PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16184Keywords:
model problem based learning, hasil belajar matematikaAbstract
"> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar dengan model problembased learning dan siswa yang belajar dengan model Pembelajaran Konvensional pada siswa SD. Jenis penelitian ini ialah
quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian terdiri atas dua yaitu: pengambilan kelas penelitian dengan menggunakan teknik
random, sedangkan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik intac group. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa
kelas V Gugus II Kecamatan Jerebuu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Uji hipotesis menggunakan uji-t.
Sebelum menghitung uji-t, terlebih dahulu dicari nilai Gain Score dinormalisasi (GSn). Dari perhitungan tersebut diperoleh
rata-rata hasil belajar Matematika, yakni rata-rata hasil belajar Matematika kelompok eksperimen lebih besar dari rata-rata
hasil belajar Matematika kelompok kontrol (0,53 > 0,37). Hasil uji-t diperoleh thitung (5,673) dan ttabel (2,052) dengan derajat
kebebasan (db) = n1 + n2 – 2 = 27 dan taraf signifikansi 5%, maka thitung > ttabel. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima
sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya dimana terdapat perbedaan yang signifikan
hasil belajar Matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model problem based learning
dengan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa SD.
References
Arends. 1997. Model-model pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Bhoke, Wilibaldus. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Motivasi Belajar Terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Citra Bakti, Vol. 3 No. 1.
Bhoke, Wilibaldus. 2017. Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa
Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Mauponggo Kabupaten Nagekeo Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, Vol. 4 No. 1
Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Depdiknas. 2004 . Pedoman Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning). Jakarta
Koyan, I Wayan. 2007. Assesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Unit Penerbit Universitas Pendidikan Genesha.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Bali.
Lasmawan. 2009. Meretas Keindonesiaan dalam Bingkai Tirani Minoritas Singaraja: Undiksha.
Lestari, Anggraini. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada
Pembelajaran Matematika Kelas IV di SD Negeri 128.
https://unsri.ac.id/?act=detil_transkrip_mahasiswa&mhs=01111416. Diunduh tanggal 07 Februari 2017.
Muhsetyo, Gatot, dkk. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Pratiwi, Wida Gian dkk. 2014. Model Pembelajaran Problem Based Learning Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar
Materi Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Saraswati
Tabanan.http://www.ejournalundiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1186. Diunduh Tanggal 03
Februari 2017.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Safitri, Ngatiatun dkk. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menyelesaikan
Soal Cerita.http://www.Jurnal.FKIP.uns.ac.id>Home>Vol.3.No.1(2013)>usada. Diunduh Tanggal 03
Februari 2017.
Sudjana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suprijono. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyono, Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta:
Depdiknas.
Uno, B. Hamzah. 2010. Orientasi dalam PsikologiPembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)