PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERORIENTASI TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SD DI GUGUS VII KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ni Komang Suryani, Ndara Tanggu Renda, I Made Citra Wibawa

Abstract


enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berorientasi Tri Kaya Parisudha terhadap
penguasaan konsep IPA dan keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan
desain nonequivalent post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di Gugus VII
Kecamatan Sukasada terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 144 orang. Sampel penelitian ini yaitu SD N 1 Selat di
Anturan dengan jumlah siswa 27 orang sebagai kelompok eksperimen dan SD N 3 Selat di Anturan dengan jumlah siswa
33 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data penguasaan konsep IPA dikumpulkan
menggunakan metode tes pilihan ganda dan data keterampilan proses sains dikumpulkan menggunakan tes esay. Data
dianalisis menggunakan Manova dengan bantuan SPSS-22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat
pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik berorientasi Tri Kaya Parisudha terhadap keterampilan proses sains pada
siswa kelas V di Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019 (Fhitung = 32,27 >
Ftabel = 4,00), 2) terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik berorientasi Tri Kaya Parisudha terhadap
keterampilan proses sains pada siswa kelas V di Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran
2018/2019 (Fhitung = 9,64 > Ftabel = 4,00), dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan pendekatan saintifik
berorientasi Tri Kaya Parisudha terhadap penguasaan konsep IPA dan keterampilan proses sains pada siswa kelas V di
Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019 (0,000 < 0,05). Berdasarkan temuan
tersebut, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan pendekatan saintifik berorientasi Tri Kaya Parisudha
terhadap penguasaan konsep IPA dan keterampilan proses sains pada siswa kelas V SD Gugus VII Kecamatan Sukasada
Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019.


Keywords


pendekatan saintifik; penguasaan konsep IPA; keterampilan proses sains; dan tri kaya parisudha

Full Text:

PDF

References


Agustiana, G. A. T & Tika, I. N. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta: Ombak.

Batmalo, J. B. 2016. “Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kelas V

Sekolah Dasar Negeri Nirmala Bantul. Jurnal PGSD. Vol.6, No. 5. Tersedia pada: http://journal.

student.uny.ac.id. Diakses, 18 Juni 2019.

Machin, A. 2014. “Implementasi Pendekatan Saintifik, Penananman Karakter Dan Konservasi Pada

Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 3, No. 1. Tersedia pada:

http://journal. unnes.ac.id/nju/index.php.jpii.Diakses,18 Juni 2019.

Mahmudah, L. 2016. “Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA Di

Madrasah”. Vol. 4, No.1. Tersedia pada: http://journal.satinskudus.ac.id. Diakses, 18 Juni 2019.

Daryanto, A. 2014. Pendekatan Pemelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Grava Media.

Mustikawati, N. D., dkk. 2015. “Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menyimak

dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Cita-Citaku pada Siswa Kelas IV di SDN Desa

Peguyangan ditinjau dari Jenis Pertanyaan Guru”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.

, No. 1. Tersedia pada: htpp:// ejournal.undiksha.ac.id. Diakses, 3 April 2019.

Ni Komang Suryani, Ndara Tanggu Renda, I Made Citra Wibawa (2019). Journal of Education Technology. Vol. 3 (1 ) pp. 35-43

Pengaruh Pendekatan Saintifik Berorientasi Tri Kaya Parisudha Terhadap Penguasaan Konsep IPA

dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD di Gugus VII Kecamatan

Sukasada Tahun Pelajaran 2018/2019 43

Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah

Ibtidaiyah.

Sariani, N. L. A., dkk. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berorientasi Tri Kaya Parisudha Terhadap

Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III”. Journal of Education Technology. Vol. 2, No. 3 (hlm 95 -

. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/16372. Diakses, 24

Januari 2019.

Setiawan, M. H. Y. 2018. “Kreativitas Pendidikan Dalam Pengelolaan Kegiatan Pada Pembelajaran Saintifik

Pada Implementasi Kurikulum PAUD 2013. Jurnal Audi. Vol. 3, No. 2. Tersedia pada:

http://ejurnal.unisari. ac.id/index.php/jpaud. Diakses, 18 Juni 2019.

Utami, A. U. & Murti, S. C. C. 2018. “The Effectiveness Of Scientific Approach-Based Science Learning

Materials To Educate Students Science Literacy”. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains). Vol. 8,

No.1. Tersedia pada: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/3859. Diakses, 24 Januari

24 Januari 2019.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i1.17962

Article Metrics

Abstract view : 340 times
PDF file view : 784 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL OF EDUCATION TECHNOLOGY IS PUBLISHED BY:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928
e-mail: jet@undiksha.ac.id 
Homepage: https://undiksha.ac.id


Currently, Journal of Education Technology indexed by:

 JET SINTA 4  

 

Creative Commons License

Journal of Education Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.