PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21744Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Sukawati di Kelas II B yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Agama Hindu masih cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya rata-rata prestasi belajar yang diperoleh adalah 68,09, pada siklus I meningkat menjadi 72,61 dan pada siklus II menjadi 79,76. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas II B SD Negeri 3 Sukawati Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: model pembelajaran Kooperatif Students Team Achievement Division (STAD), prestasi belajar.
References
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.
Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Gagne, Robert M. 1977. The Conditions of Learning. Third Edition. New York: Holt, Reinhart and Winston.
Gay, L. R. 1987. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Seventh Edition. Columbus, Ohio: Merrill Publishing Company.
Hilke, Eileen Veronica. 1998. Fastback Cooperative Learning. New York: McGraw-Hill, Inc.
Johnson, David W. and Roger T. Johnson. 1984. Cooperation in the Classroom. Edina,Minnesota: A publication Interaction Book Company.
Marini, Reny. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. E-Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 2 Nomor 3.
Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning Theory, Research and Practice Massachusett. USA: Allymand & Bacon.
Yudiasa, I Kadek. 2016. Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas V. E-Jurnal Mimbar PGSD Undiksha Volume 4 Nomor 3.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)