MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21746Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada operasi hitung penjumlahan pecahan bagi siswa Kelas IV SD Negeri Wedarijaksa 01. 2).Untuk mengetahui bagaimana pendekatan CTL (contextual teaching and learning dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan pecahan. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan subyek dan setting penelitian kelas IV semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 SD Negeri Wedarijaksa 01 Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan dalam rangka meningkatkan hasil belajar pada operasi hitung penjumlahan pecahan. Berdasarkan analisis hasil observasi selama 2 siklus tindakan dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa : 1) Dengan penggunaan pendekatan CTL (contextual teaching and learning, hasil pembelajaran matematika pada operasi hitung penjumlahan pecahan mengalami peningkatan baik secara kuantitas maupun kualitas, 2) Teknik pembelajaran ini sesuai dengan cara pembelajaran yang diinginkan oleh siswa, 3) Model pembelajaran ini sesuai suasana pembelajaran yang mandiri merangsang daya kreatifitas dan keaktivan siswa karena dapat menghubungkan pembelajaran dengan alam sekitar.
Kata Kunci: Hasil Belajar,Operasi Hitung, Pecahan, CTL (Contextual Teaching and Learning)
References
Hasibuan, M. Idrus. 2014. Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma Vol. II, No.01 Hal. 1-12. Tersedia Pada: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/download/214/195.
James, And James. 1976.”Hakikat Matematika Dan Pembelajarnya Di SD”. https://www.google.com/search?q=depdikbud+tentang+hakikat+matematika+tahun+1993+hal+198&spell=1&sa=X&ved=0ahUKEwjxr_Wm6s_bAhWafSsKHQivDEkQBQgkKAA&biw=1366&bih=631. Diakses pada tanggal 13 juni 2018 pukul 11.51.
Johnson, Elaine B. 2014. “Contextual Teaching Dan Learning”. Bandung: Kaifa.
Kasmawati, Nur Khalisah Latuconsina, Andi Ika Prasati Abrar. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 5 No. 2, Hal. 70-75. Tersedia Pada: http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika.
Nara, Hartini dan Siregar. 2014. “Teori Belajar Dan Pembelajaran” . Bogor: Ghalia Indonesia.
Rohmad, Muhammad Ali. 2015. “Pengelolaan Kelas Bekal Calon Guru Berkelas”. Yogyakarta : KAUKABA DIPANTARA.
Sabekti, Ardi Widhia, R. Dinda Rahma Andyani Juniar. 2016. Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Membangun Pembelajaran Bermakna pada Kimia. Jurnal Zarah, Vol. 4, No. 1, Hal 25-33. Tersedia Pada: https://ojs.umrah.ac.id/index.php/zarah/article/view/170/160.
Sam’s, Rosma Hartiny. 2010. “Model Penelitian Tindakan Kelas”. Yogyakarta: Teras.
Sugandi Achmad dan Haryanto, 2005,Teori Pembelajaran, Semarang : UPT MKK Unnes.
Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: ALFABETA.
Sulastri. 2013. “Jurnal Pendidikan Widyatama”. LPMP Jawa Tengah. Volum 1, no 3, juli 2013.
Sumiyati dan Asra. 2011. “Metode Pembelajaran”. Bandung: CV WACANA PRIMA.
Sundayana, Rostina. 2015. “Media Dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika”. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2011. “Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem”. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Zulaiha, Siti. 2016. Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Implementasinya Dalam Rencana Pembelajaran PAI MI. Jurnal Pendidikan Islam vol. 1, no 01, Hal. 41-60. Tersedia Pada: http://journal.staincurup.ac.id/index.php/belajea/article/view/84.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)