PENGARUH KARTU MISTERI DALAM MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA

Authors

  • Risfi Aulia Zahara PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Wawan Priyanto PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22357

Keywords:

Kartu Misteri, Model Pembelajaran TGT, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Guru masih menggunakan model konvensional dan belum menggunakan media. Kurangnya kesesuaian strategi pembelajaran yang digunakan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Pengaruh Media Kartu Misteri dalam Model Pembelajaran TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kartu misteri dalam model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 04 Petarukan Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental design dengan model one group pre-test post-test design yang digunakan dalam satu kelompok subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 04 Petarukan Pemalang. Sampel yang diambil adalah semua siswa yang berjumlah 20 siswa SDN 04 Petarukan Pemalang. Semua anggota populasi menggunakan teknik sampling jenuh. Data penelitian diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil tersebut diperkuat dengan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 8,862. Dari data distribusi t dengan db = 20-1 = 19, dengan taraf signifikan α = 5%  diperoleh ttabel = 1,729. Karena thitung > ttabel maka HO ditolaj dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Kartu Misteri Dalam Model Pembelajaran TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV”. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disimpulkan adalah media kartu misteri dapat digunakan sebagai media modifikasi guru dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang meningkat dan menciptakan suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

A’yuningsih, D. Q., Suardana, I. N., & Suwenten, I. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2), 37-47.

Dahar, Ratna W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.

Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ertikanto, chandra. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Fauziah, R., & Subhananto, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam di Kelas III SD Negeri 70 Kuta Raja Banda Aceh. Tunas Bangsa Journal, 3(1).

Fathurrohman. 2017. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar Ruz Media.

Hakim, O.Z. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran Dalam Pembelajaran Matematika IPS untuk Melihat Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMAN 16 Palembang. Skripsi. UNSRI Palembang: FKIP Biologi.

Hamalik, omar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Msy Hikmah, Yenny Anwar, dan Riyanto. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Dunia Hewan Kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi, Volume 5, Nomor 1, Hal. 46-56. Tersedia Pada: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/fpb/article/view/7049.

Huda, M. (2016). Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Pembelajaran Konvensional (Studi Komparasi di MTs Al-Muttaqin Plemahan Kediri). Jurnal Penelitian, 10(1), 125-146.

Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Miawan, S. 2018. Pengaruh Model TGT Berbantu Media Mopoli Sains Terpadu Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Pada Konsep Gaya SDN Kepandean 03 Tegal. Skripsi: Universitas PGRI Semarang.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta

Prenadamedia Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Soegeng, A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Media.

Sukmadinata, Nana Syaodiah. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia group.

Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, R. (2012). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar IPA Fisika di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika. 4 (2), hlm. 50-55.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Yudianto, Wisnu D., Kamin Sumardi, Ega T. Berman. 2014. Model Pembelajaran Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol.1, No.2, Hal. 323-330. Tersedia Pada: https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/3820.

Downloads

Published

2019-12-05

Issue

Section

Articles