PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BILINGUAL PREVIEW-REVIEW BERBASIS E-FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13801Keywords:
Bilingual Preview-Review, E-Flashcard, aktivitas belajar, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa Inggris siswa SMP. Secara spesifik, penelitian ini fokus untuk: (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa SMP dengan menerapkan model pembelajaran Bilingual Preview-Review berbasis E-Flashcard dan (2) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa SMP dengan menerapkan model pembelajaran Bilingual Preview-Review berbasis E-Flashcard. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemis dan Mc Taggart (Kusuma dan Dwitagama, 2010: 20). Penelitian ini dilaksanakan di SMPS Yos Soedarso Jerebuu kelas VIII. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar berupa lembar observasi dan prestasi belajar berupa tes lisan. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran Bilingual Preview-Review berbasis E-Flashcard dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yakni pada siklus I dengan rata-rata aktivitas siklus I yaitu 12 berada pada kategori tidak aktif, persentase aktivitas 48%,dan rata-rata aktivitas belajar siklus II 21, berada pada kategori sangat aktif; (2) model pembelajaran Bilingual Preview-Review berbasis E-Flashcard dapat meningkatkan hasil belajar siswa yakni pada siklus I prestasi belajar memperoleh rata-rata sebesar 53,06 berada pada kategori cukup, persentase 53,06%, ketuntasan klasikal 33,33% dan siklus II rata-rata prestasi belajar 81,11, ketuntasan klasikal 83,33%. Berdasarkan temuan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Bilingual Preview-Review berbasis E-Flashcard dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa.
References
Aliponga, J. & Johnston, C.C. (2013). Benefits of Using Vocbulary Flash Cards in an EFL Classroom. Summary of Research, 14, 1-6
Arnyana, I. B. Putu. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Dipandu Strategi STAD dalam Pembelajaran Sains di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, No 2 TH.XXXXI.
Cohen, A. D. and Swain, M. 1976. Bilingual education: The Immersion Model in the North AMERICAN context. TESOL Quartenly. 10(1). 45-53.
Harry. 2008. Pembelajaran Matematika dan IPA dalam Bahasa Inggris di SMP. Artikel.Tersedia pada http://203.130.242.190/artikel/105. Artikel ini diakses pada tanggal 16 September 2016.
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/viewFile/10080/6416
Krcelic, P. & Skledar Matijevic, A. (2015). A picture and a thousand words: Visual tools in ELT. The Internasional Conference on The Importance of Learning Professional Foreign Languages for Communication between Cultures. p. 110-114. 18 – 19 September 2015, Zagreb-Croatia
Kusuma dan Dwitagama. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Muhson, Ali. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No. 2, 1-10.
Ovando, C. J. and Collier, V. P. 1985. Bilingual and ESL Classroom. New York: McGraw-Hill Book Company.
Paraniti, A. A. I., 2012. Implementasi Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris dan Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Kemampuan Dasar Berbahasa Inggris Siswa SMA. Artikel. Diterbitkan. Pascasarjana Undiksha: Singaraja.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.
Sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Tirtayani, Magta, Lestari (2017). Journal of Education Technology. Vol. 1 (1) pp. 18-29
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)