PENGARUH MODEL OPEN ENDED PROBLEM BERBANTU MEDIA KOTAK TELUR PELANGI (KOTELA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734Abstract
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui pengaruh model Open Ended Problem berbantu media Kotak Telur Pelangi (KOTELA) terhadap hasil belajar matematika kelas III SD Kanisius Hasanudin Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-eksperimental design dengan bentuk One-Group-Pretest-Posttest Design yaitu hanya satu kelas yang digunakan sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini nilai rata-rata prestest sebesar 34,00 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 70,75 teknik analisis data terdiri dari uji normalitas, uji ketuntasan belajar, dan uji t. Analisis data menggunakan uji t diperoleh hasil 10.379 lebih besar dari ttabel yaitu 1.725 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Open Ended Problem berbantu media Kotak Telur Pelangi (KOTELA) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Kanisius Hasanudin Semarang.
Kata Kunci : Model Open Ended Problem, media Kotak Telur Pelangi (KOTELA), hasil belajar
References
Asep Jihad dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Depdikbud. 2003. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas.Jakarta: Depdikbud.
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Hermawan, 2008.Media Pembelajaran.Jakarta: Putra Grafika
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Novikasari, Ifada .Jurnal pemikiran alternatif kependidikan.Vol 14, no 2. 2009. Pengembangan kemampuan berfikir kritis siswa melalui pembelajaran matematika open-ended di sekolah dasar. http//ejournal/E:/skripsut/ifada.pdf.ac.id//index.Php/articel/download//7789/5613. Diunduh tanggal 24 April 2019 pukul 06:49
Pariasa, I Komang.Jurnal pemikiran alternative kependidikan, Vol 3, no 1, 2015.Pengaruh pendekatan masalah terbuka (open ended) terhadap hasil belajar matematika kelas V SD GUGUS VII.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/4720. Diunduh tanggal 24 April 2019 pukul 07:02
Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta. AR-ruzmedia
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta,cv.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitiam Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Susanto, Ahmad. 2012. Teori belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)