PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BILINGUAL PREVIEW-REVIEW BERBASIS E-FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMP

Authors

  • Maria Desidaria Noge STKIP Citra Bakti, Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13801

Keywords:

Bilingual Preview-Review, E-Flashcard, aktivitas belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa Inggris siswa SMP. Secara spesifik, penelitian ini fokus untuk: (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa SMP dengan menerapkan model pembelajaran Bilingual Preview-Review berbasis E-Flashcard dan (2) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa SMP dengan menerapkan model pembelajaran Bilingual Preview-Review berbasis E-Flashcard. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemis dan Mc Taggart (Kusuma dan Dwitagama, 2010: 20). Penelitian ini dilaksanakan di SMPS Yos Soedarso Jerebuu kelas VIII. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar berupa lembar observasi dan prestasi belajar berupa tes lisan. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran Bilingual Preview-Review berbasis E-Flashcard dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yakni pada siklus I dengan rata-rata aktivitas siklus I yaitu 12 berada pada kategori tidak aktif, persentase aktivitas 48%,dan rata-rata aktivitas belajar siklus II 21, berada pada kategori sangat aktif; (2) model pembelajaran Bilingual Preview-Review berbasis E-Flashcard dapat meningkatkan hasil belajar siswa yakni pada siklus I prestasi belajar memperoleh rata-rata sebesar 53,06 berada pada kategori cukup, persentase 53,06%, ketuntasan klasikal 33,33% dan siklus II rata-rata prestasi belajar 81,11, ketuntasan klasikal 83,33%. Berdasarkan temuan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Bilingual Preview-Review berbasis E-Flashcard dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa.

References

Aliponga, J. & Johnston, C.C. (2013). Benefits of Using Vocbulary Flash Cards in an EFL Classroom. Summary of Research, 14, 1-6

Arnyana, I. B. Putu. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Dipandu Strategi STAD dalam Pembelajaran Sains di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, No 2 TH.XXXXI.

Cohen, A. D. and Swain, M. 1976. Bilingual education: The Immersion Model in the North AMERICAN context. TESOL Quartenly. 10(1). 45-53.

Harry. 2008. Pembelajaran Matematika dan IPA dalam Bahasa Inggris di SMP. Artikel.Tersedia pada http://203.130.242.190/artikel/105. Artikel ini diakses pada tanggal 16 September 2016.

http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/viewFile/10080/6416

Krcelic, P. & Skledar Matijevic, A. (2015). A picture and a thousand words: Visual tools in ELT. The Internasional Conference on The Importance of Learning Professional Foreign Languages for Communication between Cultures. p. 110-114. 18 – 19 September 2015, Zagreb-Croatia

Kusuma dan Dwitagama. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Muhson, Ali. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No. 2, 1-10.

Ovando, C. J. and Collier, V. P. 1985. Bilingual and ESL Classroom. New York: McGraw-Hill Book Company.

Paraniti, A. A. I., 2012. Implementasi Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris dan Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Kemampuan Dasar Berbahasa Inggris Siswa SMA. Artikel. Diterbitkan. Pascasarjana Undiksha: Singaraja.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.

Sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Tirtayani, Magta, Lestari (2017). Journal of Education Technology. Vol. 1 (1) pp. 18-29

Downloads

Published

2019-08-21

How to Cite

Noge, M. D. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BILINGUAL PREVIEW-REVIEW BERBASIS E-FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMP. Journal of Education Technology, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13801

Issue

Section

Articles