PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT SISWA

Authors

  • Ni Wayan Ani Astari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21716

Keywords:

Model Pembelajaran DRTA, Keterampilan Membaca Cepat.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap keterampilan membaca cepat siswa kelas V SD Gugus III Kintamani tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus III Kintamani berjumlah 125 orang. Sampel dikumpulkan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Abuan dengan jumlah 33 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN Sekaan dengan jumlah 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes essay. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 2,714 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 56 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung = 2,714 > ttabel = 2,000. Berdasarkan kriterian pengujian, maka Ho ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan membaca cepat antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun nilai rata-rata keterampilan membaca cepat pada kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) adalah 81,31, sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 70,67. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap keterampilan membaca cepat siswa kelas V SD Gugus III Kintamani tahun ajaran 2017/2018.

References

Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung, A.A. Gede. 2016. Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dalman, Dr. H. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kusuma, Ida Bagus Indra. 2014. “Pengaruh Strategi Direct Reading Thinking Activty (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa” Mimbar PGSD, Vol. 2 No. 1 (hlm. 1-10).

Mairing, Jackson Pasini. 2017. Statistika Pendidikan. Yogyakarta: CV. Andi Offest.

Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Angsara.

Setyosari, H. Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenamedia Group.

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Wiguna, I Wyn. Radiarta. 2014. “Pengaruh Strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) Terhadap Hasil Belajar Membaca Intensif Siswa Kelas IV Semester 1 SDN Gugus Belantih Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2013 /2014” Mimbar PGSD, Vol. 2 No. 1 (hlm. 1-10).

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Astari, N. W. A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT SISWA. Journal of Education Technology, 3(2), 119–125. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21716

Issue

Section

Articles