PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MATA PELAJARAN BAHASA BALI

Authors

  • I Gusti Ayu Agung Sri Sasmita Dewi Program Studi Teknologi PendidikanUniversitas Pendidikan Ganesha
  • I Gde Wawan Sudatha Program Studi Teknologi PendidikanUniversitas Pendidikan Ganesha
  • Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana Program Studi Teknologi PendidikanUniversitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21745

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar Bahasa Bali. Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berorientasi pendidikan karakter (2)mengetahui validitas dari multimedia pembelajaran interaktif berorientasi pendidikan karakter (3)mengetahui efektivitas multimedia yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Hannafin and Peck.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa skor pretest, posttest dan kualitatif berupa saran, masukan dan kritik perbaikan media.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, pencatatan dokumen, kuesioner dan tes.Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) pengembangan multimedia dengan model Hannafin and Peck meliputi tiga tahapan yaitu penilaian kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi. (2) multimedia pembelajaran interaktif berorientasi pendidikan karakter yang dikembangkan valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan multimedia berpredikat sangat baik (90%), (b) hasil review ahli multimedia menunjukkan produk berpredikat sangat baik (96%), (c) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan multimedia berpredikat sangat baik (90,7%), (d) hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan menunjukkan multimedia berpredikat sangat baik (93,7%), (94,0%) dan (93,9%). (3) multimedia yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar Bahasa Bali. Ini berarti bahwa multimedia terbukti efektif secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Bali.

 

Kata Kunci :multimedia, pendidikan karakter, pengembangan

References

Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan “Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Nihlah, N.2011. “Tinjauan Umum Tentang Pembelajaran”. Tersedia pada :http://digilib.uinsby.ac.id/9620/5/Bab%202.pdf (diakses 14 Juni 2019)

Padmanaba, I. K. G., Kirna, I. M., & Sudria, I. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kimia Koloid Berbantuan Komputer Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 15-24.

Ramadhan, Wisnu.2013. Makalah media Pembelajaran. Tersedia pada:https://www.academia.edu/8875123/Makalah_Media_Pembelajaran (diakses 15 Juni 2018)

Saputri, ATW.2017. “Hakikat Desain Pembelajaran”. Terdapat pada :http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/15849/2/T1_292013506_BAB%20II.pdf (diakses 10 November 2018)

Sudatha, I Gde Wawan dan I Made Tegeh Tegeh.2015. Desain Multimedia Pembelajaran.Yogyakerta: media akademi

Sulistyono.2013.Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pada Standar Kompetensi Mengadministrasi Server Dalam Jaringan Untuk Siswa Smk Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Tersedia pada: http://eprints.uny.ac.id/22014/1/08520241016%20Sulistyonoi.pdf (diakses 15 Juni 2018)

Suparno, Paul. dkk. 2002. Reformasi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit KANSIUS

Tegeh, I Made dan I Made Kirna.2010.Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan.Buku Ajar. Singaraja: Undiksha

Tegeh, I Made. dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: GRAHA ILMU

Utami, Budi, dkk. 2009. “Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Kimia Di SMU”. Malang: Universitas Negeri Malang. Tersedia pada:https://www.researchgate.net/profile/Budi_Utami2/publication/322251826_PENERAPAN_PEMBELAJARAN_KONSTRUKTIVISME_DALAM_PEMBELAJARAN_KIMIA_DI_SMU/links/5a4e3be9aca2729b7c8e7e55/PENERAPAN-PEMBELAJARAN-KONSTRUKTIVISME-DALAM-PEMBELAJARAN-KIMIA-DI-SMU.pdf?origin=publication_detail (diakses 15 Juni 2018)

Windu, Ida Bagus Kt. Trina. dkk.2016. ”Multimedia Interaktif Untuk Proses Pembelajaran. Denpasar: ISI Denpasar. Volume 19., No.21.2016. Tersedia pada: https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/135/75 (diakses 10 November 2018)

Downloads

How to Cite

Dewi, I. G. A. A. S. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MATA PELAJARAN BAHASA BALI. Journal of Education Technology, 3(3), 190–195. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21745

Issue

Section

Articles