PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MATA PELAJARAN BAHASA BALI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21745Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar Bahasa Bali. Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berorientasi pendidikan karakter (2)mengetahui validitas dari multimedia pembelajaran interaktif berorientasi pendidikan karakter (3)mengetahui efektivitas multimedia yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Hannafin and Peck.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa skor pretest, posttest dan kualitatif berupa saran, masukan dan kritik perbaikan media.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, pencatatan dokumen, kuesioner dan tes.Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) pengembangan multimedia dengan model Hannafin and Peck meliputi tiga tahapan yaitu penilaian kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi. (2) multimedia pembelajaran interaktif berorientasi pendidikan karakter yang dikembangkan valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan multimedia berpredikat sangat baik (90%), (b) hasil review ahli multimedia menunjukkan produk berpredikat sangat baik (96%), (c) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan multimedia berpredikat sangat baik (90,7%), (d) hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan menunjukkan multimedia berpredikat sangat baik (93,7%), (94,0%) dan (93,9%). (3) multimedia yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar Bahasa Bali. Ini berarti bahwa multimedia terbukti efektif secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Bali.
Kata Kunci :multimedia, pendidikan karakter, pengembangan
References
Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan “Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Nihlah, N.2011. “Tinjauan Umum Tentang Pembelajaran”. Tersedia pada :http://digilib.uinsby.ac.id/9620/5/Bab%202.pdf (diakses 14 Juni 2019)
Padmanaba, I. K. G., Kirna, I. M., & Sudria, I. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kimia Koloid Berbantuan Komputer Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 15-24.
Ramadhan, Wisnu.2013. Makalah media Pembelajaran. Tersedia pada:https://www.academia.edu/8875123/Makalah_Media_Pembelajaran (diakses 15 Juni 2018)
Saputri, ATW.2017. “Hakikat Desain Pembelajaran”. Terdapat pada :http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/15849/2/T1_292013506_BAB%20II.pdf (diakses 10 November 2018)
Sudatha, I Gde Wawan dan I Made Tegeh Tegeh.2015. Desain Multimedia Pembelajaran.Yogyakerta: media akademi
Sulistyono.2013.Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pada Standar Kompetensi Mengadministrasi Server Dalam Jaringan Untuk Siswa Smk Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Tersedia pada: http://eprints.uny.ac.id/22014/1/08520241016%20Sulistyonoi.pdf (diakses 15 Juni 2018)
Suparno, Paul. dkk. 2002. Reformasi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit KANSIUS
Tegeh, I Made dan I Made Kirna.2010.Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan.Buku Ajar. Singaraja: Undiksha
Tegeh, I Made. dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: GRAHA ILMU
Utami, Budi, dkk. 2009. “Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Kimia Di SMU”. Malang: Universitas Negeri Malang. Tersedia pada:https://www.researchgate.net/profile/Budi_Utami2/publication/322251826_PENERAPAN_PEMBELAJARAN_KONSTRUKTIVISME_DALAM_PEMBELAJARAN_KIMIA_DI_SMU/links/5a4e3be9aca2729b7c8e7e55/PENERAPAN-PEMBELAJARAN-KONSTRUKTIVISME-DALAM-PEMBELAJARAN-KIMIA-DI-SMU.pdf?origin=publication_detail (diakses 15 Juni 2018)
Windu, Ida Bagus Kt. Trina. dkk.2016. ”Multimedia Interaktif Untuk Proses Pembelajaran. Denpasar: ISI Denpasar. Volume 19., No.21.2016. Tersedia pada: https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/135/75 (diakses 10 November 2018)
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)