A., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1105–1113. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296.

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C Di Sekolah Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197. https://doi.org/10.36835/modeling.v7i2.665.

Winangsih, E., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 452–461. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4433.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Ni Ketut Yuni Sri Sudewi, & Dewa Ayu Puteri Handayani. (2024). Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV. Journal of Education Action Research, 8(2), 247–253. https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77917

Issue

Section

Artikel