PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUALTERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Authors

  • I Gst. A. A. Aris Setianingsih Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • DB. Kt. Ngr. Semara Putra Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kt. Ardana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21827

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Ir Soekarno Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Ir Soekarno yang berjumlah 269 siswa yang terdiri dari 8 kelas dari 4 sekolah. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Kemudian dilakukan pengundian untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu kelas IVB di SD Negeri 5 Pedungan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas IVB di SD Negeri 2 Pedungan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 36 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrument objektif pilihan ganda biasa sebanyak 30 soal yang sudah divalidasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis uji-t polled varians. Hasil analisis data diperoleh thitung = 3,073 > harga ttabel = 2,000 pada taraf signifikan 5% dengan dk=65. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Dilihat dari nilai rata-rata (mean) kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen X̅ = 0,504 dan pada kelompok kontrol X̅ = 0,374. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Ir Soekarno Tahun Ajaran 2018/2019.

 

Kata Kunci:Reciprocal Teaching, Audio Visual, Kompetensi Pengetahuan IPA

References

Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyono, Tri.2015. Statistik Uji Normalitas. Purwokerto: Yayasan Sanitarian Banyumas.

Dantes. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Darmadi.2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish. Dewi, Ni. Putu. Karmina. Ratna. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahun IPA”. Jurnal Education of Technology, Volume 1, No 1, (hlm --). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/12504/7824 (diakses tanggal 16 November 2018)

Fatthurrohman. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia

Kosasih. 2014. Strategi dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena.

Mahayanti, Gst. A. Md. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Mind Mapping Terhadap Pemahaman Jonsep IPA Siswa kelas IV Semester II SD No 1 Baktiseraga”. Jurnal Pendidikan Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 1, Nomor 1, (hlm. 4). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1281/1142 (diakses tanggal 12 November 2018).

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenadamedia Group.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Suteni, Kd. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Buleleng”. Jurnal Pendidikan Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 3). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1357/1218 (diakses tanggal 12 November 2018).

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.

Wisudawati dan Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

How to Cite

Setianingsih, I. G. A. A. A., Putra, D. K. N. S., & Ardana, I. K. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUALTERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA. Journal of Education Technology, 3(3), 203–209. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21827

Issue

Section

Articles