Video Pembelajaran Dwi Bahasa untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Muatan IPAS Pokok Bahasan Cahaya di Sekolah Dasar

Authors

  • I Ketut Suma Adi Putra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Dewa Gede Firstia Wirabrata Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.77537

Keywords:

Pengembangan, Media, IPAS

Abstract

Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik di SD. Hal ini disebabkan oleh guru yang jarang menggunakan teknologi selama proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu menghasilkan rancang bangun media video pembelajaran dwi bahasa. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriftif kuantitatif dan kualitatif. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah media video pembelajaran dwi bahasa dengan topik cahaya dan sifatnya kelas V. Hasil penelitian menunjukan bahwa media video pembelajaran dwi bahasa yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,95 dengan kualifikasi validitas isi tinggi. Materi pada media video pembelajaran dwi bahasa yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,95 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, tingkat pencapaian respon guru terhadap media video pembelajaran dwi bahasa 95% dengan kualifikasi sangat baik.  Hasil uji-t menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar kelas V sebelum dan setelah belajar dengan menggunakan media video pembelajaran dwi bahasa. Disimpulkan bahwa, media video pembelajaran dwi bahasa efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V SD. Implikasi penelitian ini yaitu, video pembelajaran dwi bahasa dapat membantu guru dalam proses pembelajaran.

References

Afriana, S., & Prastowo, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran E-Comic dalam Menumbuhkan Motivasi dan Antusiasme Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidi.kan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), 41. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i1.11089.

Afrilia, L., Neviyarni, A., D., & Amini, R. (2022a). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 710–721. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2559.

Afrilia, L., Neviyarni, A., D., & Amini, R. (2022b). Efektivitas media pembelajaran berbasis video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas iv sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 710–721. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2559.

Ahmad Rijali. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 91–94. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Anggraini, S., & Sukartono, S. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5287–5294. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3071.

Apriliani, M. A., Maksum, A., Wardhani, P. A., Yuniar, S., & Setyowati, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 129. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.129-145.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57.

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Amalina, N. (2019). Analisis Hubungan Kompetensi Bahasa Indonesia Terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 1. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.2832.

Ayuka, F., Pradana, P., Universitas, M., & Wacana, K. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Disiplin Menggunakan Skala Likert Dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(ue 1).

Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097.

Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387.

Fuadi, H., Melita, A. S., Siswadi, S., Jamaluddin, J., & Syukur, A. (2021). Inovasi LKPD dengan Desains Digital Sebagai Media Pembelajaran IPA di SMPN 7 Mataram pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 167–174. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.184.

Gea, D., & Lase, F. (2024). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok , Kemampuan Berinteraksi Sosial , Kontrol Diri dan Peningkatan Kualitas Kegiatan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dalam Belajar. Journal On Education, 06(03), 16383–16396. https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5518.

Hapsari, & zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237.

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022.

Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. JUrnal Pendidikan Kewarganegaraan Undika, 8(2), 157–167.

Hidayat, T., Rizal, A. S., Abdussalam, A., & Istianah, I. (2020). Techniques and Steps of Islamic Education Learning Development: Integration of Islamic Values in Learning. Halaqa: Islamic Education Journal, 7(2), 83–91. https://doi.org/10.21070/halaqa.v7i2.1630.

Kasturi, L. I., Istiningsih, S., & Tahir, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V SDN 2 Batujai. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 116–122. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.432.

Khasana, I. N., Parmiti, D. P., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan Media Monopoli Dengan Model Hannafin Dan Peck Mata Pelajaran IPS Di SD Mutiara Singaraja. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, 6(2), 205–214. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20292.

Kuncoro, I. A., & Hidayati, Y. M. (2021). Learning Videos Increase Students’ Cognitive Learning Outcomes on Animal Life Cycle Materials. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 299. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.34107.

Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119.

Lestari, K. P., Putra, D. K. N. S., & Negara, I. G. A. O. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual dalam Setting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA Mahasiswa PGSD Undiksha UPP Denpasar Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 40–45. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13898.

Maharputrananda, T. K., Cahyana, C., Studi, P., Vokasional, P., Kuliner, S., Teknik, F., & Jakarta, U. N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Video Klip Pembuatan Mock Up. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 115–118. https://doi.org/10.24114/jtp.v13i2.18446.

Mansur, & Loli, M. P. P. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Dengan Model Guide Note Taking di SMP San Karlos Habi. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 10(1), 21–28. https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i1.3990.

Mertasari, P. S., & Ganing, N. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ekosistem Muatan Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 10, 288–298. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.

Naila Muna, K., & Wardhana, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Model ADDIE pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Perkenalan Diri dan Keluarga untuk Kelas 1 SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 175–183. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p175-183.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Sidik, G. S. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng Di Era Digital. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 78. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10867.

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.

Prisila, E., Riska, N., & Kandriasari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Panduan Praktikum Sequence Of Service Pada Mata Kuliah Tata Hidang. Risenologi: Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, dan Bahasa, 6(2), 9–16. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2021.62.182.

Pujiastuti, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial ) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sekardoja Mengenai Perubahan Wujud Zat. Jurnal Penelitian Guru, 1(2), 56–65.

Putri, N. N., Alvira, S., Nurjanah, J. I., Umairoh, U., & Rostika, D. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Perbandingan dan Skala. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(1), 88–100. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2459.

Putri, S. F. E., Abidin, Z., Ramadhanintyas, K. N., & Ratnawati, R. (2021). Pengaruh Pendampingan Keluarga Terhadap Kecemasan Belajar Anak pada Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 1(1), 143–158. https://doi.org/10.53754/edusia.v1i1.116.

Rasyid, H., & Islamia, I. N. (2021). Pengaruh media audio visual (video) terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran ips smp/mts di kecamatan tajinan. SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(2), 77–86. https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v2i2.568.

Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221.

Sari, W. N., Gustanu, P., Suprayitno, M., Etriya, R., & Aprilia, C. A. (2022). Penerapan Video Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Kelas V SD N Pulorejo 02. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2795–2800. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.744.

Setiari, I., & Galuh, U. (2024). Sikap bahasa siswa sekolah menengah kejuruan negeri 1 cipaku kabupaten ciamis terhadap kemampuan berbahasa indonesia. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 8(1), 68–83.

Sijabat, O. P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Profil Pelajar Pancasila Kelas V Sd Negeri 125138 Pematangsiantar. Pande Nami Jurnal, 2(1), 01–09.

Simamora, A. H., Jampel, N., & Tegeh, I. M. (2022). E-Book Berdasarkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 64–74. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46353.

Susanti, B. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Scribe Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Pinang. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 387–396. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.399.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.

Wiranata, R. A., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Materi Masalah Sosial Kelas IV SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 30. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31926.

Wulandari, T. A. J., Sibuea, A. M., & Siagian, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(1), 75–86. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i1.12524.

Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (RnD) dalam Bimbingan dan Konseling. Quanta, 5(3). https://doi.org/10.22460/q.v5i3p111-118.3051.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

I Ketut Suma Adi Putra, Ni Wayan Rati, & Dewa Gede Firstia Wirabrata. (2024). Video Pembelajaran Dwi Bahasa untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Muatan IPAS Pokok Bahasan Cahaya di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 8(1), 160–168. https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.77537