Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas II Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.67011Kata Kunci:
Jigsaw, Kemampuan Berpikir Kritis, Sekolah DasarAbstrak
Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan. Oleh sebab itu, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis penerapan model jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas II sekolah dasar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II jumlah siswa 23, Jumlah Laki-laki 13 dan perempuan 10. Metode penghumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas melibatkan pengamatan dan penelitian setiap langkah dari persiapan hingga kegiatan akhir. Selanjutnya, keberhasilan penelitian diuji dengan membandingkan hasil pengolahan data dengan indikator keberhasilan antara tes siklus I dan siklus II. Hasil analisis data ini akan digunakan untuk menilai keefektifan model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada tingkat berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah dilakukan penelitian tindakan. Setiap siklus pembelajaran menunjukkan perbaikan yang berarti dalam kemampuan berpikir peserta didik, menandakan keberhasilan model pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan aspek tersebut secara positif. Dengan demikian, hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran yang diterapkan efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir hingga peserta didik selama proses pembelajaran.
Referensi
Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5e) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792
Almukarram, Sarong, M. A., & Apriana, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 12 Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 4(1), 8. https://doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1066. DOI: https://doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1066
Amalia, N. N., & Kamaludin, A. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran L-Bond Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 7(2), 93. https://doi.org/10.26714/jps.7.2.2019.1-8. DOI: https://doi.org/10.26714/jps.7.2.2019.1-8
Andersen, T., & Watkins, K. (2018). The value of peer mentorship as an educational strategy in nursing. Journal of Nursing Education, 57(4), 217–224. https://doi.org/10.3928/01484834-20180322-05. DOI: https://doi.org/10.3928/01484834-20180322-05
Ardaya, D. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 72–83. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9065.
Atiek, G. A. M., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas Iv Semester Ii Sd No. 1 Baktiseraga. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1281.
Dewi, I. A. P. Y. P., Yudana, I. M., & Sanjaya, D. B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Sosial dalam Mata Pelajaran PPKn PADA Siswa Kelas VIIIB di Smp Negeri 5 Singaraja. Jurnal Media Komunikasi, 2, 218–226.
Fadliyani, F., Muhibbuddin, M., & Sarong, M. A. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(1), 17. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.230. DOI: https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.230
Gabriele, K. M., Holthaus, R. M., & Boulet, J. R. (2016). Usefulness of Video-Assisted Peer Mentor Feedback in Undergraduate Nursing Education. Clinical Simulation in Nursing, 12(8), 337–345. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2016.03.004. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ecns.2016.03.004
Hajizah, H. (2018). Meningkatkan hasil belajar biologi melalui penerapan teknik jigsaw pada kelas xii ipa 4 sman 1 cikarang pusat. Proceeding of Biology Education, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/pbe.1-1.7. DOI: https://doi.org/10.21009/pbe.1-1.7
Han, J.-S., Baek, H. C., & Jeong, A.-S. (2015). The Effects of Psychiatric Nursing Simulation on Anxiety and Self-confidence about Clinical Placement of Nursing Students. Journal of the Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 16(11), 7812–7819. https://doi.org/10.5762/kais.2015.16.11.7812. DOI: https://doi.org/10.5762/KAIS.2015.16.11.7812
Hart, C., Da Costa, C., D’Souza, D., Kimpton, A., & Ljbusic, J. (2021). Exploring higher education students’ critical thinking skills through content analysis. Thinking Skills and Creativity, 41(May), 100877. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100877. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100877
Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596
Houseal, A. K., Abd-El-Khalick, F., & Destefano, L. (2014). Impact of a student-teacher-scientist partnership on students’ and teachers’ content knowledge, attitudes toward science, and pedagogical practices. Journal of Research in Science Teaching, 51(1), 84–115. https://doi.org/10.1002/tea.21126. DOI: https://doi.org/10.1002/tea.21126
Isa, M., Khaldun, I., & Halim, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 213–223. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9696. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9696
Kurniawati, K. R. A., Budiyono, & Saputro, D. R. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Numbered Heads Together Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3948.15-28. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3948.15-28
Marfuah, M. (2017). Improving Students’ Communications Skills Through Cooperative Learning Models Type Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 148. https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.8313. DOI: https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.8313
Nahdi, D. S., Devi, A. Y., & Nurul, F. . (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050
Nurmaliah, N., Ilyas, S., & Apriana, E. (2018). Penggunaan Metode Karyawisata Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Biotik: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.231. DOI: https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.231
Odebiyi, O. M., & Odebiyi, A. T. (2021). Critical thinking in social contexts: A trajectory analysis of states’ K-5 social studies content standards. Journal of Social Studies Research, 45(4), 277–288. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2021.05.002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jssr.2021.05.002
Oh, E. (2019). Research on the effective of peer instruction and students’ involvement. Asia-Pacific of Multimedia Services Convergent with Art Humanities, and Sociology, 33, 199–208. https://doi.org/10.35873/ajmahs. DOI: https://doi.org/10.35873/ajmahs
Polat, Ö., & Aydın, E. (2020). The effect of mind mapping on young children’s critical thinking skills. Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100743. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100743
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Putra, I. B. P. A., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 80. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17215. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17215
Rahmawati, Y. (2019). Developing critical and creative thinking skills through STEAM integration in chemistry learning. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1156/1/012033. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1156/1/012033
Rofifah, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Pserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 232–243. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1789. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1789
Sadhu, S., & Wijayanti, E. (2018). Development and Validation of an Integrated Assessment for Measuring Critical Thinking and Chemical Literacy in Chemical Equilibrium. International Journal of Instruction, 11(3), 557–572. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11338a. DOI: https://doi.org/10.12973/iji.2018.11338a
Saparuddin, S., Patongai, D. D. P. U. S., & Sahribulan, S. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal IPA Terpadu, 5(1), 103–111. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.25502. DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.25502
Seibert, S. A. (2020). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z’s critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 000, 2–5. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002
Silberman, D., Carpenter, R., Takemoto, J. K., & Coyne, L. (2021). The impact of team-based learning on the critical thinking skills of pharmacy students. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 13(2), 116–121. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2020.09.008. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cptl.2020.09.008
Stone, R., Cooper, S., & Cant, R. (2013). The Value of Peer Learning in Undergraduate Nursing Education: A Systematic Review. ISRN Nursing, 2013(i), 1–10. https://doi.org/10.1155/2013/930901. DOI: https://doi.org/10.1155/2013/930901
Syarifuddin, A. (2011). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran. Ta’dib : Journal of Islamic Education, 16(02), 209–226. https://doi.org/10.19109/tjie.v16i02.61.
Taimur, S., & Sattar, H. (2018). Education for Sustainable Development and Critical Thinking Competency. Springer Nature Switzerland AG, (September), 1–11. https://doi.org/10.1007/978-3-319-69902-8_64-1. DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-319-69902-8_64-1
Trimahesri, I., & Hardini, A. T. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education. Pendidikan Tambusai, 2(2), 621–631.
Wardani, N. K. T., & Wiyasa, I. K. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Catur Paramitha Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 25. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24358. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24358
Wati, M., & Anggraini, W. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 98–106. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3976. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3976
Wina, S. (2011). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Jakarta: Kencana.
Youllanda, W., Medriati, R., & Swistoro, E. (2020). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 191–198. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.191-198. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.191-198
Zhuang, K., Yang, W., Li, Y., Zhang, J., Chen, Q., Meng, J., … Qiu, J. (2021). Connectome-based Evidence for Creative Thinking as an Emergent Property of Ordinary Cognitive Operations. NeuroImage, 227(December), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2020.117632. DOI: https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2020.117632
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Desi Yuliana B R Kafiar, Salman Alparis Sormin, Since Lince Betaubun
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.