PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU

Authors

  • Ni Wayan Rami SD Negeri 3 Sukawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21744

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Sukawati di Kelas II B yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Agama Hindu masih cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Students Team Achievement Division  (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Students Team Achievement Division  (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya  rata-rata prestasi belajar yang diperoleh adalah 68,09, pada siklus I meningkat menjadi 72,61 dan pada siklus II menjadi 79,76. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Students Team Achievement Division  (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas II B SD Negeri 3 Sukawati Semester  II Tahun Pelajaran 2018/2019.

 

Kata kunci: model pembelajaran Kooperatif Students Team Achievement Division  (STAD), prestasi belajar.

References

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Gagne, Robert M. 1977. The Conditions of Learning. Third Edition. New York: Holt, Reinhart and Winston.

Gay, L. R. 1987. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Seventh Edition. Columbus, Ohio: Merrill Publishing Company.

Hilke, Eileen Veronica. 1998. Fastback Cooperative Learning. New York: McGraw-Hill, Inc.

Johnson, David W. and Roger T. Johnson. 1984. Cooperation in the Classroom. Edina,Minnesota: A publication Interaction Book Company.

Marini, Reny. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. E-Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 2 Nomor 3.

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning Theory, Research and Practice Massachusett. USA: Allymand & Bacon.

Yudiasa, I Kadek. 2016. Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas V. E-Jurnal Mimbar PGSD Undiksha Volume 4 Nomor 3.

Downloads

How to Cite

Rami, N. W. (2019). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU. Journal of Education Technology, 3(3), 186–189. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21744

Issue

Section

Articles