PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN

Authors

  • I Md Putra Darsana Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kt Adnyana Putra Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • MG Rini Kristiantari Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21828

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media gambar dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus R.A. Kartini Denpasar Barat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah None Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus R.A. Kartini Denpasar Barat yang berjumlah 480 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 orang siswa kelas VA SDN 26 Pemecutan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB SDN 19 Pmecutan sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 43 orang siswa. Data yang dikumpulkan adalah keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan metode tes jenis uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t didapat thitung = 2,928, dan ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 78, sehingga thitung = 2,928, > ttabel = 2,000. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VA SDN 26 Pemecutan dan siswa kelas VB SDN 19 Pemecutan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Rata-rata keterampilan membaca pemahaman yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan siswa kelompok kontrol (75,65 > 68,26). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation berbantuan media gambar berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus R.A. Kartini Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019.

 

Kata Kunci: Group Investigation, Media Gambar, Keterampilan Membaca Pemahaman

References

Adnyana Putra, Ketut. (dkk). 2007. Pendidikan Bahasa Indonesia 1 (Materi dan Metodologi Dasar Bahasa Indonesia) Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud RI No 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SD/MI. Jakarta: Kemendikbud

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kurniasih & Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena

Mayuni, Nyoman Sri. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Di Gugus III Kecamatan Kubutambahan”. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/1984/1727 (diakses tanggal 14 Januari 2019)

Nafi’ah, Siti Anisatun. 2018. Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Sadiman, Arief S. (dkk). 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Santosa, Puji. 2011. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ae-ruzz Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suputra, Wayan. 2013. “Pengaruh Model GI (Group Investigation) Berorientasi Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis SD Negeri di Desa Sinabun”. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha (Vol: 1 Tahun 2013). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/4812 (diakses tanggal 14 Januari 2019)

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Membaca. Bandung: Percetakan Angkasa

Downloads

How to Cite

Darsana, I. M. P., Putra, I. K. A., & Kristiantari, M. R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN. Journal of Education Technology, 3(3), 210–217. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21828

Issue

Section

Articles