PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERMUATAN FOLKLOR BALI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16381Keywords:
bahan ajar tematik, folklor bali, literasi membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh bahan ajar tematik bermuatan folklor bali yang valid, praktis, dan efektif sebagai upaya untuk meningkatkan literasi membaca siswa kelas IV. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku penunjang buku siswa dan buku petunjuk guru pada tema “Tempat Tinggalku” dengan subtema 1 yaitu “Lingkungan Tempat Tinggalku”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan mengadaptasi langkah-langkah model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang disederhanakan, meliputi 1) tahap pengumpulan data, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan produk, dan (4) tahap validasi dan uji coba. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Hasil penilaian ahli materi terhadap bahan ajar bermuatan folklore bali ada pada skor 4,25. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar tematik bermuatan folklore ada pada kategori valid; (2) Hasil penilaian ahli desain pembelajaran ada pada skor 4,3. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar tematik bermuatan folklore ada pada kategori valid, sehingga dapat dilanjutkan pada tahapan berikutnya, yaitu tahapan uji coba terbatas; (3) Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa respon siswa terhadap bahan ajar tematik bermuatan folklore bali ini ada pada skor 4.4. Hal ini menunjukkan bahwa respon siswa terhadap bahan ajar bermuatan folklore ada pada kategori “positif.
References
Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. Abridged Edition. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Emzir, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Ermadwicitawati, N.M. 2013. Pengembangan Materi Ajar Cerita Anak yang Mengandung Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Membaca Cerita Anak SMP Kelas VII di Singaraja. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 2.
Fogarty, R. (1991). The Mindfull School: How to Integrate the Curricula. Paltine: Skyligh Publishing, Inc
Kemendikbud. 2013. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.
Laksana, D.N L. & Wawe, F. (2015). Penggunaan Media Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 2 (1), 27-37.
Laksana, D.N.L. dkk. (2016) Pengembangan Bahan Ajar Tematik SD Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, Volume 2 Nomor 1. ISSN: 2355-5106.
Mullis, I.V.S., Martin, M.O.,Gonzales, E.J., Gregory, KD., Garden, R.A.,O’Connors,KM.,Krostowski, S.J., danSmith, T.A. 2007. TIMSS: Trends in Mathematics and Science Study: Assessment Specification 2006. Boston : The International StudyCenter.
Nugroho, Agung. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Sastra Berbasis Cerita Rakyat Musi Rawas Kelas V SD Negeri Karyadadi Kabupaten Musi Rawas. Tesis (tidak diterbitkan). Universitas Bengkulu.
Oxford Advance Learners Dictionary Internationak Student;s 8th edition.2010. New York: Oxford University Press.
Pemerintah Republik Indonesia. 2013. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Rosenblatt, Louise M. 1978. The Reader, the Text, the Poem: The Transactional Theory of the Literary Work. Ilinois: Southem Ilinois University Press.
Ruhimat, Toto dkk. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Sadra, I W. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berwawasan Lingkungan dalam Pelatihan Guru Kelas I Sekolah Dasar. Desertasi Tidak Dipublikasikan. Program Doktor Universitas Negeri Surabaya.
Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Sumarwan, Eri. 2016. Literasi Anak. Yogyakarta: Gambang Buku Budaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)