PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Penulis

  • I Nyoman Maker SMP Negeri 2 Tegallalang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.23064

Abstrak

Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) tahun ajaran 2018/2019 di kelas IX A SMP Negeri 2 Tegallalang yang berjumlah 29 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang yang dilakukan dalam dua siklus dan ditiap siklusnya ada empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terjadi penigkatan persentase ketuntasan belajar di kelas dari 37,93% pada prasiklus menjadi 65,51% pada siklus pertama, dan meningkat menjadi 93,10% pada siklus kedua. Dan terjadi peningkatan juga pada rata-rata prestasi belajar Matematika siswa dari 63,44 pada tahap prasiklus, menjadi 71,20 pada siklus pertama, dan 76,37 pada siklus kedua.

 Kata Kunci: NHT (Numbered Head Together), prestasi belajar Matematika.

Referensi

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Agung, A.A. Gede. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Analisis Data dalam PTK). Makalah disajikan pada Workshop Jurusan PGSMP. Singaraja: Undiksha.

Arends, R. . (2013). Learning To Teach (7th ed.). Yogyakarta: Pustaka Belajar

Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan SMP dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

BNSP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dirjen.

Destiyandani, Era, Tri Nova Hasti Yunianta, Helti Lygia Mampouw. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 2 Tuntang pada Materi Segitiga. Satya Widya, Vol. 32, No.2, Hal. 65 – 78. Tersedia Pada: https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/721.

Fridani, Lara dkk. 2011. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hapsari, Agni Era. 2017 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Scholaria, Vol. 7 No 1, Januari 2017: 1 – 9.

Hernawan, A.H., Asra, & Laksmi D. (2010). Belajar dan Pembelajaran SD. Bandung: UPI PRESS.

Huda, M. (2012). Cooperative Learning Metode, Teknik, Sruktur dan Model Penerpan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fajar Kurniati, Sahyar. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Menggunakanmedia Visual terhadap Pengetahuan Konseptual Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Vol.6 No. 2 Hal. 95-100. Tersedia Pada: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/.

Lie, Anita. 2002. Cooperatif Learning Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.

Muhibinsyah. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Mutia Agisni, Nurdinah Hanifah, Asep Kurnia Jayadinata. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 Hal. 331-340. Tersedia Pada: https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3039.

Musdalifa, Naella Ichdatul, Murtono, Ika Oktavianti. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Tipe NHT Siswa Kelas V SDN 5 Ngembalrejo. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 5 No. 1 Hal. 1-16. Tersedia Pada: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/444/475.

Purnomo, Bambang Edi, dkk. 2017. Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Partisipasi dan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Sainsmat, Maret 2017, Halaman 67-74 Vol. VI, No. 1 ISSN 2579-5686 (Online) ISSN 2086-6755 (Cetak).

Slavin, Robert E. 2005.Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS & Peraturan Pemerintah Indonesia Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan serta Wajib Belajar. (2010). Bandung: Citea Umbara.

Yenni, Rika Firma. 2016. Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 2, Hal. 33-42. Tersedia Pada: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1006.

Cara Mengutip

Maker, I. N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Journal of Education Technology, 3(4), 322–328. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.23064

Terbitan

Bagian

Articles