PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERORIENTASI TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SD DI GUGUS VII KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17962Keywords:
pendekatan saintifik, penguasaan konsep IPA, keterampilan proses sains, dan tri kaya parisudhaAbstract
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berorientasi Tri Kaya Parisudha terhadappenguasaan konsep IPA dan keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan
desain nonequivalent post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di Gugus VII
Kecamatan Sukasada terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 144 orang. Sampel penelitian ini yaitu SD N 1 Selat di
Anturan dengan jumlah siswa 27 orang sebagai kelompok eksperimen dan SD N 3 Selat di Anturan dengan jumlah siswa
33 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data penguasaan konsep IPA dikumpulkan
menggunakan metode tes pilihan ganda dan data keterampilan proses sains dikumpulkan menggunakan tes esay. Data
dianalisis menggunakan Manova dengan bantuan SPSS-22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat
pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik berorientasi Tri Kaya Parisudha terhadap keterampilan proses sains pada
siswa kelas V di Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019 (Fhitung = 32,27 >
Ftabel = 4,00), 2) terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik berorientasi Tri Kaya Parisudha terhadap
keterampilan proses sains pada siswa kelas V di Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran
2018/2019 (Fhitung = 9,64 > Ftabel = 4,00), dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan pendekatan saintifik
berorientasi Tri Kaya Parisudha terhadap penguasaan konsep IPA dan keterampilan proses sains pada siswa kelas V di
Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019 (0,000 < 0,05). Berdasarkan temuan
tersebut, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan pendekatan saintifik berorientasi Tri Kaya Parisudha
terhadap penguasaan konsep IPA dan keterampilan proses sains pada siswa kelas V SD Gugus VII Kecamatan Sukasada
Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019.
References
Agustiana, G. A. T & Tika, I. N. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta: Ombak.
Batmalo, J. B. 2016. “Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kelas V
Sekolah Dasar Negeri Nirmala Bantul. Jurnal PGSD. Vol.6, No. 5. Tersedia pada: http://journal.
student.uny.ac.id. Diakses, 18 Juni 2019.
Machin, A. 2014. “Implementasi Pendekatan Saintifik, Penananman Karakter Dan Konservasi Pada
Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 3, No. 1. Tersedia pada:
http://journal. unnes.ac.id/nju/index.php.jpii.Diakses,18 Juni 2019.
Mahmudah, L. 2016. “Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA Di
Madrasah”. Vol. 4, No.1. Tersedia pada: http://journal.satinskudus.ac.id. Diakses, 18 Juni 2019.
Daryanto, A. 2014. Pendekatan Pemelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Grava Media.
Mustikawati, N. D., dkk. 2015. “Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menyimak
dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Cita-Citaku pada Siswa Kelas IV di SDN Desa
Peguyangan ditinjau dari Jenis Pertanyaan Guru”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.
, No. 1. Tersedia pada: htpp:// ejournal.undiksha.ac.id. Diakses, 3 April 2019.
Ni Komang Suryani, Ndara Tanggu Renda, I Made Citra Wibawa (2019). Journal of Education Technology. Vol. 3 (1 ) pp. 35-43
Pengaruh Pendekatan Saintifik Berorientasi Tri Kaya Parisudha Terhadap Penguasaan Konsep IPA
dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD di Gugus VII Kecamatan
Sukasada Tahun Pelajaran 2018/2019 43
Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah
Ibtidaiyah.
Sariani, N. L. A., dkk. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berorientasi Tri Kaya Parisudha Terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III”. Journal of Education Technology. Vol. 2, No. 3 (hlm 95 -
. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/16372. Diakses, 24
Januari 2019.
Setiawan, M. H. Y. 2018. “Kreativitas Pendidikan Dalam Pengelolaan Kegiatan Pada Pembelajaran Saintifik
Pada Implementasi Kurikulum PAUD 2013. Jurnal Audi. Vol. 3, No. 2. Tersedia pada:
http://ejurnal.unisari. ac.id/index.php/jpaud. Diakses, 18 Juni 2019.
Utami, A. U. & Murti, S. C. C. 2018. “The Effectiveness Of Scientific Approach-Based Science Learning
Materials To Educate Students Science Literacy”. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains). Vol. 8,
No.1. Tersedia pada: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/3859. Diakses, 24 Januari
24 Januari 2019.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)