HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16374Keywords:
bimbingan belajar orang tua, konsep diri, hasil belajar matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan anatara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar matematika, (2) hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar matematika, (3) hubungan anatara bimbingan belajar orang tua dana konsep diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas III semester II di SD Gugus Xii Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini berjumlah 169 orang dengan jumlah sampel sebanyak 114 orang diambil dengan teknik proporsional random sampling. data bimbingan belajar orang tua dan konsep diri di kumpulkan melalui pengisian kuesioner. Sedangkan data hasil belajar matematika diperoleh melalui pencatatan dokumen (document analyze). Data dianalisis dengan teknik statistic deskriptif dan analisis regresi. Hasil analisis data menunjukkan: (1) hubungan antara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar matematika sebesar = 0,367 dan koefisien determinasinya sebesar 13,5%, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar matematika. (2) hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar matematika sebesar = 0,450 dan koefisien determinasinya sebesar 20,3%, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar matematika. (3) hubungan antara bimbingan belajar orang tua dan konsep diri dengan hasil belajar matematika sebesar = 0,461 dan koefisien determinasinya sebesar 21,3%, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan belajar orang tua dan konsep diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas III Semester II di SD Gugus XII Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.
References
Agung, A. A.Gede 2016. Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Anwar, Muhamad. 2015. Filsafat pendidikan. Jakarta:Prenadamedia Group.
Aprilica, Murti. 2010. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Hygiene Organ Reproduksi Pada Siswa Kelas X Di Sman 1 Sambungmacan Sragen. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurnal Pendidikan Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Budiarnawan. 2014. Hubungan Antara Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Desa Selat. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.2. No. 1.
Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Emzir. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Eva,Siagian. 2013. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal formatif Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI. Vol.2. No.2.
Handayani, Dian. 2017. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Konsep Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.8. No. 1.
Ilahi, Mohamad Takdir. 2013. Ouantum Parenting: Kiat sukses Mengasuh Anak Secara Efektif dan Cerdas. Yogyakarta: Kata Hati.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik pendidikan Teknik analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Muhsetyo, Gatot, dkk. 2009. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muljono,Yaumi. 2014. Action Research (Teori, Model, dan aplikasi). Jakarta: Prenadamedia Group.
Nasution. 2014. Metode research (penelitian ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Parnata, I Wayan. 2014. Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus V Tampaksiring. Skripsi (tidak diterbitkan): Jurnal pendidikan dan Pengajaran Undiksha. Vol 2. No.1.
Punaji, Setyosari. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Rakhmat, J. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Siregar,Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sunilawati, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Pascasarjana Undiksha. Vol.3.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Muhhibin, S. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wina, Sanjaya. 2015. Penelitian Pendidikan (Jenis, Metode, dan Prosedur). Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)