PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SD

Putu Agus Eka Mastika Yasa, Wilibaldus Bhoke

Abstract


"> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar dengan model problem
based learning dan siswa yang belajar dengan model Pembelajaran Konvensional pada siswa SD. Jenis penelitian ini ialah
quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian terdiri atas dua yaitu: pengambilan kelas penelitian dengan menggunakan teknik
random, sedangkan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik intac group. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa
kelas V Gugus II Kecamatan Jerebuu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Uji hipotesis menggunakan uji-t.
Sebelum menghitung uji-t, terlebih dahulu dicari nilai Gain Score dinormalisasi (GSn). Dari perhitungan tersebut diperoleh
rata-rata hasil belajar Matematika, yakni rata-rata hasil belajar Matematika kelompok eksperimen lebih besar dari rata-rata
hasil belajar Matematika kelompok kontrol (0,53 > 0,37). Hasil uji-t diperoleh thitung (5,673) dan ttabel (2,052) dengan derajat
kebebasan (db) = n1 + n2 – 2 = 27 dan taraf signifikansi 5%, maka thitung > ttabel. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima
sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya dimana terdapat perbedaan yang signifikan
hasil belajar Matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model problem based learning
dengan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa SD.

Keywords


model problem based learning; hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Arends. 1997. Model-model pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Bhoke, Wilibaldus. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Motivasi Belajar Terhadap

Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Citra Bakti, Vol. 3 No. 1.

Bhoke, Wilibaldus. 2017. Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa

Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Mauponggo Kabupaten Nagekeo Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, Vol. 4 No. 1

Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdiknas. 2004 . Pedoman Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning). Jakarta

Koyan, I Wayan. 2007. Assesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Unit Penerbit Universitas Pendidikan Genesha.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Bali.

Lasmawan. 2009. Meretas Keindonesiaan dalam Bingkai Tirani Minoritas Singaraja: Undiksha.

Lestari, Anggraini. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada

Pembelajaran Matematika Kelas IV di SD Negeri 128.

https://unsri.ac.id/?act=detil_transkrip_mahasiswa&mhs=01111416. Diunduh tanggal 07 Februari 2017.

Muhsetyo, Gatot, dkk. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pratiwi, Wida Gian dkk. 2014. Model Pembelajaran Problem Based Learning Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar

Materi Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Saraswati

Tabanan.http://www.ejournalundiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1186. Diunduh Tanggal 03

Februari 2017.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Safitri, Ngatiatun dkk. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menyelesaikan

Soal Cerita.http://www.Jurnal.FKIP.uns.ac.id>Home>Vol.3.No.1(2013)>usada. Diunduh Tanggal 03

Februari 2017.

Sudjana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suprijono. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyono, Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta:

Depdiknas.

Uno, B. Hamzah. 2010. Orientasi dalam PsikologiPembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v2i2.16184

Article Metrics

Abstract view : 724 times
PDF file view : 758 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL OF EDUCATION TECHNOLOGY IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: komangsujendra.diputra@undiksha.ac.id


Currently, Journal of Education Technology indexed by:

 JET SINTA 4    

 

Creative Commons License

Journal of Education Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.