PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21716Keywords:
Model Pembelajaran DRTA, Keterampilan Membaca Cepat.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap keterampilan membaca cepat siswa kelas V SD Gugus III Kintamani tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus III Kintamani berjumlah 125 orang. Sampel dikumpulkan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Abuan dengan jumlah 33 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN Sekaan dengan jumlah 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes essay. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 2,714 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 56 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung = 2,714 > ttabel = 2,000. Berdasarkan kriterian pengujian, maka Ho ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan membaca cepat antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun nilai rata-rata keterampilan membaca cepat pada kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) adalah 81,31, sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 70,67. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap keterampilan membaca cepat siswa kelas V SD Gugus III Kintamani tahun ajaran 2017/2018.References
Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Agung, A.A. Gede. 2016. Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dalman, Dr. H. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kusuma, Ida Bagus Indra. 2014. “Pengaruh Strategi Direct Reading Thinking Activty (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa” Mimbar PGSD, Vol. 2 No. 1 (hlm. 1-10).
Mairing, Jackson Pasini. 2017. Statistika Pendidikan. Yogyakarta: CV. Andi Offest.
Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Angsara.
Setyosari, H. Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenamedia Group.
Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Wiguna, I Wyn. Radiarta. 2014. “Pengaruh Strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) Terhadap Hasil Belajar Membaca Intensif Siswa Kelas IV Semester 1 SDN Gugus Belantih Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2013 /2014” Mimbar PGSD, Vol. 2 No. 1 (hlm. 1-10).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)