KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA MAGIC CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21740Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi bangun ruang dengan menggunakan model pembelajaran Ralistic Mathematic Education dan model pembelajaran Snowball Throwing berbantu media Magic Circle. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design dengan bentuk non-equivalent control group pretest-posttest design. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VA, VB, dan VC. SD N Tamansari Mranggen Demak yang berjumlah total 56 dengan menggunakan teknik sampling acak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol 36,00 dan hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 1. 47,70 dan hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 2. 42,12. Sedangkan hasil nilai rata-rata pada posttest kelas kontrol 62,67 dan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 1. 79,11 dan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 2. 76,00. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t dimana jumlah kelas eksperimen 1. (2,718) > (2,021). Dan juga jumlah kelas eksperimen 2. (2,257)> (2,021) Sehingga hasil belajar siswa kelas V SD N Tamansari Mranggen mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Realistic Mathematic dan Snowball Throwing, Magic Circle, Sekolah Dasar.
References
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrohman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arifin, Zaenal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementrian Agama RI.
Arikunto, Suharsimi, Cepi Safrudin A. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dimyati.Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.
Rineka Cipta
Jarmita, Hazami.2013. Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Perkalian. Vol.XIII,No.2, Februari 2013.
Kusumawati, Noviana. 2013. Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan masalah terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME).
Vol.1,No.1, Januari 2013, ISSN 2303-3983.
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Asdi Mahastya.
Shohimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: Ar-ruzz Media.
Siregar, Eveline dan Nara, Harini. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandungan: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Ed. Titik Triwulan Tutik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)