PENGARUH MODEL OPEN ENDED PROBLEM BERBANTU MEDIA KOTAK TELUR PELANGI (KOTELA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Nur Millati Hanifah Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Moh. Aniq Kh. B. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • M. Arief Budiman Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui pengaruh model Open Ended Problem berbantu media Kotak Telur Pelangi (KOTELA) terhadap hasil belajar matematika kelas III SD Kanisius Hasanudin Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-eksperimental design dengan bentuk One-Group-Pretest-Posttest Design yaitu hanya satu kelas yang digunakan sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini nilai rata-rata prestest sebesar 34,00 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 70,75 teknik analisis data terdiri dari uji normalitas, uji ketuntasan belajar, dan uji t. Analisis data menggunakan uji t diperoleh hasil 10.379 lebih besar dari ttabel yaitu 1.725 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Open Ended Problem berbantu media Kotak Telur Pelangi (KOTELA) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Kanisius Hasanudin Semarang. 

 

Kata Kunci : Model Open Ended Problem, media Kotak Telur Pelangi (KOTELA), hasil belajar

References

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Depdikbud. 2003. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas.Jakarta: Depdikbud.

Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hermawan, 2008.Media Pembelajaran.Jakarta: Putra Grafika

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Novikasari, Ifada .Jurnal pemikiran alternatif kependidikan.Vol 14, no 2. 2009. Pengembangan kemampuan berfikir kritis siswa melalui pembelajaran matematika open-ended di sekolah dasar. http//ejournal/E:/skripsut/ifada.pdf.ac.id//index.Php/articel/download//7789/5613. Diunduh tanggal 24 April 2019 pukul 06:49

Pariasa, I Komang.Jurnal pemikiran alternative kependidikan, Vol 3, no 1, 2015.Pengaruh pendekatan masalah terbuka (open ended) terhadap hasil belajar matematika kelas V SD GUGUS VII.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/4720. Diunduh tanggal 24 April 2019 pukul 07:02

Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta. AR-ruzmedia

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta,cv.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitiam Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Susanto, Ahmad. 2012. Teori belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Downloads

How to Cite

Hanifah, N. M., Kh. B., M. A., & Budiman, M. A. (2019). PENGARUH MODEL OPEN ENDED PROBLEM BERBANTU MEDIA KOTAK TELUR PELANGI (KOTELA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Journal of Education Technology, 3(3), 134–139. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734

Issue

Section

Articles