PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUALTERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21827Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Ir Soekarno Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Ir Soekarno yang berjumlah 269 siswa yang terdiri dari 8 kelas dari 4 sekolah. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Kemudian dilakukan pengundian untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu kelas IVB di SD Negeri 5 Pedungan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas IVB di SD Negeri 2 Pedungan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 36 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrument objektif pilihan ganda biasa sebanyak 30 soal yang sudah divalidasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis uji-t polled varians. Hasil analisis data diperoleh thitung = 3,073 > harga ttabel = 2,000 pada taraf signifikan 5% dengan dk=65. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Dilihat dari nilai rata-rata (mean) kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen X̅ = 0,504 dan pada kelompok kontrol X̅ = 0,374. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Ir Soekarno Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata Kunci:Reciprocal Teaching, Audio Visual, Kompetensi Pengetahuan IPA
References
Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Cahyono, Tri.2015. Statistik Uji Normalitas. Purwokerto: Yayasan Sanitarian Banyumas.
Dantes. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Darmadi.2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish. Dewi, Ni. Putu. Karmina. Ratna. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahun IPA”. Jurnal Education of Technology, Volume 1, No 1, (hlm --). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/12504/7824 (diakses tanggal 16 November 2018)
Fatthurrohman. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia
Kosasih. 2014. Strategi dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena.
Mahayanti, Gst. A. Md. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Mind Mapping Terhadap Pemahaman Jonsep IPA Siswa kelas IV Semester II SD No 1 Baktiseraga”. Jurnal Pendidikan Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 1, Nomor 1, (hlm. 4). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1281/1142 (diakses tanggal 12 November 2018).
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenadamedia Group.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Suteni, Kd. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Buleleng”. Jurnal Pendidikan Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 3). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1357/1218 (diakses tanggal 12 November 2018).
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.
Wisudawati dan Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)