KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA MAGIC CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

  • Dika Dwi Ariyanto Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Ali Shodiqin Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21740

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar  siswa materi bangun ruang dengan menggunakan model pembelajaran Ralistic Mathematic Education dan model pembelajaran Snowball Throwing berbantu media Magic Circle. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design dengan bentuk non-equivalent control group pretest-posttest design. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VA, VB, dan VC. SD N Tamansari  Mranggen Demak yang berjumlah total 56 dengan menggunakan teknik sampling acak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol 36,00 dan hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 1. 47,70 dan hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 2. 42,12. Sedangkan hasil nilai rata-rata pada posttest kelas kontrol 62,67 dan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 1. 79,11 dan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 2. 76,00. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t dimana jumlah kelas eksperimen 1. (2,718) > (2,021). Dan juga jumlah kelas eksperimen 2. (2,257)> (2,021) Sehingga hasil belajar siswa kelas V SD N Tamansari Mranggen mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Realistic Mathematic dan Snowball Throwing, Magic Circle, Sekolah Dasar.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrohman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Zaenal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementrian Agama RI.

Arikunto, Suharsimi, Cepi Safrudin A. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dimyati.Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.

Rineka Cipta

Jarmita, Hazami.2013. Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Perkalian. Vol.XIII,No.2, Februari 2013.

https://scholar.google.co.id/scholar?start=10&q=rme+matematika+hasil+belajar&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&u=%23p%3Dfwq4892loMJ

Kusumawati, Noviana. 2013. Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan masalah terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME).

Vol.1,No.1, Januari 2013, ISSN 2303-3983.

https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengaruh+kemampuan+komunikasi+dan+pemecahan+masalah+matematika+terhadap+hasi+belajar+siswa+dengan+pembelajaran+rme&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DiepjGKDHgf4J

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Asdi Mahastya.

Shohimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: Ar-ruzz Media.

Siregar, Eveline dan Nara, Harini. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandungan: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Ed. Titik Triwulan Tutik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

How to Cite

Ariyanto, D. D., Shodiqin, A., & Damayani, A. T. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA MAGIC CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR. Journal of Education Technology, 3(3), 160–166. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21740

Issue

Section

Articles