PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM

Authors

  • Ni Nyoman Ayu Ashari Aprilya Putri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21710

Keywords:

model pembelajaran kooperatif script, hasil belajar ilmu pengetahuan alam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ilmu pengetahuan alam antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Script dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung pada siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Rendang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Rendang Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 159 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Pempatan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 28 orang dan SD Negeri 8 Pempatan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 26 orang. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar ilmu pengetahuan alam antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Script dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung, dengan perhitungan thitung = 5,53 > ttabel = 2,021 dengan taraf signifikansi 5%. Adanya perbedaan yang signifikasn menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Script berpengaruh terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa dibandingkan dengan pembelajaran langsung.

References

Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya. Media Publishing.

Antara, P. A. & Agus, I Gst. K. A. (2011). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Melalui Metode Bermain Peran”. Jurusan Pedagogik – FIP – UPI dan Asosiasi Pendidikan Profesi Guru SD, Nomor 2 , (hlm. 245-2567).

Asriyani, K. D., Sedanayasa, G., & Pudjawan, K. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Busung Biu”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/articel/view/676 diunduh pada tanggal 03 Januari 2018.

Budiada, N., Suryadi, M., & Suartha, I K. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Pada Mata Pelajaran Geografi Dalam Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Jagadhita Amlapura Kecamatan Karangaswm Kabupaten Karangasem”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG/articel/View/1999 diunduh pada tanggal 03 Januari 2018.

Fatkhurofi, I., Mahardika, I K., & Lesmono, A. D. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Dengan Metode Praktikum Terhadap Kemampuan Multirefresentasi Siswa Dalam Pembelajaran Fisik Kelas X Di SMA Muhammadiyah 3 Jember”. Tersdia pada https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/articel/view/1876 diunduh pada tanggal 03 Januari 2018.

Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samatowa, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Suranata, K., & Susiani, K. (2017), Implementasi Metode Sokratik Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Volume 1, No.1, (hlm. 27-40)

Syaifurahman. 2013. Manajemen dalam Pembelajaran. Jakarta: PT indeks.

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Aprilya Putri, N. N. A. A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM. Journal of Education Technology, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21710

Issue

Section

Articles