Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Hannafin and Peck untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24094Keywords:
LKS, model Hannafin and Peck, pengembanganAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan LKS dengan model Hannafin and Peck, (2) Untuk mengetahui kualitas hasil pengembangan LKS model Hannafin and Peck, (3) Untuk mengetahui efektivitas LKS IPA model Hannafin and Peck. Metode pengumpulan data, yaitu: metode kuisioner, dan tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan deskripstif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial/induktif uji-t.(1) Rancang Bangun pengembangan LKS, meliputi 3 tahapan: Analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). (2) LKS yang valid: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan sangat baik (100%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan baik (86%), (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan sangat baik (91%), (d) hasil review uji coba perorangan menunjukkan sangat baik (98%), (e) hasil review uji coba kelompok kecil menunjukkan sangat baik (97,5%), (f) hasil review uji coba lapangan menunjukkan sangat baik (92,7%). (3) hasil belajar IPA (thitung = 4.077 > ttabel = 1,67155 pada taraf signifikansi 5%).References
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Departemen Pendidikan Nasional.
Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Perada.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Refrensi Jakarta
Agung, A. A. G. 2014. Buku Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Ernawati, Andi. Misykat, M. Ibrahim,A,A. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas Xii Ipa Sma Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek Volume 5,No 2, Desember. Terdapat pada http://journal.uin alauddin.ac.id /index. php/biotek/article/download/4276/3999 (Diakses tanggal 27 April 2019).
Fathurrohman, P. H., dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Reflika Aditama.
Febrianti, Erni. Sri,H. Kasmadi,I,S. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Larutan Penyangga Model Problem Based Learning Bermuatan Karakter Untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education 4 (1). Terdapat pada https:// journal. Unnes .ac.id / sju / index . php/jise/article/view/6890/5841 (Diakses tanggal 27 April 2019).
Sudarma, K. Tegeh, T. & Prabawa, D. A. P. 2015. Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu
Tegeh, I Made & Kirna, I Made. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Tegeh, I Made. dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Yogyakarta Graha Ilmu.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan). Jakarta: Prenada Media Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)