Media Game Edukasi Membaca Permulaan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar
Kata Kunci:
Game Edukasi, Membaca Permulaan, PengembanganAbstrak
Siswa kesulitan dalam membaca permulaan. Permasalahan ini berdampak buruk pada kemampuan membaca siswa. Rendahnya tingkat membaca di kelas I mengakibatkan proses pembelajaran tidak berjalan maksimal. Hal ini karena guru tidak menggunakan media yang menyenangkan dalam membelajarkan membaca permulaan bagi siswa. Selain itu, kecanduan terhadap internet khususnya game online memberikan dampak negatif seperti kegagalan dalam pendidikan Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas game edukasi terhadap motivasi belajar membaca permulaan siswa kelas I SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba produk hasil penelitian ini yakni siswa kelas 1 sebanyak 24 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode non tes berbentuk kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa meningkat setelah belajar membaca permulaan menggunakan media game edukasi. Implikasi dari penelitian ini siswa dapat belajar materi belajar huruf dan angka melaui game yang sederhana dan interaktif, serta proses belajar siswa menjadi lebih efektif, dan berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu, dapat memotivasi guru alam mengembangkan media yang bermakna dan inovatif.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ni Putu Diah Setiarini, I Gede Margunayasa, Ni Wayan Rati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.