PENGEMBANGAN KONSTRUKSI DAN VALIDASI TES KONSEP DASAR MATEMATIKA

Authors

  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13805

Keywords:

Pengembangan Instrumen, Validitas, Reliabilitas

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi instrumen yang digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran matakuliah konsep dasar matematika semester II jurusan PGSD FIP Undiksha serta untuk mengetahui capaian pembelajaran konsep dasar matematika berdasarkan hasil uji coba mahasiswa. Instrumen dikembangkan dengan mengikuti langkah-langkah yang meliputi (1) menyusun spesifikasi tes, (2) menulis soal tes, (3) menelaah soal tes, (4) melakukan uji coba tes, (5) menganalisis butir tes, (6) memperbaiki tes, dan (7) merakit tes. Uji coba instrumen dilakukan di jurusan PGSD UPP Denpasar pada semester II dengan jumlah mahasiswa sebanyak 90 mahasiswa. Jumlah butir soal yang di cobakan sebanyak 30 butir soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan valid dan reliabel berdasarkan uji ahli dan uji validitas dengan data empiris dan dengan koefisien koefisien reliabilitas Kuder Richadson (KR-20) sebesar 0,84.

References

Cohen, R.J. & Swerdlik, M. E. (2010).Psychological testing and assessment: An introduction to tests and measurement. MacGraw-Hill Companies

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2012. Prestasi belajar dan Kompetensi Guru. Usaha Nasional. Surabaya.

Gronlund, N. E. (1982). Constructing Achievement test. Prentice Hall. New Jersey

Koyan, I W. (2007).Asesmen dalam pendidikan. Jurusan Teknologi Pendidikan Undiksha. Singaraja

Mardapi, D. 2012. Pengukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan. Nuha Medika. Yogyakarta

Miller, M. D., Linn, R. L., & Gronlund, N. E. (2009).Measurement and assessment in teaching. Pearson Education , Inc

Nofiana, Mufida. (2016). Pengembangan instrumen evaluasi higher order thinking skills pada materi kingdom plantae.Jurnal pedagogi hayati Vol. 01 No. 01, Hal.46-53.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta

Shermis, M. D. & Di Vesta, F. J. (2011).Classroom assessment in action. Rowman & Littlefield Publishers, Inc

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Downloads

Published

2019-08-21

Issue

Section

Articles