PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DRAMATIC LEARNING BERBANTUAN BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA

Authors

  • Komang Sri Ustari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sumantri Undiksha
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16427

Keywords:

dramatic learning, boneka tangan, keterampilan berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran dramatic learning berbantuan boneka tangan dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD di Gugus III Kecamatan Busungbiu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non-equivalend posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD di Gugus III Kecamatan Busungbiu. Sampel penelitian ini adalah kelompok siswa kelas III SD N 2 Umejero dan SD N 3 Umejero. Istrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rata-rata skor kelompok eksperimen yaitu 19,35 dan kelompok kontrol yaitu 14,43. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berbicara antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran dramatic learning berbantuan boneka tangan dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Perbedaan tersebut ditunjukan dari hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 6,276 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 39 didapat ttabel = 2,021. Kriteria pengujian thitung ˃ ttabel (6,276 > 2,021) maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia  antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Dramatic Learning berbantuan Boneka Tangan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Dramatic Learning berbantuan Boneka Tangan berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SD di Gugus III Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.

References

Agung, A.A. Gede. 2014.Metodologi Penelitian Pendidikan.Yogyakarta:Aditya

Media Publishing.

Amalia, Taranindya Zulhi dan Zaimatus Sa”diyah. 2015.”Berbicara sebgai Metode Mengajar bagi Guru Raudhatul Athfal dalam Mengembangkan Kemampuan Dasar Bahasa Anak Usia Dini di Desa Ngembarejobae, Kudus”. Jurnal Ilmiah STAIN Kudus Jurusan Tarbiyah. Vol:3. No.2.

Dibia, I Ketut. 2014. Bahasa Indonesia Keilmuan: Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Hamzah B Uno. 2009. Model Pembelajaran menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif: Jakarta: Buni Aksara.

Isnani. 2013. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran pada siswa Kelas V sekolah Dasar Negeri 2 Wates. Jurnal PGSD Universitas Negeri Yogyakarta. (diakses tanggal 3 Maret 2018)

Karimah, Fahmi Nisa. 2016. “Pengaruh Penekatan SAVI dengan Media Boneka Tangan untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Dongeng pada Siswa Kelas III SD Negeri Tanjungrejo”. Jurnal Ilmiah PGSD Universitas Sebelas Maret. (diakses tanggal 22 Januari 2018).

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif: Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Mariana, Siti. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V SD Se-Gugus 4 Kecamatan Bantul”. Jurnal Ilmiah Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 3 Nomor 2. (diakses tanggal 22 Januari 2018)

Rasana, I Dewa Putu Raka. 2009.Model-model Pembelajaran: Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sumantri, dkk. 2014.Peningkatan Keterampilan Berhasa Indonesia: Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Shoimin, Aris. 2014.68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013: Maguwoharjo: Ar-Ruzz Media.

Tarigan, Henry Guntur. 2015.Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa: Bandung: Angkasa Bandung.

Widowati, Diah Ayu. 2016. “Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Kelas II B SD Negeri Margoyasan”. Jurnal Ilmiah PGSD Universitas Negeri Yogyakarta Jurusan PGSD, Edisi 27 Tahun ke-5. (diakses tanggal 22 Januari 2018)

Yosastra Oki, dkk. (2013). “Efektifitas Permainan Boneka Tangan Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengurangan Bilangan Bulat Bagi Anak Tunagrahita X”. E-Jupeku, Volume 2 nomor 3, Edidi khusus (hlm.671-681). (diakses tanggal 22 Januari 2018)

Downloads

Published

2019-08-21

How to Cite

Ustari, K. S., Sumantri, M., & Laba Jayanta, I. N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DRAMATIC LEARNING BERBANTUAN BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA. Journal of Education Technology, 2(4), 153–159. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16427

Issue

Section

Articles