PENGEMBANGAN KONSTRUKSI DAN VALIDASI TES KONSEP DASAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13805Keywords:
Pengembangan Instrumen, Validitas, ReliabilitasAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi instrumen yang digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran matakuliah konsep dasar matematika semester II jurusan PGSD FIP Undiksha serta untuk mengetahui capaian pembelajaran konsep dasar matematika berdasarkan hasil uji coba mahasiswa. Instrumen dikembangkan dengan mengikuti langkah-langkah yang meliputi (1) menyusun spesifikasi tes, (2) menulis soal tes, (3) menelaah soal tes, (4) melakukan uji coba tes, (5) menganalisis butir tes, (6) memperbaiki tes, dan (7) merakit tes. Uji coba instrumen dilakukan di jurusan PGSD UPP Denpasar pada semester II dengan jumlah mahasiswa sebanyak 90 mahasiswa. Jumlah butir soal yang di cobakan sebanyak 30 butir soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan valid dan reliabel berdasarkan uji ahli dan uji validitas dengan data empiris dan dengan koefisien koefisien reliabilitas Kuder Richadson (KR-20) sebesar 0,84.
References
Cohen, R.J. & Swerdlik, M. E. (2010).Psychological testing and assessment: An introduction to tests and measurement. MacGraw-Hill Companies
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2012. Prestasi belajar dan Kompetensi Guru. Usaha Nasional. Surabaya.
Gronlund, N. E. (1982). Constructing Achievement test. Prentice Hall. New Jersey
Koyan, I W. (2007).Asesmen dalam pendidikan. Jurusan Teknologi Pendidikan Undiksha. Singaraja
Mardapi, D. 2012. Pengukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan. Nuha Medika. Yogyakarta
Miller, M. D., Linn, R. L., & Gronlund, N. E. (2009).Measurement and assessment in teaching. Pearson Education , Inc
Nofiana, Mufida. (2016). Pengembangan instrumen evaluasi higher order thinking skills pada materi kingdom plantae.Jurnal pedagogi hayati Vol. 01 No. 01, Hal.46-53.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta
Shermis, M. D. & Di Vesta, F. J. (2011).Classroom assessment in action. Rowman & Littlefield Publishers, Inc
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)