EKSTRAKURIKULER TAEKWONDO DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KERJA KERAS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21741Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana kegiatan ekstrakurikuler taekwondo dalam mengembangkan karakter kerja keras siswa. Tujuannya untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler taekwondo dalam mengembangkan karakter kerja keras siswa. Penelitian ini menggunkakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil data sesuai dengan fakta dilapangan. Data diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler taekwondo di SD Negeri Candi 01 Semarang dapat mengembangkan karakter kerja keras siswa dengan baik. Karakter kerja keras tersebut diantaranya yaitu siswa bersungguh-sungguh saat pelatih memberikan materi taekwondo, siswa selalu bersemangat dalam mengerjakan tugasnya, siswa selalu bekerja keras agar mendapatkan tingkatan sabuk yang lebih tinggi. Siswa selalu mendengarkan dengan sungguh-sungguh ketika pelatih menerangkan materi. Siswa tidak mengeluh ketika ada gerakan/teknik taekwondo yang susah saat diajarkan pelatih dan siswa selalu berusaha menyelesaikan tugas dari pelatih dengan tuntas.
Kata Kunci : Ekstrakurikuler, Taekwondo, Karakter Kerja Keras
References
Abu Su'ud, S. d. (2011). Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Andriani, Y. A. (2015). Pengembangan Ekstrakurikuler Olahraga Sekolah. Yogyakarta: UNY Press.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, S (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asep Herry Hernawan, d. (2013). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Daryanto, H. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Derwanto, N. A. (2015). Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Bela Diri Taekwondo Di SDIT Mutiara Insani Jeronan Brosot Galur Kulon Progo.Universitas Negeri Yogyakarta.
Gunawan, A. W. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Handayani, Nita Warih dan Sumaryati. (2014). Upaya Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Kerja Keras Anak Usia Remaja di Dusun Tegalyoso Banyuraden Sleman Yogyakarta. http://www.journal.uad.ac.id/index.php/Citizenship/article/view/6280. Artikel. Diakses 8 Mei 2019.
Ihsan, F. (2013). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Irhas, E. (2010). Panduan Lengkap Belajar Taekwondo. Bogor: PT. Regina Eka Utama.
Izzati, S. N. (2016). Survei Pembinaan Ekstrakurikuler Olahraga Taekwondo Di SMP N Di Kabupaten Brebes Tahun 2016. HYPERLINK "https://lib.unnes.ac.id/27021/1/6101412154.pdf" https://lib.unnes.ac.id/27021/1/6101412154.pdf . Skripsi. Di Akses 6 Oktober 2019.
Kesuma, D. (2012). Pendidikan Karakter Kerja Teori dan Praktik di Sekolah . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maulana, I. (2017). Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Taekwondo Di SMKN 1 Banda Aceh Tahun Ajaran 2016/2017. HYPERLINK "http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=37952" http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=37952 . Skripsi. Diakses 8 Mei 2019.
Muhammad Najib, N. A. (2016). Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia dini. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Mulyasa, H. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmani, M. (2014). Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta Timur: Dunia Cerdas.
Rubiningsih, E. (2016). Efektivitas Implementasi Pendidikan Karakter kerja Keras Berbasis Layanan Bimbingan Klasikal Kolaboratif Dengan Pendekatan Experiental learning. https://repository.usd.ac.id/6588/2/121114018_full.pdf. Skripsi. Diakses 8 Mei 2018.
Saripudin, K. K. (2017). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Siswanto, H. (2018). Implementasi Ekstrakurikuler Taekwondo di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Gedongan Sukoharjo. HYPERLINK "http://eprints.ums.ac.id/66506/11/Heri.pdf" http://eprints.ums.ac.id/66506/11/Heri.pdf . Skripsi. Diakses 8 Mei 2019.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya.
Suryadi, V. Y. (2002). Tae Kwon Do. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah . Jakarta: Rineka Cipta.
Wiyani, N. A. (2012). Manajemen Pendidikan karakter. Depok: PT Pustaka Insan Madani.
Yaumi, M. (2014). Pendidikan karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah. Jakarta: Prenadamedia Grub.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)