PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION (CIRC) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA

Authors

  • Ni Ketut Sukarini SD Negeri 3 Sukawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21739

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Sukawati di kelas II C Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 58,00 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 63,6 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 75,8. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II C SD Negeri 3 Sukawati semester II Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC), Prestasi Belajar Bahasa Indonesia.

References

Anggraeni, Sintya Siti, dkk. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Pada Materi Segitiga dan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 1, No. 1, Agustus 2017.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Fridani,Lara dkk. 2011. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Slamet. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. 2001. Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sukmadinata, Syaodih, Nana. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Yamin, Martinis dan Sanan. 2013.Panduan PAUD. Jakarta: Refrensi

Downloads

How to Cite

Sukarini, N. K. (2019). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION (CIRC) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA. Journal of Education Technology, 3(3), 155–159. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21739

Issue

Section

Articles