PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.23064Abstract
Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) tahun ajaran 2018/2019 di kelas IX A SMP Negeri 2 Tegallalang yang berjumlah 29 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang yang dilakukan dalam dua siklus dan ditiap siklusnya ada empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terjadi penigkatan persentase ketuntasan belajar di kelas dari 37,93% pada prasiklus menjadi 65,51% pada siklus pertama, dan meningkat menjadi 93,10% pada siklus kedua. Dan terjadi peningkatan juga pada rata-rata prestasi belajar Matematika siswa dari 63,44 pada tahap prasiklus, menjadi 71,20 pada siklus pertama, dan 76,37 pada siklus kedua.
Kata Kunci: NHT (Numbered Head Together), prestasi belajar Matematika.
References
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Agung, A.A. Gede. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Analisis Data dalam PTK). Makalah disajikan pada Workshop Jurusan PGSMP. Singaraja: Undiksha.
Arends, R. . (2013). Learning To Teach (7th ed.). Yogyakarta: Pustaka Belajar
Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan SMP dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.
BNSP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dirjen.
Destiyandani, Era, Tri Nova Hasti Yunianta, Helti Lygia Mampouw. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 2 Tuntang pada Materi Segitiga. Satya Widya, Vol. 32, No.2, Hal. 65 – 78. Tersedia Pada: https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/721.
Fridani, Lara dkk. 2011. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hapsari, Agni Era. 2017 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Scholaria, Vol. 7 No 1, Januari 2017: 1 – 9.
Hernawan, A.H., Asra, & Laksmi D. (2010). Belajar dan Pembelajaran SD. Bandung: UPI PRESS.
Huda, M. (2012). Cooperative Learning Metode, Teknik, Sruktur dan Model Penerpan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fajar Kurniati, Sahyar. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Menggunakanmedia Visual terhadap Pengetahuan Konseptual Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Vol.6 No. 2 Hal. 95-100. Tersedia Pada: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/.
Lie, Anita. 2002. Cooperatif Learning Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.
Muhibinsyah. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Mutia Agisni, Nurdinah Hanifah, Asep Kurnia Jayadinata. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 Hal. 331-340. Tersedia Pada: https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3039.
Musdalifa, Naella Ichdatul, Murtono, Ika Oktavianti. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Tipe NHT Siswa Kelas V SDN 5 Ngembalrejo. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 5 No. 1 Hal. 1-16. Tersedia Pada: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/444/475.
Purnomo, Bambang Edi, dkk. 2017. Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Partisipasi dan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Sainsmat, Maret 2017, Halaman 67-74 Vol. VI, No. 1 ISSN 2579-5686 (Online) ISSN 2086-6755 (Cetak).
Slavin, Robert E. 2005.Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS & Peraturan Pemerintah Indonesia Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan serta Wajib Belajar. (2010). Bandung: Citea Umbara.
Yenni, Rika Firma. 2016. Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 2, Hal. 33-42. Tersedia Pada: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1006.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)