Metode Hypnoteaching Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Ni Luh Putu Libriana Lisna Dewara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.77257

Kata Kunci:

Metode hypnoteaching, keterampilan membaca, sekolah dasar

Abstrak

Masih banyak siswa yang kurang menyukai kegiatan membaca. Hal ini disebabkan karena siswa menganggap membaca adalah kegiatan yang membosankan sehingga berdampak pada keterampilan membaca siswa yang rendah. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis Metode Hypnoteaching dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode kuantitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu eksperimen Semu (Quasi Experimental Desain). Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 107 siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan teknik Random Sampling dengan jumlah sampel yaitu 42 siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu metode observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu soal tes. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh metode hypnoteaching terhadap keterampilan membaca siswa. Dapat disimpulkan bahwa metode hypnoteaching dapat meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas IV sekolah dasar. Implikasi penelitian ini yaitu penerapan metode hypnoteaching dalam pembelajaran dapat meningkatkan suasana belajar dan keterampilan membaca pada siswa.

Referensi

Abuhaer, H., Haryanto, & Muliaty, A. (2021). Using Hypnoteaching Method to Improve Learning Motivation and Speaking Skill of The Students of SMAN 3 Pangkajene. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 9(2), 66–72. https://doi.org/10.33506/jq.v9i2.974.

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24.

Amalia, N., Ermawati, D., & Kuryanto, M. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Hypnoteaching terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2148–2155. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.685.

Amil, A. J., Setyawan, A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Berbasis Android Pokok Pembahasan Legenda Desa-Desa Di Madura Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Smp Negeri Se-Kabupaten Bangkalan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2). https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.8628.

Apriani, W. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SDN 3 Ketapang Raya. Journal of Classroom Action Research, 4(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2605.

Apriliana, A. C., & Berlianti, R. P. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Directed Reading Thingking Activity (Drta) Pada Siswa Kelas V Sdn Gudangkopi Ii Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1). https://doi.org/10.23969/jp.v3i1.1027.

Aprita, N., & Kurniah, N. (2021). Pengembangan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Pada Anak Kelompok A PAUD Kota Bengkulu). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 50–63. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18368.

Ardiya, A., & Syahfutra, W. (2021). The Implementation of Hypnoteaching Method in Increasing Motivation to Learn English for Senior High School in Pekanbaru. ELT-Lectura, 8(1), 56–64. https://doi.org/10.31849/elt.

Dinasty, A., Suryawan, I. P. P., & Sugiarta, I. M. (2021). Efektivitas Penerapan Metode Hypnoteaching terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. Prisma, 10(1), 30. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1302.

Fauziah, H., & Hidayat, M. T. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Belajar ”Ayo Belajar Membaca” dan ”Marbel Membaca” pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4825–4832. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2944.

Fitri, M., & Afnita. (2020). Korelasi keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 26(2), 77–81. https://doi.org/10.24114/jpbp.v26i2.17925.

Fitriana, I. N., Tahir, M., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Macromedia Flash Sebagai Bentuk Penguatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 476–481. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.275.

Habibah, L. C., & Muftianti, A. (2020). Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Narasi Pada Siswa Kelas V Sd Dengan Menggunakan Metode SQ3R. Journal of Elementary Education, 3(6), 327–334. https://doi.org/10.22460/collase.v3i6.4659.

Halawa, N., Ramadhan, S., & Gani, E. (2020). Kontribusi Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi Khatulistiwa, 3(1), 27. https://doi.org/10.26418/ekha.v2i2.32786.

Hartati, Y., Dewi, N. K., & Affandi, L. H. (2022). Pengembangan Media Big Book Berbasis Cerita Rakyat Lombok Batu Golog Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV di SDN Kumbak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2094–2104. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.899.

Hasbullah, & Rahmawati, E. Y. (2015). Pengaruh Penerapan Mmetode Hypnoteaching terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Formatif, 5(1), 83–90. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.163.

Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103.

Hisbullah, N., S., A., & Rahman, A. (2022). Construction And Validity Of The Hypnoteaching-Based Learning Model: A Development Study In Elementary Schools. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 1101–1114. https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4796.

Irma Sari, E., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 74–82. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.847.

Isma, C. N., Rohman, N., & Istiningsih. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Minat Baca Siswa Kelas 4 di MIN 13 Nagan Raya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7932–7940.

Isnawati, P. (2020). Inovasi Aspek Keterampilan Menulis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Hypnoteaching. JURNAL KARAKTER (Kajian Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 2615–322.

Kusuma, & Cakra, B. (2022). The influence of online-based hypnoteaching methods on the biology learning outcomes of students in class XI. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jipi.v8i1.46155.

Lestari, E. Y., Shinta, D., Susilo, J., & Khoirulloh. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Komik Edukasi Bermuatan Budaya Jawa dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2815–2822. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2503.

Lutfiyatun, E. (2023). Hypnoteaching dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Alsina : Journal of Arabic Studies, 5(1), 1–28. https://doi.org/10.21580/alsina.5.1.18277.

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361.

Mardhiah, M., Suaidah, I., & Kamal, S. I. M. (2020). Inovasi Manajemen Pembelajaran Melalui Model Hypnoteachingdalam Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Pemulung Di Kota Makassar. Muslim Heritage, 5(2), 323. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v5i2.2302.

Marliana, L., & Subrata, H. (2023). Keefektifan Penggunaan Media Komik Digital Dalam Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JPSD, 11(6), 1274–1283. https://doi.org/10.60004/edupedika.v1i1.1.

Maros, H., & Juniar, S. (2017). Model Induktif Kata Bergambar Berbasis Hypnoteaching Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Nyaring. RIKSA BAHASA Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pembelajarannya, 3(1), 137. https://doi.org/10.17509/rb.v3i1.12287.g8638.

Muhtadi, & Sholekhudin, M. (2019). Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Asrama Al-Falah Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang. Jurnal Sumbula, 4(1).

Murtiningsih, L. (2018). Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Kusuma. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (online), 7(40).

Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tamb, 4, 1037–1048. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.567.

Novianti, I., & Mulyaning, E. C. (2020). Increasing mathematical understanding ability using quantum teaching hypnoteaching-based in elementary school teacher education students. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012090.

Pebriana, P. H. (2018). Penerapan Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Anak Pada Siswa Kelas III SDN 030 Bagan Jaya. Jurnal Basicedu, 2(1), 148–153. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.36.

Raditya, W. A. (2016). Hubungan Minat Baca Dengan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V SD Gugus III Seyegan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (online), 5.

Rusmono, & Alghazali, M. I. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269–282. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13386.

Sari, N. E., Maruti, E. S., Fitriyani, D., & Ayuningrum, A. D. (2021). Penguatan Kecerdasan Finansial Anak Di Masa Pandemi Dengan Glass Bank. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.25273/dedukasi.v1i2.10982.

Sumantri, M., Sudana, D. N., & Adnyana, E. Y. (2017). Penerapan Media Gambar Dan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan. Internasional Journal of Elementary Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11433.

Syahid, S. N. L., Maula, L. H., Nurmeta, I. K., Sulastri, A., & Ruslani, R. (2022). Meningkatkan kemampuan Membaca Nyaring Siswa SD melalui Media Pembelajaran Diorama Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3076.

Wiguna, I. B. A. A. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Hypnoteaching Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 4(2), 66. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.13006.

Yudasmini, N. M., Marhaeni, A. A. I. N., Jampel, N., Studi, P., Pendidikan, E., & Pascasarjana, P. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Circ ( Cooperative Integrated Reading And Composition ) Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Memahami Bacaan Gugus Buruan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jpepi.v5i1.1578.

Diterbitkan

2024-04-29

Cara Mengutip

Ni Luh Putu Libriana Lisna Dewara, Desak Putu Parmiti, & Putu Nanci Riastini. (2024). Metode Hypnoteaching Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Action Reseach, 8(1), 179–186. https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.77257

Terbitan

Bagian

Artikel