PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERMUATAN MULTIMEDIA PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DI KABUPATEN NGADA

Authors

  • Imelda Uma Riwu STKIP Citra Bakti Ngada, Nusa Tenggara Timur
  • Dek Ngurah Laba Laksana STKIP Citra Bakti Ngada, Nusa Tenggara Timur
  • Konstantinus Dua Dhiu STKIP Citra Bakti Ngada, Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182

Keywords:

Bahan ajar elektronik, Multimedia, Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan bahan ajar elektronik bermuatan multimedia pada tema peduli terhadap
makhluk hidup yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar pada siswa kelas iv di kabupaten ngada, (2) mengetahui
kualitas hasil uji produk pengembangan bahan ajar elektronik bermuatan multimedia pada tema peduli terhadap makhluk hidup
untuk siswa sekolah dasar kelas IV di Kabupaten Ngada. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Ngada Provinsi Nusa Tenggara
Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah kurikulum 2013 kelas IV dan siswa SD kelas IV di Kabupaten Ngada. Sedangkan
objek yang diteliti adalah konten dan konteks kearifan lokal masyarakat Ngada yang relevan diintegrasikan dalam tema peduli
terhadap makhluk hidup kelas IV untuk dijadikan sebuah bahan ajar elektronik bermuatan multimedia. Bahan ajar elektronik
bermuatan multimedia ini dikembangkan dengan model ADDIE. Model ini terdiri atas lima langkah, yaitu: (1) analyze, (2)
design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar elektronik
bermuatan multimedia berdasarkan hasil uji coba ahli dan siswa sebagai pengguna produk adalah sebagai berikut. (1) Uji coba
ahli konten/isi ada pada kategori sangat baik, skor tertinggi ada pada aspek pemilihan bahasa, penggunaan kalimat, kesesuaian
contoh dan kasus, kesesuaian soal-soal latihan dan kesesuaian isi materi dengan perkembangan TIK, (2) Uji coba ahli desain
pembelajaran ada pada kategori sangat baik, skor tertinggi ada pada aspek kemenarikan desain cover dan kejelasan tulisan, (3)
Uji coba ahli multimedia ada pada kategori baik, skor tertinggi ada pada aspek gambar/ilustrasi, (4) Uji coba siswa sebagai
pengguna produk ada pada kategori sangat baik, skor tertinggi ada pada aspek video mendukung pemahaman materi. Dengan
demikian, pengembangan bahan ajar elektronik bermuatan multimedia ini layak digunakan pada siswa sekolah dasar kelas IV.

References

Abdillah, A.N. 2010. Konsep Bahan Ajar Elektronik dan Ciri/Karakteristik Bahan Ajar Elektronik. (Online)

melalui https://sites.google.com>elearningtp2010, diakses 14 Februari 2018

Anglada, D. 2007. An Introduction to Instructional Design: Utilizing a Basic Design Model. (Online) melalui

http://www.pace.sdu/ctlt/newsletter, diakses 14 februari 2018.

Anori, S., Putra, A. dan Asrizal. 2013. Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Elektronik dalam Model Pembelajaran

Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Lubuk Alun. Padang : Pilar Of Physics

Education, Vol. 1.April 2013, 104-111

Byars, M.N. 2015. Printed Books versus Digital Books. California: the Faculty of the Graphic Communication

Departement California Polytechnic State University

Dasna, I.W, Laksana D.N.L, dan Sudatha I.G.W. 2015. Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif.

Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontextual (CTL). Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Dirjen Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi). 2014. Pedoman operasional penilaian angka kredit kenaikan

pangkat/jabatan akademik dosen. Jakarta: Kemendikbud.

Duncan, M. (2014). How the Cultural Contexts of Urban Teaching Affect Novice Science Educators: Implications

for School Leaders. International Journal of Educational Leadership Preparation, 9 (1), 1 -17

Hakim, I.N. 2014. Pembelajaran Tematik-Integratif di SD/MI dalam Kurikulum 2013. Insania, Vol. 19, No. 1.

Handayani, R.D. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Mobile Learning pada Mata Kuliah Optik

di FKIP Universitas Jember. Jurnal Ta’dib. Vol. 17, No. 1, 81 -85

Hartono. 2011. Pendidikan Integratif. Purwokerto: STAIN Press.

Ibrahim, A. dan Sukmadinata, N.S. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Budaya untuk

Meningkatkan Apresiasi Siswa Terhadap Budaya Lokal. Cakrawala Pendidikan, Th.XXIX, No.2

Kemendikbud. 2013. Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Jakarta: Kepala Badan Pengembangan

Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud : Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta :

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Laksana, D.N L. & Wawe, F. (2015). Penggunaan Media Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran IPA untuk

Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Citra Bakti, 2 (1), 27-37.

Laksana, D.N.L dan Riwu, I.U. 2018. Inovasi Aktivitas Belajar dalam Menanamkan Nilai Karakter di Sekolah

Dasar yang Menerapkan Program Full Day School. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 188-194

Laksana, D.N.L dan Widiastika, I.G. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar

Berbasis Budaya Lokal Masyarakat Flores. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Vol. 2 no. 2 (2017).

Laksana, D.N.L., Kurniawan, P.A.W., dan Niftalia, I. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik SD Kelas IV

Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, Vol. 3, No.1 (2016)

Mayer, R. E. (2007). Multimedia Learning. New York: Cambridge University Press

Mulyasa, H.E. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Northcote, M., Kilgour, P., Reynaud, D., & Fitzsimmons, P. (2014). Engaging in Deep Cultural Learning through

the Intersection of Multiple Contexts. Australian Journal of Teacher Education. 39 (10), 47-63

Oka, G.P.A. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Component Display Theori (CDT) Pada Mata

Kuliah Multimedia Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Undiksha. Jurnal Imedtech. Vol. 1, No. 1

Rahmatia, M., Monawati., dan Darnius, S. 2017. Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika

Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 1, 212-

Rockinson, A.J., Courduff, J., Carter, K. dan Bennett, D. 2013. Electronic versus Traditional Print Textbooks: A

Comparison Study on the Influence of University Students Learning. Jour nal Hompage, 63 (2013) 259-

Wahyudin, U. (2015). The Quality of a „Local Values Based‟ Fuctional Literacy Program: Its Contribution to the

Improvement of the Learner‟s Basic Competencies. International Education Studies, 8 (2), 121 -127

Wiyoko, T., Sarwanto., dan Rahardjo, D.T. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Modul Elektronik

Animasi Interaktif Untuk Kelas XI SMA Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika.

Vol. 2, No. 2, 11 .

Downloads

Published

2019-08-21

How to Cite

Riwu, I. U., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERMUATAN MULTIMEDIA PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DI KABUPATEN NGADA. Journal of Education Technology, 2(2), 56–64. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182

Issue

Section

Articles