KECEMASAN MATEMATIKA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Natalia Rosalina Rawa STKIP Citra Bakti Ngada, Nusa Tenggara Timur
  • Putu Agus Eka Mastika Yasa STKIP Citra Bakti Ngada, Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16180

Keywords:

Kecemasan Matematika, Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kecemasan matematika dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
kecemasan matematika. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar di STKIP Citra Bakti, Nusa
Tenggara Timur yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara
dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh deskripsi tingkat kecemasan matematika pendidikan guru sekolah dasar
diantaranya yaitu sebanyak 29 mahasiswa (90,63%) terindikasi mengalami kecemasan dimana 12 mahasiswa (37%)
mengalami kecemasan berat, 9 mahasiswa (28,12%) mengalami kecemasan sedang, dan 8 mahasiswa (25%) mengalami
kecemasan ringan. Sementara hanya terdapat 3 mahasiswa (9,38%) yang tidak terindikasi mengalami kecemasan matematika.
Faktor-faktor penyebab kecemasan matematika yang dialami mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar antara lain disebabkan
oleh rendahnya keyakinan dalam belajar matematika (self-efficacy) yang dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentang
matematika, frekuensi belajar matematika yang minim, situasi pembelajaran yang kurang kondusif, riwayat kemampuan
matematis yang rendah, materi yang semakin kompleks, dan tuntutan hasil belajar harus memuaskan.

References

Afifudin. (2009). Metodologi Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia

Anitah W., Sri, Janet Trineke Manoy, & Susanah. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta :

Universitas Terbuka.

Boyd, W., Foster, A., Smith, J., & Boyd, W.E. (2014). Feeling Good about Teaching Mathematics: Addressing

Anxiety amongst Pre-Service Teacher. Creative Education, 5, 207-207.

Bursal, M. & Paznokas, L. (2006). Mathematics Anxiety and Pre-service Elementary Teachers‟ Confidence to

Teach Mathematics and Science. School Science and Mathematics, 106 (4), 173-179.

Choppin, J. (2011 ). The Role of Local Theories: Teacher Knowledge and Its Impact on Engaging Students with

Challenging Task. Mathematics Education Education Research Journal, 23 (5), 5-25.

Confederation of British Industry. (2006). Working on the three RS Employers’ priorities for functional skill in

Mathematics and English. Confederation of British Industry. Diakses pada 16 Februari 2018

(http://eprints.ums.ac.id/42367/1/Naskah%20Publikasi.pdf).

Cooke, A., Cavanagh, R., Hurst, C., & Sparrow, L. (2011). Situasional Effects of Mathematics Anxiety in Preservice Teacher Education. Makalah disajikan pada 2011 AARE International Research in Education

Conference, Melbourne, Australia.

Dodeen, H. M., Abdelfattah, F., & Alshumrani, S. (2014). Test-taking Skills of Secondary Students: the

Relationship with Motivation, Attitudes, Anxiety and Attitudes Towards Tests. South African Journal of

Education, 34(2), 01 -18.

Gleason, J. (2008). Relationship between Pre-service Elementary Teachers‟ Mathematics Anxiety and Content

Knowledge for Teaching. Journal ofMathematics Science and Mathematics Education, 3 (1), 39- 47.

Haciomeroglu, G. (2013). Mathematics Anxiety and Mathematics Beliefs: What Is the Relationship in Elementary

Pre-service Teachers?. IUMPST: The Journal, 5.

Hartatik, S. & Fitriyah, F.K. (2017). Identifikasi Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Program Studi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 2(2). 31 – 33.

Herman, T. (2005). Mengajar dan Belajar Matematika dengan Pemahaman, (Online),

(http://file.upi.edu/Direktori/D%20-%20FPMIPA/JUR.

%20PEND.%20MATEMATIKAA/19621 0111991011%20%20TATANG%20HERMAN/Artikel/Artikel

pdf, diakses 3 Maret 2018).

Hurlock, E.B. (1997). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang

Kehidupan. Alih

Khatoon, T. & Mahmood, S. (2010). Mathematics Anxiety Among Secondary School Students in India and its

Relationship to Achievement in Mathematics. European Journal of Social Science, 16 (1), 75-86.

Malinsky, M., dkk.. (2006). Math Anxiety in Pre-Service Elementary School Teacher. Education, 127 (2), 274-

Nawangsari, N.A.F. (2001 ). Pengaruh Self-Efficacy dan Expectancy-Value terhadap Kecemasan Menghadapi

Pelajaran Matematika. Jurnal Psikologi Pendidikan Insan Media Psikologi, 3(2). 75-88.

Olaniyan, O. M., & Medinat F. Salman. (2015). “Cause of Mathematics Phobia among Senior High School

Students: Empirical Evidence from Nigeria.” Journal of the African Educational and Research Network

(15): 50-56. Diakses pada 16 Februari 2018

(http://africanresearch.org/africansymposium/archives/TAS15.1/TAS15.1Ol aniyan.pdf).

Ormrod, J.E. (2004). Human Learning (4th Edition). Ohio : Pearson.

Peker, M. & Ertekin, E. (2011). The Realationship between Mathematics Teaching Anxiety and Mathematics

Anxiety. The Educational Review, 23(1), 213-226.

Ranjan, & Gunendra Chandra. (2013). “Math Anxiety : The Poor Problem Solving Factor in School

Mathematics.” International Journal of Scientific and Research Publications 4(3): 1 -5. Diakses pada 16

Februari 2018 (http://www.ijsrp.org/research-paper-0413/ijsrp-p16134.pdf).

Rawa, N.R. (2017). Tingkat Metakognisi Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Pemecahan Masalah Matematika

Ditinjau Dari Gaya Belajar Introvert-Extrovert. Jurnal Tunas Bangsa. 4 (2), 229 – 245.

Rawa, N.R., Sutawidjaja, A. & Wewe, M. (2016). Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa PGSD STKIP

Citra Bakti Pada Materi Geometri Ruang Sisi Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 3(1), 66 - 78

Setyawati. (2011). Motivasi. Jakarta: Kompas tanggal, 19 Maret 2011.

Shadiq F. (2007). Apa Dan Mengapa Matematika Begitu Penting?. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat

Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan

Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Smetackova, I. (2015). Gender Stereotypes, Performance and Identification with Math. ProcediaSocial and

Behavioral Sciences, 190, 211-219.

Stoehr, Kathleen Jablon. (2017). Mathematics Anxiety One Size Does Not Fit All. Journal of Teacher Education,

Vol 68, Issue 1, 2017.

Swars, S.L., Daane, C.J. & Giesen, J. (2007). Mathematics Anxiety and Mathematics Teacher Efficacy: What is

The Relationship in Elementary Pre-service Teacher. School Science and Mathematics, 106 (7), 306-315.

Tambunan, S. M. (2006). Hubungan Antara Kemampuan Spasial Dengan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal

Makara, Sosial Humaniora. 10(1): 27 – 32.

Widodo, S. A. (2011 ). Efektifitas Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction Pada Siswa Kelas X SMK

Tunas Harapan Tahun Pelajaran 2008- 2009. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan

Penerapan MIPA. 14 Mei 2011, UNY Yogyakarta, Hal. PM1 – PM6.

Widodo, S.A. (2013). Analisis Kesalahan dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan pada

Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. 46 (2): 106 – 113.

Wihastuti, T.A., Supriyati, L.,dan Jahriah, A. (2014). Hubungan Antara Dukungan

Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi

Appendictomy Di Ruang Flamboyan RSUD Tarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi.

Stikes Kusuma Husada.

Wilson, S. (2009). “Better You Than Me”: Mathematics Anxiety and Bibliotherapy in Primary Teacher

Professional Learning. Dalam Hunter, R., Bicknell, B. & Burgess, T. (Eds.). Crossing divides: Proceedings

of the 32nd annual conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia (Volume 2)

(hlm. 603-610). Palmerston North, NZ: MERGA.

Zeidner, M. (1998). Test Anxiety: The State of The Art. New York: Kluwer.

Downloads

Published

2019-08-21

How to Cite

Rawa, N. R., & Mastika Yasa, P. A. E. (2019). KECEMASAN MATEMATIKA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Journal of Education Technology, 2(2), 36–45. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16180

Issue

Section

Articles