PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21710Keywords:
model pembelajaran kooperatif script, hasil belajar ilmu pengetahuan alamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ilmu pengetahuan alam antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Script dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung pada siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Rendang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Rendang Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 159 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Pempatan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 28 orang dan SD Negeri 8 Pempatan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 26 orang. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar ilmu pengetahuan alam antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Script dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung, dengan perhitungan thitung = 5,53 > ttabel = 2,021 dengan taraf signifikansi 5%. Adanya perbedaan yang signifikasn menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Script berpengaruh terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa dibandingkan dengan pembelajaran langsung.
References
Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya. Media Publishing.
Antara, P. A. & Agus, I Gst. K. A. (2011). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Melalui Metode Bermain Peran”. Jurusan Pedagogik – FIP – UPI dan Asosiasi Pendidikan Profesi Guru SD, Nomor 2 , (hlm. 245-2567).
Asriyani, K. D., Sedanayasa, G., & Pudjawan, K. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Busung Biu”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/articel/view/676 diunduh pada tanggal 03 Januari 2018.
Budiada, N., Suryadi, M., & Suartha, I K. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Pada Mata Pelajaran Geografi Dalam Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Jagadhita Amlapura Kecamatan Karangaswm Kabupaten Karangasem”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG/articel/View/1999 diunduh pada tanggal 03 Januari 2018.
Fatkhurofi, I., Mahardika, I K., & Lesmono, A. D. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Dengan Metode Praktikum Terhadap Kemampuan Multirefresentasi Siswa Dalam Pembelajaran Fisik Kelas X Di SMA Muhammadiyah 3 Jember”. Tersdia pada https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/articel/view/1876 diunduh pada tanggal 03 Januari 2018.
Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Samatowa, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Suranata, K., & Susiani, K. (2017), Implementasi Metode Sokratik Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Volume 1, No.1, (hlm. 27-40)
Syaifurahman. 2013. Manajemen dalam Pembelajaran. Jakarta: PT indeks.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)