Penerapan Model Cooperatif Learning dengan Teknik Bermain Peran (Role Play) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa pada Materi “Too Big and Small Enough” dan “Upcoming Events”

Penulis

  • I Wayan Sutena SMA Negeri 1 Tegallalang, Gianyar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.53732

Kata Kunci:

Cooperative Learning, Bermain Peran (Role Play), Aktivitas, Hasil Belajar

Abstrak

Penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat berpengrauh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa yang cenderung rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan Model Cooperatif Learning dengan teknik bermain peran (role play) dalam pembelajaran Bahasa Inggris Pada Materi “Too Big And Small Enough” dan “Upcoming Events”. Subjek penelitian berjumlah 36 orang. Objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data aktivitas belajar siswa direkam dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar diperoleh dengan menggunakan tes di setiap akhir siklus. Data yang terkumpul di analisis menggunakan metode analisis deskriptif. Dari data hasil observasi pada siklus pertama dan kedua diperoleh aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13.78%. Data hasil belajar dari siklus pertama ke siklus kedua juga mengalami peningkatan sebesar 8.33%. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar ini bisa terjadi mengingat penerapan model cooperatif learning dengan teknik bermain peran (role play) menuntun siswa untuk bekerja sama dalam kelompok dalam melakukan peran sehingga menemukan konsep baru. Dengan demikian melalui penerapan model pembelajaran cooperatif learning dengan teknik bermain peran (role play) dalam pembelajaran merupakan strategi alternatif yang efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Referensi

Ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020). Aplikasi M-Learning Sebagai Media Pembelajaran Conversation Pada Homey English. Sistemasi, 9(3), 493. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884.

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702.

Damayanti, K. D., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android dalam Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Siswa Kelas VI. Mimbar Ilmu, 27(1), 81–89. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.46132.

Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26388.

Fitriani, D., & Nurafni. (2021). Dampak Model Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 492–499. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.38287.

Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823–834. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310.

Hotmaria. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris pada Materi Pengandaian Diikuti Perintah/Saran Menggunakan Strategi Pembelajaran Three Step Interview. Jear: Journal of Educational Action Research, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31558.

Isnaini, I. (2021). Penerapan Bermain Peran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Membaca. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2). https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.28.

Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160.

Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331.

Marlia, S., Fauziana Ridwan, A., & Priatna, A. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Kelas V. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.72.

Ni Nyoman Wirati. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Penanganan Barang Bawaan Tamu Melalui Model Cooperatif Learning dengan Teknik Bermain Peran (Role Play). Jear: Journal of Educational Action Research, 4(4), 400–406. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28505.

Noge, M. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Berbasis E-Flashcard Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Smp. Journal of Education Technology, 2(1), 13. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13801.

Nuraini, L. (2019). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Sd/Mi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873.

Purbiyanti, E. D., Wasino, W., & Nuryatin, A. (2017). Keefektivan Penerapan Model Role Playing dan Paired Storytelling terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS. Journal of Primary Education, 6(1), 57–64. https://doi.org/10.15294/JPE.V6I1.14597.

Puspitaningrum, J. I., Untari, M. F. A., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Mimbar PGSD Undikhsa, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.20985.

Puspitasari. (2018). Metode Pembelajaran Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 55–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v1i1.347.

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954.

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938.

Saputra, B. R. (2019). Strategi Pendekatan Peran Sebagai Pemimpin Dan Keluarga Yang Diterapkan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Komitmen Kerja Guru Di Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 122–129. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p122-129.

Sedana Putra, I. G. A., & Semara Putra, D. K. N. (2021). Komik Pendidikan Berorientasi Children Learning in Science Pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 81. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32434.

Simaremare, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bergambar Pada Materi “Teks Percakapan” Pada Siswa Kelas V SD ST. Yoseph Medan. Edukasi Kultura : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(2). https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.11771.

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620.

Wahyuni, I., Slameto, & Setyaningtyas, E. W. (2018). Penerapan Model PBL Berbantuan Role Playing untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 356–363. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16152.

Widyari, I. A. M., Ganing, N. N., & Asri, I. G. A. A. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Teks Dialog Terhadap Kompetensi Keterampilan Berbicara Dalam Bahasa Indonesia. Mimbar Ilmu, 23(2), 95–103. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16415.

Yulianto, M., & Putri, D. A. P. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(02), 143–148. https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088.

Zephisius Rudiyanto Eso Ntelok. (2021). Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.861.

Diterbitkan

2023-04-11

Cara Mengutip

I Wayan Sutena. (2023). Penerapan Model Cooperatif Learning dengan Teknik Bermain Peran (Role Play) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa pada Materi “Too Big and Small Enough” dan “Upcoming Events”. Journal of Education Action Reseach, 7(1), 85–92. https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.53732

Terbitan

Bagian

Artikel